4 Tips Gaya Hidup Sehat Sederhana dan Mudah

4 Tips Gaya Hidup Sehat Sederhana dan Mudah
July 3, 2018 fitnessindonesia

Untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal, dibutuhkan sebuah kebiasaan mengikuti gaya hidup yang sehat. Di blog post kali ini, saya akan memberikan 4 tips mudah dan sederhana untuk mulai mengubah gaya hidup anda ke arah yang lebih sehat, sehingga anda pun bisa memulai perjalanan anda menuju bentuk badan ideal anda.Sangat sederhana dan mudah keempat tips ini sehingga saya yakin siapapun, termasuk anda, mampu melakukannya. Di sisi lain, kesederhanaan dan kemudahan keempat tips ini membuatnya sangat efektif dalam membawa perubahan jangka panjang terhadap gaya hidup anda. Berikut adalah keempat tips tersebut:

1. Makan sarapan pagi setiap hari

Sarapan pagi, menurut saya, adalah waktu makan yang paling penting, tidak hanya untuk kesehatan anda, tapi juga untuk menjaga nafsu makan anda sepanjang hari, serta meningkatkan kinerja dan produktivitas anda (yang akan memudahkan anda dalam mengikuti program diet anda).

Sayangnya, sepanjang karir saya sebagai top fitness trainer Indonesia, saya sering mendengar orang melewatkan sarapan pagi mereka karena keterbatasan waktu. Sarapan pagi tidak perlu mewah. Dan bukan, kopi dan donat/bagel atau kue/roti bukan sarapan pagi yang saya maksud disini. Untuk sarapan pagi, prinsipnya adalah bernutrisi dan sederhana, seperti beberapa telur setengah matang, buah, dan kacang-kacangan.

2. Tidur cukup dan teratur

Tidur merupakan elemen penting dalam hidup sehat karena ketika kita tidur, tubuh kita sebenarnya memproduksi hormon-hormon yang penting dalam menjaga kesehatan kita, seperti growth hormone yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh kita dan membantu kita menurunkan berat badan, membakar lemak dan membentuk otot. Hormon melatonin, yang menjauhkan kita dari bahaya depresi, juga diproduksi terutama ketika kita tidur.

Maka itu, jumlah tidur yang cukup dan teratur sangatlah penting. Umumnya, orang dewasa membutuhkan 7-8 jam tidur setiap hari.

3. Sistem latihan yang efektif dan efisien

Latihan tidaklah sporadik dan spontan. Misalnya, hari ini anda berenang bersama teman anda, besok anda bermain tenis, keesokannya anda jogging di taman sembari mengisi waktu luang. Jika tujuan anda adalah mengisi waktu luang, bersosialisasi, dan mencari kesenangan, latihan spontan mungkin cukup. Namun, jika tujuan anda adalah menurunkan berat badan, membakar lemak, atau membentuk otot, diperlukan perencanaan dan pelaksanaan yang lebih mendalam.

Anda bisa mulai dengan merencanakan latihan sederhana, seperti bodyweight exercise di rumah atau jogging, dan mencatat semuanya seperti waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan bodyweight exercise anda atau rata-rata kecepatan jogging anda. Lalu, anda lakukan latihan ini dengan teratur dan coba meningkatkan performa anda dalam melakukan latihan ini.

4. Komitmen dan tujuan

Hidup sehat tidaklah mudah apalagi di jaman sekarang yang super sibuk setiap harinya. Maka itu, diperlukan komitmen untuk menjalaninya. Sulit untuk memiliki komitmen jika anda tidak memiliki tujuan yang jelas. Karena itu, anda perlu benar-benar memikirkan tujuan yang ingin anda capai dalam menjalani hidup sehat dan tanamkan tujuan itu dalam-dalam di hati anda.

Dengan begitu, komitmen anda dalam menjalani hidup sehat untuk mencapainya akan semakin kuat.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*