MENGAPA KAMI BERBEDA

SURAT DARI PENDIRI KAMI

COACH TOBIAS GANDA

SELAMAT DATANG DAN SALAM SEHAT

Saya memulai Fitness Indonesia di tahun 2007, karena pada saat itu, saya tidak melihat layanan fitness, entah itu personal training, group class, bootcamp, coaching, gym, tempat fitness, atau fitness center di Indonesia (khususnya Jakarta) yang mendasarkan filosofi mereka pada memberikan klien hasil sebaik-baiknya dalam hal kesehatan dan fitness. Semua layanan fitness, gym, tempat fitness, dan fitness center beroperasi hanya berdasarkan tren terbaru yang seringnya tidak didukung oleh fakta ilmiah yang kuat, model bisnis yang paling mudah atau paling menguntungkan.

Karena itulah saya memulai Fitness Indonesia dengan visi untuk membawa layanan kesehatan dan fitness kelas dunia ke Indonesia. Dalam perjalanannya selama 10 tahun terakhir (2007-2017), saya bersama Fitness Indonesia telah membuat perubahan dalam hidup ribuan klien kami.  Dalam kurun waktu tersebut, Fitness Indonesia pun telah berkembang dari layanan fitness perorangan kecil dan sederhana, menjadi sesuatu yang lain daripada yang lain, sesuatu yang menonjol dibandingkan layanan fitness, gym, tempat fitness, atau fitness center lainnya. Ini tercapai karena kami memberikan layanan kami dengan cara yang sangat berbeda (bisa dibilang berlawanan) dari tempat atau layanan lain di industri fitness Indonesia.

Dengan senang hati saya akan menjelaskan mengapa kami beroperasi dengan cara yang berbeda dan mengapa saya yakin metode kami akan sangat menguntungkan bagi anda. Untuk itu, mari kita lihat dulu permasalahan terbesar dan paling umum yang dihadapi oleh para klien (termasuk anda) pada layanan fitness, gym, tempat fitness, dan fitness center lain.

 

Masalah 1 – Kurangnya pengetahuan ilmiah mengenai prinsip dasar latihan, nutrisi, biomekanik, serta anatomi tubuh manusia

Kebanyakan pelatih fitness di Indonesia memilih menjadi pelatih fitness atau personal trainer di gym tanpa memiliki sertifikat atau menjalani proses pendidikan dasar mengenai latihan, nutrisi, biomekanik, serta anatomi tubuh manusia. Hal ini terjadi karena untuk menjadi pelatih fitness atau personal trainer, tidak ada standar sertifikasi atau kualifikasi pendidikan relevan yang mutlak diperlukan. Setiap orang bisa menjadi atau “mengaku” sebagai pelatih fitness atau personal trainer.

Memang beberapa tempat fitness, gym atau fitness center memiliki apa yang mereka sebut “in-house training” untuk melatih staf pelatih mereka. Sayangnya, pelatihan mereka lebih menyerupai pelatihan cara menjual (sales course) yang mengajarkan teknik-teknik hard-selling agar mereka bisa mendorong anda untuk membeli paket latihan mereka yang paling mahal. Pelatihan mereka bukan terfokus pada bagaimana cara membantu anda mencapai tujuan fitness anda. Bisa dibilang, pelatihan mereka lebih menyerupai pelatihan untuk agen asuransi atau agen MLM dibandingkan untuk pelatih fitness.

Di sisi lain, memang banyak juga program sertifikasi atau pelatihan fitness yang lebih berfokus pada fitness di luar sana. Hanya saja, kebanyakan dari program tersebut hanya sekedar mengikuti ceramah atau workshop selama akhir pekan (3 hari 2 malam) dan terlepas seseorang menyerap apa yang diajarkan atau tidak, mereka akan tetap mendapatkan sertifikat dan dinyatakan lulus. Ada juga yang full online dimana seseorang yang mendaftar program ini akan mendapatkan materi yang tersedia dalam bentuk buku atau online dan dipersilahkan mengambil ujian secara online tanpa batas waktu, kapanpun mereka siap. Saya secara pribadi sudah mengalami keduanya, dimana sertifikasi berbentuk workshop terasa sangat kurang mendalam dan sertifikasi online terasa sangat teoritis (ujian sertifikasi online pada umumnya berupa pilihan ganda sehingga menurut saya lebih menyerupai ujian teori anak sekolah dibandingkan ujian pekerja profesional, khususnya pelatih yang lebih ke sisi praktek, aplikasi, dan implementasi di kasus nyata).

