Research Review Perlukah Konsumsi Suplemen Tinggi Anti-Oxidant

Research Review Perlukah Konsumsi Suplemen Tinggi Anti-Oxidant
May 28, 2018 fitnessindonesia
Suplemen Tinggi Anti-Oxidant

Zaman sekarang, sering kita menemukan suplemen yang kaya anti-oksidan seperti minuman Goji/Acai Berry atau suplemen lainnya yang menekankan kandungan anti-oksidannya dalam strategi pemasaran mereka (terlepas dari benar tidaknya klaim tersebut.

Namun, apakah benar hal tersebut berguna dan bermanfaat bagi kita? Apakah kita memerlukannya? Mari kita tinjau. Seperti biasa, kita lihat apa kata penelitian ilmiah dan pengamatan kasus nyata yang ada.

Banyak atlit mengkonsumsi suplemen anti-oksidan karena mereka percaya hal tersebut akan membantu proses pemulihan mereka serta mengurangi rasa pegal-pegal setelah latihan. Walau keyakinan ini ada benarnya, konsumsi anti-oksidan dalam dosis tinggi justru bisa membawa efek yang merugikan. Mari kita lihat fungsi dari anti-oksidan dan apakah suplementasinya perlu untuk kita.

Zat reaktif oksigen (ROS) terbentuk ketika metabolisme oksigen dan merupakan zat perantara yang penting pada berbagai proses biokimia, seperti ekspresi sel/gen dan response sistem daya tahan tubuh terhadap kontaminan asing. Namun, terlepas dari manfaatnya, ROS dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan kerusakan terhadap struktur sel karena sifatnya yang sangat reaktif. Disinlah anti-oksidan berperanan penting. Anti-oksidan, seperti vitamin C dan E, menetralkan ROS dengan mendonorkan elektron sehingga sel tubuh jadi terlindung.

Ketika latihan, kadar ROS akan meningkat secara signifikan karena peningkatan konsumsi oksigen (metabolisme aerobik. Maka itu, cukup masuk akal bukan bagi kita untuk konsumsi suplemen anti-oksidan untuk menetralkan ROS dan mencegah kerusakan sel? Tidak selalu demikian. ROS terlibat dalam ekspresi gen dan mengontrol proses yang sangat penting untuk adaptasi terhadap latihan dan peningkatkan performa fisik.

Anti-oksidan dalam dosis tinggi akan menetralkan ROS dalam jumlah besar, yang pada akhirnya menghalangi adaptasi tubuh terhadap stimulus latihan.

Sebuah studi di tahun 2008 oleh Gomez-Cabrera dan timnya mengamati 14 pria dewasa yang sedentary. Semuanya mengikuti test VO2Max diikuti dengan program latihan rutin 3x seminggu, masing-masing 40 menit, selama 8 minggu. Lima peserta diberikan suplementasi 1 gram vitamin C per hari. Setelah 8 minggu, semua peserta menjalani test VO2max untuk kedua kalinya.

 

Hasil Penelitiannya

VO2 max meningkat 22% pada kelompok tanpa suplemen dan hanya 10.8% pada kelompok dengan suplemen. Kesimpulannya, 1 gram suplementasi vitamin C per hari mengurangi efisiensi latihan serta menghalangi proses adaptasi tubuh terhadap latihan.

 

Beberapa Rekomendasi Berdasarkan Hasil Penelitian

Latihan yang moderat sudah bersifat anti-oksidatif bagi tubuh. Karena itu, sesi latihan moderat yang tidak terlalu berlebihan per minggu, yang menghasilkan ROS dalam kadar rendah, meningkatkan produksi enzim bersifat anti-oksidatif pada tubuh dan meningkatkan pertahanan anti-oksidatif anda.

Maka itu, anti-oksidan dari suplemen tidak dibutuhkan (dari diet saja cukup). Mendapatkan anti-oksidan dari berbagai variasi buah dan sayur, yang kaya anti-oksidan, sudah cukup untuk pertahanan kita terhadap ROS.

Berhati-hati bila anda mengkonsumsi suplemen vitamin seperti vitamin C dan E karena dosis tinggi bisa menghalangi adaptasi anda terhadap latihan.

Apabila memang anda membutuhkan pemulihan yang cepat di antara latihan intensitas tinggi, seperti ketika sedang kompetisi olahraga, suplementasi anti-oksidan akan membantu mengurangi rasa pegal-pegal dan kerusakan pada otot, meningkatkan performa fisik anda untuk jadwal pertandingan berikutnya.

PS: Agar anda tidak kelewatan tips dan info mengenai pola latihan yang efektif, tidak saja dalam menurunkan berat badan atau membakar lemak, tapi juga meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup anda secara umum, pastikan anda subscribe ke newsletter Fitness Indonesia dengan mengisi nama dan email anda di kotak yang tersedia di sisi kanan layar komputer anda. Tak ketinggalan, dengan subscribe diri anda, anda mendapatkan kesempatan untuk menggunakan promosi-promosi eksklusif dari Fitness Indonesia khusus untuk para subscriber.

Untuk program latihan yang efektif, efisien, dan dijamin berhasil dalam membawa anda ke berat dan bentuk badan ideal anda serta meningkatkan kualitas hidup anda, segera daftarkan diri anda ke salah satu program gym atau program online kami. Sementara untuk suplemen diet Pharmaceutical Grade merk #1 di USA, silahkan lihat katalog suplemen kami.

PPS: Artikel ini berguna untuk anda? Anda mempelajari info baru dari artikel ini? Jika iya, saya mohon agar anda share artikel ini di akun twitter atau facebook anda! Pastikan teman dan keluarga anda juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan info baru dari artikel ini.

 

Salam,

 

Coach Tobias (@IndonesianStrengthCoach) – 0878-8410-3904/2A9F0CF0

 

Fitness Indonesia“The Indonesia’s Only Fitness Service Provider with 30-Day Money Back Guarantee” “Fitness Indonesia – We Deliver Excellent Results with Commitment”

 

Referensi

(1) Gomez-Cabrera MC et al. Oral Administration of Vitamin C Decreases Muscle Mitochondrial Biogenesis and Hampers Training-Induced Adaptations in Endurance Performance. Am J Clin Nutr. 2008

(2) Clarkson PM & Thompson HS. Antioxidants: What Role do They Play in Physical Activity and Healthy? Am J Clin Nutr. 2000

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*