5 Prinsip Dasar dan Mutlak Mencapai Bentuk dan Berat Badan Ideal Anda

5 Prinsip Dasar dan Mutlak Mencapai Bentuk dan Berat Badan Ideal Anda
August 30, 2018 fitnessindonesia
prinsip dasar berat badan ideal

Zaman sekarang ini, begitu banyak tips-tips di bidang nutrisi, baik dalam hal menurunkan berat badan maupun dalam membentuk otot, sehingga sangat sulit untuk memilah-milah mana yang perlu dan harus dilakukan, mana yang tidak terlalu penting, mana yang didukung dengan dasar teori ilmiah yang kuat, dan mana yang tidak. Ditambah lagi, semakin banyak tips-tips yang aneh-aneh hanya untuk membuat heboh (“hype”), yang meledak (semua orang melakukannya) dalam hitungan bulan sebelum menghilang (semua orang melupakan dan berhenti melakukannya).

Karena itu, kali ini, saya akan berikan 5 prinsip dasar yang sangat-sangat mendasar, yang mutlak perlu diikuti (Jadi, bila ada “metode” atau “tips/cara” lain yang dikeluarkan oleh “para ahli” yang menyalahi salah satu dari prinsip ini, yakinlah kalau itu hanyalah sekedar “hype” atau ditujukan untuk membuat heboh – sesuatu yang baru dan berbeda cenderung membuat heboh).

Karena sifatnya yang sangat mendasar, saya yakin anda sudah pernah mendengarnya karena saya memang tak mencoba membuat heboh dan semacamnya. Kelima prinsip dasar ini sudah bertahan menghadapi ujian waktu (sudah bertahun-tahun dan sampai sekarang, orang-orang yang sukses menuai hasil dari dietnya menjalani kelima prinsip ini).

Prinsip Dasar Menurunkan Berat Badan

1. Pastikan energi/kalori yang masuk dari makanan/minuman lebih rendah daripada energi/kalori yang anda butuhkan/keluarkan untuk aktifitas anda sehari-hari.

2. Tingkatkan konsumsi protein dan serat secara hal ini akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Pada akhirnya, menurunkan konsumsi kalori dari makanan/minuman jadi lebih mudah tercapai .Plus, serat juga bermanfaat bagi kesehatan anda secara umum, sementara protein akan membantu anda menjaga massa otot anda dari penyusutan.

3. Pilih diet yang realistis dan bisa anda ikuti dalam jangka panjang, bukan hanya beberapa bulan saja. Banyak orang mengikutinya bukan berarti diet tersebut cocok untuk anda (“Sedang heboh” bukan berarti pasti pas untuk anda).

4. Konsumsi berbagai variasi makanan untuk menghindari terjadinya defisiensi zat nutrisi tertentu. Jadi, kalau ada diet atau metode atau tips yang sangat-sangat membatasi pilihan makanan anda (beras merah, brokoli, dan dada ayam rebus sepanjang hari, setiap hari misalnya), anda tahu apa yang perlu anda lakukan – anggap angin lalu saja.

5. Berhubungan dengan poin nomor 3, begitu anda sudah berhasil menurunkan berat badan anda dan mencapai tujuan anda, pola makan anda perlu tetap dijaga. Jika anda kembali ke kebiasaan makan lama anda, anda akan kembali mendapatkan berat badan yang telah anda turunkan (mungkin lebih).

5 Prinsip Dasar Hypertrophy (Meningkatkan massa otot)

1. Berbalik daripada prinsip menurunkan berat badan, pastikan anda berada di kondisi surplus energi, dimana pemasukan energi dari makanan/minuman harus lebih tinggi daripada pengeluarannya (dari latihan dan aktifitas sehari-hari lainnya) untuk membentuk massa otot baru. Jadi, bila ada “seorang ahli” yang klaim bahwa anda bisa membentuk otot selagi menurunkan berat badan/sambil membakar lemak, tahulah anda siapa “ahli” itu – yang pasti bukan seorang ahli.

2. Konsumsi 2-3 gram protein per kilogram berat badan per hari. Banyak? Memang tapi ini tak bisa ditawar. Ingat, protein penting untuk reparasi dan pembentukan otot. Saya yakin anda sudah tahu itu lama. Dan tenang saja, konsumsi protein tinggi tidak sebahaya yang anda kira untuk ginjal.

3. Idealnya, waktu makan diatur agar dekat dengan sebelum dan sesudah latihan untuk mempercepat proses pembentukan otot dan pemulihan, yang penting untuk sesi latihan berikutnya.

4. Berhubungan dengan nomor 1 dan 3, makan banyak tidak sama dengan makan “gila-gilaan” dan sepuasnya. Memang dengan makan junk food sepanjang hari, poin nomor 1 akan tercapai, tapi tujuan anda mungkin tak akan tercapai.

5. Suplementasi tidak bisa menyelamatkan anda dari pola makan/diet yang kacau dan seharusnya hanya digunakan begitu diet dan latihan anda berjalan dengan tepat. Jadi, tahu ‘kan jawaban akan pertanyaan “Suplemen apa yang bagus untuk membentuk otot bagi pemula?”?

Demikian 5 prinsip dasar yang kebenaran dan keefektifannya telah teruji waktu. Jadi, apapun tujuan anda, pastikan anda mengikuti 5 prinsip dasar ini, sebelum anda mulai mencoba hal-hal lain yang terdengar “baru” atau “keren”. Singkatnya, bila apa yang anda dengar menyalahi 5 prinsip dasar ini, pikirkan lagi!

PS: Agar anda tidak kelewatan tips dan info mengenai pola diet yang efektif, tidak saja dalam menurunkan berat badan atau membentuk otot, tapi juga meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup anda secara umum, pastikan anda subscribe ke newsletter Fitness Indonesia dengan mengisi nama dan email anda di kotak yang tersedia di sisi kanan layar komputer anda. Tak ketinggalan, dengan subscribe diri anda, anda mendapatkan kesempatan untuk menggunakan promosi-promosi eksklusif dari Fitness Indonesia khusus untuk para subscriber.

Untuk program diet yang efektif, efisien, dan dijamin berhasil dalam membawa anda ke berat dan bentuk badan yang ideal untuk anda dan juga meningkatkan kualitas hidup anda, segera daftarkan diri anda ke salah satu program gym atau program online kami. Sementara untuk suplemen diet Pharmaceutical Grade merk #1 di USA, silahkan lihat katalog suplemen kami.

PPS: Artikel ini berguna untuk anda? Anda mempelajari info baru dari artikel ini? Jika iya, saya mohon agar anda share artikel ini di akun twitter atau facebook anda! Pastikan teman dan keluarga anda juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan info baru dari artikel ini.

Salam,

Coach Tobias (@CoachTobiasIndo) – 0878-8410-3904/2A9F0CF0

Fitness Indonesia – “The Indonesia’s Only Fitness Service Provider with 30-Day Money Back Guarantee

Fitness Indonesia – We Deliver Excellent Results with Commitment

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*