Pada akhirnya, seseorang bisa memiliki daftar sertifikat yang panjang, bahkan beberapa sampai 20 tapi tetap tak menjamin kemampuannya melatih dalam kasus nyata. Dan yang lebih mengganggu saya adalah anda kemungkinan besar akan membayar si pelatih dengan harga yang mahal karena dia tampak “handal” dan “pengalaman” karena daftar sertifikat yang panjang.

Ini yang tidak bisa saya terima dan maka dari itu, di Fitness Indonesia, kami melakukan yang sama sekali berlawanan dari tempat lain.

Solusi 1 – Stellar Coaching Education Program

Stellar Coaching Education Program adalah program pelatihan bagi para pelatih Fitness Indonesia yang berfokus hanya pada 1 hal, yaitu pengetahuan, profesionalisme dan kemampuan yang dibutuhkan untuk membantu para klien kami (mudah-mudahan termasuk anda nantinya) mendapatkan hasil maksimal dari latihan serta diet mereka. Kami tidak mengajarkan para pelatih kami teknik-teknik menjual yang licik karena usaha kami tidak dibangun di atas dasar usaha marketing yang besar-besaran, melainkan di atas dasar hasil yang telah diperoleh oleh klien-klien kami.

Stellar Coaching Education Program berisikan kumpulan pengetahuan-pengetahuan yang relevan sebagai pelatih fitness yang telah saya kumpulkan dari berbagai workshop, seminar, sertifikasi, magang, dan pengalaman kerja saya sebagai pelatih di Singapura, Australia, dan Kanada selama lebih dari 10 tahun. Mulai dari bidang biomekanik dan anatomi tubuh manusia, hingga nutrisi dan fisiologis manusia.

Tidak hanya pelatihan teoritis yang mendalam dan relevan untuk seorang pelatih fitness, Stellar Coaching Education Program juga berfokus pada pelatihan praktikal seorang pelatih fitness, bagaimana cara dan teknik yang tepat dalam melatih seseorang, mulai dari cara berdiri, mengamati seseorang berlatih, berbicara, sampai ke pemilihan kata-kata.

Menjalani serta lulus dalam Stellar Coaching Education Program adalah keharusan bagi setiap anggota tim pelatih Fitness Indonesia. Karena dari itu, siapapun yang melatih dan membimbing anda, gym cabang manapun yang anda kunjungi, selama bersama Fitness Indonesia, anda akan selalu mendapatkan kualitas pelatih fitness yang jauh melebihi tim pelatih dari layanan, gym, atau tempat fitness lain.

Masalah 2 – Kurangnya Individualisasi dan Customization dalam Perancangan Program bagi Setiap Klien yang Notabene adalah Individu yang Unik

Dikarenakan kurangnya pengetahuan para staf pelatihnya mengenai prinsip-prinsip dasar latihan, biomekanik, nutrisi, anatomi, maupun sistem fisiologis manusia, layanan fitness atau tempat fitness lain pada umumnya cenderung memiliki program template atau cetakan.

Secara sederhana, sistem perancangan program bagi para klien di layanan fitness, tempat fitness, gym atau fitness center adalah sebagai berikut:
  • Untuk para klien pria bertujuan melangsingkan badan, menurunkan berat badan -> Program 1
  • Untuk para klien wanita bertujuan melangsingkan badan, menurunkan berat badan -> Program 2
  • Untuk para klien pria bertujuan meningkatkan massa otot, menaikkan berat badan -> Program 3
  • Untuk para klien wanita bertujuan meningkatkan massa otot, menaikkkan berat badan -> Program 4

Padahal, setiap klien memiliki keunikannya masing-masing walaupun tujuan serta jenis kelaminnya sama. Dua klien pria mungkin memiliki tujuan yang sama, tetapi:

