Cara Cepat Menurunkan Berat Badan 5kg dalam Seminggu

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan 5kg dalam Seminggu
May 8, 2018 fitnessindonesia
cara cepat menurunkan berat badan

Di zaman modern seperti sekarang ini yang semuanya serba dinamis dan instan, masalah berat badan semakin menjadi umum. Mencapai berat badan ideal atau bahkan mempertahankan berat badan yang ideal terasa seperti sesuatu yang sangat sulit dan menantang. Selalu ada saja halangan dan rintangannya ketika kita mencoba. Namun tentu saja, kita tidak bisa menyerah begitu saja terhadap masalah kelebihan berat badan mengingat begitu banyak manfaat menurunkan berat badan dan mencapai berat badan ideal. Tidak saja dari aspek bentuk badan, menurunkan berat badan dan mencapai berat badan ideal juga bermanfaat untuk aspek kesehatan fisik dan fisiologis, kesehatan psikologis, dan bahkan kesuksesan karir kita.

Dari segi kesehatan fisik dan fisiologis, saya yakin sudah cukup umum diketahui bahwa masalah kelebihan berat badan bisa membawa berbagai macam penyakit dan gangguan pada tubuh kita secara fisik, seperti penyakit jantung, resiko stroke, kanker, diabetes, serta rasa mudah lelah dan sakit punggung atau lutut (yang disebabkan oleh beban berlebih pada bagian tubuh tersebut). Namun, yang jarang disadari orang adalah bagaimana berat badan juga mempengaruhi psikologis dan karir kita. Memiliki berat badan ideal adalah pertanda bahwa kita memiliki tubuh yang sehat dan vitalitas yang optimal. Dengan tubuh sehat dan vitalitas tinggi, tentu produktivitas kita juga akan optimal. Alhasil, kinerja kita di tempat kerja kita juga akan maksimal. Ditambah lagi, dengan tubuh sehat dan bentuk badan ideal yang tercapai dengan menurunkan berat badan anda ke titik ideal, kepercayaan diri anda akan meningkat. Percaya atau tidak, orang lebih senang berbisnis dan kerjasama dengan seseorang yang memiliki kepercayaan diri dan bentuk badan ideal karena ini mencerminkan positive image dan attitude.

Jadi, walaupun menurunkan berat badan merupakan sesuatu yang sulit dan diwarnai dengan berbagai rintangan dan halangan, kita tidak bisa menyerah begitu saja. Karena walaupun sulit, bobot hasil dan manfaatnya akan jauh melebihi tingkat kesulitannya. Nah sekarang, bagaimana caranya menurunkan berat badan dengan efektif, cepat, dan aman dalam waktu 30 hari? Mari kita bahas bersama.

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Makanan

Perhatikan dan Sesuaikan Konsumsi Kalori

perhatikan kalori

image source : medicaldaily

Menurunkan berat badan adalah soal keseimbangan antara kalori yang terbakar dan kalori yang dikonsumsi dari makanan dan minuman., Kita harus memastikan konsumsi kalori kita tidak berlebihan. Di sisi lain, akan tidak sehat juga bila konsumsi kalori kita kurang dari jumlah minimal, yaitu 1600 kalori per hari untuk pria dan 1200 kalori per hari untuk wanita.

“Jadi, untuk menurunkan berat badan dengan aman dan cepat, mari kita set target konsumsi kalori harian kita di tingkat minimum.”

Anda bisa mencari tahu kalori setiap makanan atau minuman yang anda minum dari beberapa aplikasi calorie counter di handphone atau browsing di internet atau secara langsung di kemasan makanannya.

 

Cukup Kebutuhan Protein

protein menurunkan berat badan

image source : sonnenseite

 

Ada 3 jenis makronutrien, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Di antara ketiganya, yang paling membantu menurunkan berat badan adalah protein, karena protein akan meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh anda. Metabolisme tubuh yang cepat akan semakin mempercepat pembakaran kalori tubuh anda dan pada akhirnya, mempermudah anda menurunkan berat badan. Seberapa banyakkah kebutuhan protein anda? Itu tergantung berat badan anda. Secara umum, wanita kurang lebih membutuhkan kurang lebih 80gram protein per hari sementara pria 150gram protein per hari. Apabila kita pukul rata 100 gram daging (ayam, sapi, kambing, dan sebagainya) mengandung 25 gram protein dan kita asumsikan kita tidak ada sumber protein lain selain daging, berarti kurang lebih kita perlu mengkonsumsi 300-600 gram daging sehari.

 

Fokus ke Buah, Sayur, dan Lemak Sehat

sayuran dan buah untuk menurunkan berat badan

image source : active

 

Selain protein yang kebanyakan berasal dari sumber protein hewani, anda tentu membutuhkan 2 makronutrien lainnya, yaitu karbohidrat dan lemak. Namun, pastikan anda mendapatkan keduanya dari sumber yang sehat dan bernutrisi. Untuk karbohidrat, hindari nasi, roti atau mie. Fokus ke buah-buahan serta sayuran. Untuk buah mungkin batasi 1-2 porsi sehari secara buah, walaupun sehat, mengandung gula yang cukup tinggi. Untuk sayuran, utamakan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung karena sayuran yang tidak hijau seperti jagung, kentang, dan ubi cenderung lebih bertepung. Sementara untuk lemak sehat, anda akan sudah mendapatkannya bersamaan dengan protein anda secara sangat jarang daging yang tidak berlemak sama sekali. Namun, untuk memastikan anda membatasi konsumsi lemak tidak sehat anda, pastikan anda tidak mengkonsumsi daging yang digoreng (deep fry).

 

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga

Latihan Kardio

latihan kardio menurunkan berat badan

image source : huffington post

 

Selain membatasi konsumsi kalori anda, anda juga perlu meningkatkan pembakaran kalori anda. Hal ini bisa tercapai dengan mudah melalui latihan kardio. Latihan kardio adalah aktifitas fisik apapun yang mampu meningkatkan detak jantung anda cukup tinggi (sekitar 130-150 bpm) dan mempertahankannya dalam waktu cukup lama (sekitar 45-60 menit), misalnya jogging, treadmill, bersepeda, dan berenang. Lakukan ini 2 kali seminggu, masing-masing 60 menit sebagai permulaan. Bila anda sudah semakin fit, anda mungkin bisa melakukannya 3-5 kali seminggu.

 

Latihan Beban Kompleks

latihan beban menurunkan berat badan

image source : sohu

 

Selain latihan kardio yang membakar kalori secara langsung, anda juga perlu melakukan latihan beban untuk meningkatkan serta menjaga metabolisme tubuh anda. Secara tidak langsung, hal ini akan meningkatkan pembakaran kalori anda dan membantu anda menurunkan berat badan anda. Namun, yang perlu diingat disini adalah latihan beban anda perlu berfokus pada gerakan-gerakan kompleks, karena gerakan-gerakan tersebut akan memiliki efek lebih besar terhadap metabolisme tubuh anda dibandingkan dengan gerakan-gerakan non-kompleks. Beberapa gerakan kompleks adalah squat, lunges, deadlift, chinup, pullup, dan bench press. Apabila anda butuh bantuan untuk mempelajari dan melakukan gerakan-gerakan ini dengan benar, aman, dan efektif, tim pelatih kami siap membantu anda berlatih di gym kami ataupun di rumah atau apartemen anda.

Jadi sekali lagi, jangan biarkan masalah kelebihan berat badan mencegah anda untuk mencapai kesuksesan dan kesehatan optimal anda. Memang sulit tapi tidak sebanding dengan betapa puasnya anda setelah hasil dan manfaatnya anda rasakan.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*