Train to Failure Latihan Beban Efektif – Bagian 1

Train to Failure Latihan Beban Efektif – Bagian 1
May 30, 2018 fitnessindonesia
latihan beban menurunkan berat badan

“Latihan Keras atau Tidak Sama Sekali”, “Go hard or go home”, atau “No pain no gain”. Mungkin anda sudah sering mendengar pernyataan-pernyataan “hardcore” tersebut. Tidak heran jika banyak orang, termotivasi dengan pernyataan-pernyataan di atas, memilih untuk menggunakan beban maksimal ketika latihan beban dan berlatih sampai titik “failure”, yang artinya mengejar jumlah repetisi maksimal dalam 1 set latihan dengan beban maksimal hingga titik penghabisan (sampai beban tak bisa terangkat lagi).

Saya sendiri pun sering menggunakan “metode atau teknik” ini, baik untuk latihan saya sendiri, seperti yang ditunjukkan oleh video di bawah, maupun untuk program latihan klien-klien saya. Tapi, apakah hal ini berarti latihan sampai titik “failure” ini bagus dan bermanfaat untuk keefektifan latihan anda? Jawabannya, seperti pada umumnya kalau sudah menyangkut soal program latihan beban, adalah tergantung. Apabila digunakan untuk tujuan yang tepat, di waktu yang tepat, maka teknik ini akan menguntungkan. Namun, jika “disalahgunakan” di waktu yang salah dan untuk tujuan yang salah, metode ini justru bisa menghalangi perkembangan latihan beban anda.

Jadi, balik lagi ke pertanyaan awal tadi, apakah teknik latihan sampai “failure” ini bagus? Dan bagaimana cara mengaplikasikannya? Berikut adalah jawabannya.

Apakah latihan sampai “failure” efektif?

Untuk mengerti apakah teknik latihan sampai “failure bagus, penting untuk mengerti apa sebenarnya yang menyebabkan “failure”. Pada struktur otot manusia, neuron otot menyuplai serat otot dengan rangsangan untuk berkontraksi. Neuron otot ini menjalar mulai dari sistem saraf pusat tulang belakang dan bersama dengan serat otot, membentuk sebuah struktur yang disebut “Motor unit”.

Berdasarkan prinsip “Size”, motor unit digunakan untuk berkontraksi dari yang paling kecil ke yang paling besar, tergantung seberapa besar gaya kontraksi yang diperlukan. Motor unit yang lebih kecil cenderung terdiri dari serat otot tipe 1 (slow twitch), tipe serat otot yang bisa mempertahankan level gaya kontraksi relatif rendah dalam jangka panjang. Sementara motor unit lebih besar cenderung terdiri dari serat otot tipe 2 (fast twitch), yang bisa menghasilkan gaya kontraksi lebih besar walau hanya dalam waktu singkat.

Jadi, motor unit terbesar hanya digunakan jika gaya kontraksi yang diperlukan hampir maksimal. Maka itu, untuk menstimulasi penggunaan motor unit ini dan melatihnya, salah satu di antara 2 kondisi di bawah harus terpenuhi:

Beban Maksimal Perlu Digunakan

Beban perlu diangkat sampai atau mendekati titik “failure” (beberapa studi menemukan bahwa mengangkat beban mendekati titik “failure” cukup untuk merangsang kontraksi dari semua motor unit secara efektif)

Mengetahui hal ini, sepertinya memang berlatih sampai titik “failure”, entah melalui beban atau repetisi maksimal, bisa meningkatkan keefektifan latihan, secara anda bisa melatih spektrum “Motor unit” yang lebih penuh. Ditambah lagi, “Motor unit” yang besar-besar justru yang memiliki potensi pertumbuhan dan perkembangan (dari segi “strength” dan ukuran) yang paling besar karena tidak seperti “Motor Unit” yang kecil, “Motor Unit” besar jarang dipakai dan belum terlatih – keuntungan ganda!

Nah sekarang, bagaimana cara mengaplikasikan teknik latihan ampuh ini agar program latihan anda menjadi lebih efektif? Temukan jawabannya di blog post berikutnya!

PS: Agar anda tidak kelewatan tips dan info lainnya soal pola latihan yang efektif dalam meningkatkan “strength” dan meningkatkan massa otot, pastikan anda subscribe ke newsletter Fitness Indonesia dengan mengisi nama dan email anda di kotak yang tersedia di sisi kanan layar komputer anda. Tak ketinggalan, dengan subscribe diri anda, anda mendapatkan kesempatan untuk menggunakan promosi-promosi eksklusif dari Fitness Indonesia khusus untuk para subscriber.

Untuk mendapatkan program latihan yang sehat, serta efektif, efisien, dan dijamin berhasil dalam membawa anda ke berat dan bentuk badan ideal anda, segera daftarkan diri anda ke salah satu program gym atau program online kami. Sementara untuk suplemen diet Pharmaceutical Grade merk #1 di USA, silahkan lihat katalog suplemen kami.

PPS: Artikel ini berguna untuk anda? Anda mempelajari info baru dari artikel ini? Jika iya, saya mohon agar anda share artikel ini di akun twitter atau facebook anda! Pastikan teman dan keluarga anda juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan info baru dari artikel ini.

 

Salam,

 

Coach Tobias (@CoachTobiasIndo)

 

Fitness Indonesia“The Indonesia’s Only Fitness Service Provider with 30-Day Money Back Guarantee”

“Fitness Indonesia – We Deliver Excellent Results with Commitment”

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*