  • Mereka memiliki sejarah cedera yang berbeda (yang satu pernah cedera di lutut, yang satu di punggung)
  • Mereka memiliki kondisi atau resiko kesehatan yang berbeda (yang satu memiliki kolesterol tinggi, yang satunya pre-diabetic)
  • Mereka memiliki kondisi awal yang berbeda (yang satu lebih gemuk dibanding yang lain)
  • Mereka memiliki pengalaman latihan yang berbeda (yang satu sudah bertahun-tahun latihan beban, yang lain belum pernah menyentuh dumbbell sama sekali)
  • Mereka memiliki jadwal dan tantangan kerja yang berbeda (yang satu memiliki jadwal kerja fleksibel tapi sering keluar kota, yang satu jadwal kerjanya tetap tapi jarang keluar kota)
  • Mereka memiliki postur yang berbeda (yang satu skoliosis, yang satu forward neck)
  • Mereka memiliki umur berbeda (yang satu 25 tahun, yang satu 65 tahun)
  • Mereka memiliki selera dan kebiasaan makan berbeda (yang satu vegetarian yang selalu makan masakan rumah, yang satu tidak suka sayuran dan full pemakan daging dan makan di luar)
Faktor-faktor di atas yang akan membuat kebutuhan, situasi, dan kondisi setiap klien berbeda. Maka dari itu, dibutuhkan pula cara atau pola latihan dan diet yang berbeda. Sayangnya, layanan fitness, gym, tempat fitness, dan fitness center lainnya di luar sana gagal memperhitungkan keunikan ini.

Solusi 2 –Consultation, Assessment, dan Customized Design

Kami memahami serta mengapresiasi keunikan serta perbedaan setiap klien kami, mulai dari kondisi awal mereka, preference atau selera mereka, sampai situasi kerja dan hidup mereka. Karena itu, saya, mewakili tim pelatih Fitness Indonesia, menggali informasi dari setiap klien kami lebih jauh dan lebih mendalam dari sekedar tujuan mereka. Jadi, jauh dari sebelum anda memulai program latihan dan diet anda bersama kami, saya dan anda akan mengadakan sesi consultation, dimana di dalamnya kita akan mempelajari lebih dari sekedar tujuan anda, tetapi juga sejarah fisik, situasi, preference, dan kondisi anda secara mendalam.

Informasi yang saya dapat dari sesi konsultasi, digabung dengan hasil dari assessment yang menyeluruh (mulai dari fleksibilitas, mobilitas, postur, sampai kadar lemak) akan saya gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam merancang program latihan dan diet anda secara custom sehingga anda pun bisa yakin bahwa program tersebut cocok untuk situasi, kondisi, kebutuhan, dan tujuan anda dan pada akhirnya, hasil yang anda raih dari program tersebut akan maksimal.

 

Masalah 3 – Sistem Latihan dan Diet yang Kaku dan Tidak Berfokus pada Kebutuhan Jangka Panjang

Pada dasarnya, sulit bagi kita untuk mempertahankan sesuatu dalam jangka panjang apabila hal tersebut bersifat kaku.

“Change is the only constant in life”

Artinya, perubahan pasti akan selalu terjadi. Saya sangat mendalami kata-kata ini, tetapi sayangnya, layanan fitness, tempat fitness, gym, dan fitness center lain justru menghindari hal ini dengan membuat sistem latihan dan diet mereka kaku. Memang sistem yang kaku akan menyederhanakan banyak hal dari segi operasional usaha. Namun di sisi lain, anda sebagai klien yang akan dirugikan karena hal ini berpengaruh pada hasil yang anda peroleh dalam jangka panjang.

Pada umumnya, sistem latihan layanan fitness, tempat fitness, gym dan fitness center lain bersifat 1-to-1 dimana anda hanya akan memiliki 1 pelatih yang sama di setiap sesi latihan anda. Ini berarti hanya pelatih anda yang tahu pola dan perkembangan latihan anda. Apa yang terjadi apabila pelatih anda ini pindah ke gym atau tempat fitness lain? Apa yang terjadi bila pelatih anda ini sedang cuti liburan beberapa minggu? Apa yang terjadi bila anda hanya bisa latihan di sore hari setelah pulang kerja tetapi pelatih anda memiliki jadwal yang sangat padat pada jam tersebut? Anda akan seperti ayam kehilangan induk. Tak ada pegangan, tak ada arah. Andalah yang dirugikan disini.

