\

Gerakan Senam Jantung Sehat

Gerakan Senam Jantung Sehat
Desember 27, 2022 fitnessindonesia

Inilah Gerakan Senam Jantung Sehat yang Mudah Dilakukan

Pernahkah Anda mendengar senam jantung sehat? Seperti namanya, gerakan senam ini ditujukan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung. Pada dasarnya senam ini membantu tubuh untuk lebih cepat berkeringat dan meningkatkan detak jantung. Selain itu senam jantung sehat juga membantu meningkatkan fungsi jantung, memperkuat otot jantung serta meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. 

Tak hanya bermanfaat bagi jantung, senam jantung sehat ini juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan pembuluh darah, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko stroke, serta menjaga berat badan tetap ideal. 

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan senam jantung sehat, Anda bisa simak dibawah ini untuk ulasan terkait manfaat hingga gerakan-gerakan yang secara umum dilakukan saat senam.  

Manfaat melakukan senam jantung sehat

Jantung adalah olahraga vital yang sangat amat perlu untuk dijaga. Tugas utama jantung sendiri adalah memompa darah lantas mengalirkannya keseluruh tubuh lewat ribuan pembuluh darah. Sayangnya banyak yang abai dengan hal ini. Banyak orang yang tidak peduli dengan kesehatan jantungnya, dan hal ini jelas akan merugikan dirinya sendiri bukan? 

Nah, karena kesehatan itu mahal, maka lebih baik mencegahnya bukan? Oleh karena itu meskipun tidak suka, ada baiknya terus mencoba melakukan olahraga kardio. Ketika Anda merutinkan kebiasaan ini, dijamin Anda akan merasa lebih segar dan mampu terhindari dari risiko berbagai penyakit berbahaya. 

Lantas bagaimana gerakans senam sehat jantung atau senam kardio? Berikut  beberapa  gerakan yang bisa Anda lalukan dirumah tanpa pelatih:

  1. Mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh
    Ketika Anda teratur dalam melakukan senam kardio atau senam jantung sehat, maka jantung akan bekerja untuk meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kecil di sekitarnya. Khususnya ditempat penyumbatan atau timbunan lemak yang menumpuk.
    Selain itu tubuh juga akan lebih banyak memiliki koneksi dengan pembuluh darah kecil yang artinya darah dalam tubuh kita akan memiliki banyak cara untuk bisa mengalir lancar ke seluruh tubuh. 
  2. Tubuh lebih segar tidak mudah lelah
    Melakukan senam kardio secara rutin tentu saja akan membawa dampak yang berangsur-angsur karena tubuh membutuhkan waktu untuk penyesuaian. Setelah rutin mengerjakan senam kardio, Anda akan merasakan tubuh yang tidak mudah lelah dan lebih segar. Hal ini dipengaruhi oleh kian cepatnya tubuh dalam menarik oksigen dari darah ketika latihan senam diadakan. 
  3. Menurunkan kolesterol
    Pola hidup yang buruk dan mengonsumsi makanan berlemak menjadi salah satu hal yang akan meningkatkan risiko penyakit kolesterol. Namun hal tersebut bisa diminimalisir dengan berolahraga secara teratur. 
  4. Mengurangi dan menurunkan risiko penyakit stroke, jantung serta diabetes
    Seorang yang rutin melakukan senam kardio, maka risiko terkena penyakit kronis seperti jantung, diabetes atau stroke bisa berkurang. Olahraga yang teratur juga disebut mampu menjaga kadar gula dalam darah. 
Baca Juga  Apakah Program Latihan Anda Efektif Cek Disini Bagian 2

Diatas adalah beberapa manfaat melakukan senam kardio atau senam jantung sehat. Jadi, yuk rutinkah olaharaga agar tubuh utamanya jantung bisa kian kuat. 

Variasi gerakan senam jantung sehat yang umum dilakukan

Sama halnya seperti senam pada umumnya, senam jantung sehat terdiri dari beberapa gerakan senam kardio dasar dan aerobic yang dirangkai menjadi satu. Gerakannya beragam dari yang intensitas ringan, sedang hingga berat. Lebih jelasnya berikut beberapa gerakan senam jantung sehat yang cukup mudah diikuti secara mandiri dirumah masing-masing. 