Sementara untuk sistem diet, masih banyak pelatih serta tempat layanan fitness lain yang menyederhanakannya (atau meng-kaku-kan-nya) dengan sistem meal plan atau do’s and don’ts dimana anda akan mendapatkan secara spesifik apa yang akan anda makan dan kapan anda akan memakannya atau apa yang boleh dan tidak boleh anda makan.Untuk beberapa hari, mungkin hal ini tidak masalah. Bahkan, beberapa minggu atau beberapa bulan pun masih bisa dijalani. Namun pertanyaannya, seberapa lama anda bisa mengkonsumsi makanan yang sama terus di jam yang sama terus setiap harinya? Cepat atau lambat anda akan mulai cheating atau melenceng dari pola makan yang diberikan kepada anda dan saat itu pula, pelatih atau layanan fitness anda akan kebingungan dan akhirnya gagal beradaptasi terhadap perubahan ini (perubahan nafsu makan dan keinginan makan anda). Padahal, change is the only constant in life

 

Solusi 3 – Sistem Latihan 1-on-1 dan Sistem Diet Fleksibel

Merugikan klien kami (termasuk anda) adalah hal yang sangat tidak diterima di Fitness Indonesia. Karena itu, mengetahui bahwa sistem latihan 1-to-1 seperti yang umum dipakai oleh layanan fitness, tempat fitness, gym, dan fitness center lainnya justru akan menempatkan anda pada posisi yang beresiko dirugikan, kami sadar kami tidak bisa menggunakan sistem yang sama. Daripada menggunakan sistem 1-to-1 yang sudah sering membuat orang seperti ayam kehilangan induk, kami menggunakan sistem 1-on-1.

Perbedaan sistem kami adalah anda tidak hanya akan dilatih oleh 1 orang anggota tim pelatih Fitness Indonesia. Anda akan dilatih oleh seluruh tim pelatih kami. Namun, di setiap sesinya, anda akan tetap merasakan manfaat latihan secara personal dan privat dengan bimbingan salah seorang anggota tim pelatih kami walaupun antara sesi yang satu dan yang lainnya, anda kemungkinan dilatih oleh pelatih yang berbeda. Walaupun demikian, anda akan tetap menggunakan program latihan yang sama dan anda akan dilatih dengan cara melatih yang sama di setiap sesinya. Hal ini bisa dilakukan karena setiap tim pelatih kami telah melalui pelatihan teknik melatih yang sama dan program latihan kami tertulis dengan jelas dan detil, mulai dari jumlah set, repetisi, tempo, sampai waktu istirahat.

Dengan demikian, jadwal latihan dan nasib perkembangan latihan anda tidak bergantung pada 1 orang pelatih saja. Dengan begitu, jadwal latihan anda akan lebih fleksibel, perkembangan latihan anda pun bisa lebih berkesinambungan

Sementara untuk diet, berbeda dengan tempat lain yang cenderung memberikan “aturan” (aturan makan apa dan kapan) , kami memberikan “panduan” (bagaimana anda memilih dan menentukan sendiri jenis, poris, serta waktu makan anda). Dengan begitu, anda bisa mengatur menu atau jadwal makan harian anda sendiri sesuai situasi, kondisi, dan selera anda. Anda tak perlu lagi khawatir untuk makan di luar memenuhi undangan pesta ulang tahun teman anda atau acara reuni keluarga anda karena kami akan meng-edukasi anda bagaimana beradaptasi dengan pilihan dan situasi yang anda hadapi dalam hal makanan.

Dengan sistem diet yang fleksibel, anda pun sebagai yang menjalaninya akan lebih bisa menikmatinya. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa hal yang menyenangkan cenderung lebih mungkin untuk dijalani dalam jangka panjang. Sebaliknya, hal yang sangat mengekang, cenderung hanya bisa bertahan untuk jangka pendek sebelum anda menyerah dan bersikap masa bodoh terhadap kekangan tersebut.

Pada akhirnya, sistem latihan dan diet yang fleksibel inilah yang akan mampu bertahan bagi anda untuk jangka waktu yang lama dan bukankah kita semua menginginkan badan yang sehat, fit, dan langsing dalam jangka panjang (bukan 1 hari, 2 hari)?

 

Masalah 4 – Culture atau Budaya Usaha yang Berfokus pada Sales dan Marketing

Setiap bisnis atau usaha tentu mencari profit atau keuntungan (kecuali yayasan atau instansi pemerintah tentunya) karena jika tidak, maka bisnis atau usaha tersebut tidak akan bertahan lama. Namun sayangnya, layanan fitness, tempat fitness, gym, dan fitness center lain cenderung menjadi terlalu fokus pada penjualan (sales) dan pemasaran (marketing) untuk memastikan bisnis mereka tetap menghasilkan keuntungan. Sementara mereka lupa bahwa industri fitness pada dasarnya adalah industri jasa (service) yang artinya adalah pelayanan.