  1. Jogging di tempat
    Gerakan jogging di tempat disebut sebagai gerakan pemanasan yang sangat tepat untuk meningkatkan detak jantung. Anda bisa melakukan gerakan ini selama 30-60 detik. Nah, jika gerakan jogging dirasa sudah membosankan, maka Anda bisa memvariasikannya dengan menambah gerakan lain seperti mengangkat tumit ke arah bokong, mengangkat lutut ke arah dada, atau gerakan memutar lengan.
  2. Jumping jacks
    Gerakan ini dimulai dari posisi kaki yang rapat dengan tangan dalam keadaan lurus disamping badan. Setelah itu lompatlah sambil kaki dibuka selebar bahu dan tangan mengatup keatas kepala. Jika bosan, tambahkan variasi gerakan lain seperti memulai gerakan dari posisi squat atau setengah jongkok. 
  3. Squat jump
    Gerakan ini dimulai dari posisi tubuh yang berdiri tegak. Setelah masuk hitungan posisi kemudian berubah menjadi jongkok. Ketika posisi jongkok, pastikan punggung lurus 45 derajat dan pantat diposisikan seperti duduk. Setelah itu lompat dan kembali mendarat dalam posisi jongkok . 
  4. Mountain Climbers
    Gerakan senam sehat jantung ini masuk kategori gerakan yang cukup intens. Jadi mulailah secara bertahap sesuai dengan kemampuan Anda. Pertama, posisikan tubuh dalam keadaan push-up. Pastikan punggung dan kedua siku lurus. Setelah itu mulailah gerakan mengangkat lutut ke arah dada bergantian. 
  5. Burpees
    Ini adalah gabungan gerakan dari melompat, squat serta push up. Gerakan ini dimulai dari posisi kaki yang terbuka selebar bahu. Lantas kemudian berubah posisi menjadi jongkok sambil meletakkan tangan di lantai. Setelah itu luruskan kaki ke belakang, posisikan seperti push up. Terakhir kembali ke posisi jongkok dan lompatlah untuk berada di posisi semula. 
  6. Mengangkat tangan di atas kepala
    Untuk membantu meningkatkan detak jantung, salah satu cara yang mudah dengan mengangkat tangan dan menempatkannya di atas kepala. Gerakan ini dimulai dari posisi tubuh yang berdiri tegak. Setelah itu tangan lurus diangkat ke atas kepala. Kemudian angkat lutut Anda dan ulangi pula hal serupa pada sisi lainnya. Terakhir, turunkan tangan ketika lutut diturunkan. 
  7. Kickboxing
    Gerakan ini seperti namanya, tinju. Gerakan senam jantung sehat ini akan membuat Anda menggerakkan seluruh bagian tubuh mulai dari tangan, lengan, perut, pinggang hingga bagian kaki. Gerakan ini bisa dimulai dari memposisikan tubuh dalam keadaan berdiri tegak. Setelah itu pukul sisi kiri dengan memutar arah kaki sebelah kanan. Ulangi gerakan ini minimal 10x untuk satu sisinya. 
  8. Pemanasan
    Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan dalam senam jantung sehat adalah pemanasan. Pemanasan memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti membantu meregangkan otot, melemaskan tubuh yang kaku, serta mengurangi stress akibat kelelahan. Dalam senam jantung sehat, ada beberapa gerakan peregangan yang bisa dicoba, berikut diantaranya:
  • Heart Opening Stretches
    Gerakan ini bisa dilakukan baik dalam keadaan duduk atau berdiri. Caranya, pertama kali Anda harus memposisikan kedua telapak tangan untuk saling berkaitan di belakang punggung. Setelah itu tarik dan buka bagian dada dengan menggerakkan kedua telapak tangan untuk menarik bahu kebelakang.  
  • Heart Stretching Power Pose
    Ini adalah salah satu gerakan yang mudah dilakukan secara mandiri. Anda cukup meraih lengan dan arahkan secara diagonal lantas tarik dan lengkungkan punggung Anda. 
  1. Latihan kekuatan
    Setelah Anda selesai melakukan gerakan-gerakan diatas, selanjutnya lakukanlah gerakan untuk melatih kekuatan otot tubuh. Adapun beberapa gerakan tersebut antara lain:
  • Latihan duduk berdiri
    Gerakan ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Gerakannya juga sangat sederhana, cukup duduk dan berdiri. Ulangi gerakan ini minimal 10 kali. 
  • Gerakan menguatkan otot
    Untuk menguatkan otot posisikan kaki sedikit jongkok, dan goyangkan pantat ke kanan dan kiri.
Baca Juga  Full Body Workout, Kelebihan dan Manfaatnya

 

Bagaimana cara agar senam jantung sehat bisa maksimal?

Senam ditujukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun alih-alih sehat, keliru dalam melakukan gerakan senam juga bisa membuat tubuh terasa sakit dan lelah. Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar senam Anda bisa maksimal. 

  1. Mulai lakukan pemanasan sekitar 10 menit. Pemanasan bermanfaat untuk mencegah cedera, melemaskan otot serta meningkatkan aliran darah. 
  2. Akhiri senam dengan pendinginan selama kisaran 10 menit. 
  3. Lakukan senam jantung sehat secara rutin minimal 5 kali dalam seminggu dengan tiap sesi sekitar 30 menit. 
  4. Lakukan senam sehat jantung secara rutin 
  5. Agar lebih bersemangat, Anda bisa menambahkan music ketika melakukan senam. 

Selain rutin melakukan senam jantung sehat, terapkan pola hidup sehat dan selalu lakukan aktivitas fisik santai minimal 30 menit dalam sehari. Misalnya bersepeda, menaiki tangga, berenang, berjalan cepat, dan lain sebagainya. 

Catatan tambahan, jika Anda hendak memulai senam jantung sehat atau Anda telah lama tidak berolahraga, baiknya konsultasikan kedokter sebelum Anda memulai senam. Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi, jantung, radang sendi, paru-paru atau diabetes.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*