Pada akhirnya, mereka lupa inti dari bisnis mereka adalah memberikan jasa dengan kualitas terbaik, memberikan pelayanan yang memuaskan para kliennya (termasuk anda). Mereka lebih fokus memikirkan bagaimana teknik penjualan yang lebih jitu, marketing campaign seperti apa yang akan mendatangkan klien baru paling banyak, pengiklanan seperti apa yang paling pas untuk branding mereka. Mereka selalu fokus ke diri mereka sendiri (usaha dan bisnis mereka sendiri) dan melupakan yang penting disini, yaitu anda dan klien-klien lainnya. Mereka lupa untuk meningkatkan kualitas layanan mereka, yaitu pengetahuan dan kemampuan tim pelatih mereka dalam melatih dan membimbing anda untuk mendapatkan hasil maksimal

Lagi-lagi, yang dirugikan adalah anda yang mendapatkan kesan atau janji bahwa layanan fitness, tempat fitness, gym, atau fitness center pilihan anda akan memberikan layanan kualitas terbaik, akan mampu membawa hasil maksimal yang selama ini anda idam-idamkan. Padahal, itu semua adalah gambaran yang tercipta dari usaha dan budget pemasaran dan penjualan yang maksimal.

 

Solusi 4 – Selalu Berfokus pada Kebutuhan, Tujuan, serta Hasil Setiap Klien

Kami tidak banyak menghabiskan waktu, tenaga, dan dana dalam penjualan dan pemasaran. Karena itu, mungkin saja anda baru mengetahui bahwa kami eksis. Bahkan, anda mungkin juga sudah pernah melewati lokasi gym kami tanpa mengetahui bahwa disitulah letak gym kami. Tampak mengejutkan bahwa kami tidak saja bertahan selama 10 tahun terakhir, tetapi juga berkembang. Dari yang hanya memiliki gym kecil di garasi rumah saya, sampai memiliki beberapa gym di Jakarta dan luar Jakarta.

Semua ini tercapai bukan dengan sumber daya sales dan marketing yang gila-gilaan, melainkan dengan selalu berfokus pada 1 hal paling penting yang dicari klien kami ketika mereka mendatangi kami, yaitu hasil. Dari keberhasilan 1 klien kami, berdatanganlah teman-temannya yang menginginkan hasil serupa. Karena itulah kami tidak melakukan pemasaran dengan memasang spanduk dan billboard besar di jalan raya, melainkan kami menjadikan klien kami sebagai representasi dari kualitas dan kemampuan kami dalam membawa klien kami mendapatkan hasil maksimal dari latihan dan diet mereka.

Karena itulah, daripada menghabiskan puluhan juta rupiah di pemasangan iklan, billboard, marketing campaign, kami lebih memilih menginvestasikan budget untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan kami sebagai tim pelatih fitness. Tak jarang kami meluangkan waktu dan biaya untuk menghadiri seminar di bidang latihan, nutrisi, atau fisioterapi sehingga kemampuan tim pelatih kami pun semakin tajam. Dengan begitu, kami bisa tetap menjamin bahwa hasil yang kami bawa untuk klien-klien kami selalu maksimal dan itulah yang selalu menjadi fokus kami.

 

Kesimpulan

Empat masalah di atas adalah masalah utama dan umum yang orang-orang temukan pada layanan, tempat fitness, gym, dan fitness center di seluruh dunia. Dari masalah-masalah tersebut, saya membangun Fitness Indonesia beserta segala layanan dan programnya sedemikian rupa sehingga anda tak perlu menghadapi 4 masalah utama tersebut.

Jika anda sudah sering menghadapi masalah-masalah di atas dan berniat memecahkannya, saya undang anda untuk bergabung dengan sistem latihan dan diet kami melalui salah satu layanan atau service kami seperti ratusan klien-klien kami sebelum anda. Kami memiliki rekam jejak yang luar biasa baik dan saya mengundang anda untuk berlatih bersama tim pelatih kami di Fitness Indonesia.

 

Salam sehat dan bahagia senantiasa,

Coach Tobias
Founder & Head Coach
Fitness Indonesia
Ingin berlatih langsung dengan tim pelatih kami? Tinggalkan data diri Anda dibawah.