Awas! Smith Machine Bikin Anda Bodoh (Bagian 1)

Awas! Smith Machine Bikin Anda Bodoh (Bagian 1)
May 30, 2018 fitnessindonesia
Smith Machine Untuk Fitness

Bagi klien-klien Fitness Indonesia, mudah untuk menebak kalau saya bukanlah penggemar Smith Machine. Dan memang benar! Saya sama sekali bukanlah penggemarnya. Sebagai pemilik dan pengelola gym, sama sekali tidak terlintas di benak saya untuk menyediakan alat tersebut di gym saya. Karena itulah, jika anda memilih untuk berlatih di gym milik Fitness Indonesia, di bawah pengawasan saya langsung, jangan harap anda akan menemukan Smith Machine di dalamnya atau menggunakannya di dalam program training kita. Sebagai fitness coach, tak akan pernah saya menyarankan siapapun untuk menggunakan Smith Machine untuk tujuan apapun.

Kenyataannya, Smith Machine, tidak seperti anggapan orang dan pernyataan para trainer lain pada umumnya, selain sangat-sangat tidak berguna dan (dari sisi pengelola gym) sangat mahal, sangatlah berbahaya untuk anda, seperti yang Charles Poliquin katakan: “Smith Machine is only for dorks!” (Terjemahan: Smith machine hanya untuk orang bodoh!).  Jadi, menggunakan Smith Machine memang membuat anda bodoh, secara alat tersebut hanya untuk orang bodoh. Jangan menjadi salah satunya!

Mengapa penggunaan Smith Machine begitu bahaya dan tak berguna, atau dalam bahasa Charles Poliquin, begitu bodoh? Di bawah adalah detailnya yang saya ambil langsung dari jawaban Charles Poliquin di forum khusus para Poliquin Certified Fitness Coach di seluruh dunia.

Pertanyaannya adalah: “Saya tahu penggunaan Smith Machine bukanlah hal yang patut dipromosikan sebagaimana diketahui oleh semua orang disini, saya yakin. Tapi, apa pendapat anda mengenai alat ini”

 

Smith Machine Secara Umum

Berikut adalah jawaban dari Charles Poliquin:

“Jujur, saya tidak berpikir banyak soal Smith Machine. Kenyataannya, ketika saya mendesain sebuah ruang angkat berat untuk sebuah gym, saya tidak akan pernah membeli Smith Machine. Salah satu alasan mengapa Smith Machine mendapatkan begitu banyak publikasi dari majalah-majalah adalah karena alat tersebut memiliki penampilan menarik, tapi kalau soal fungsi, nilainya adalah 0 besar. Saya malah kadang berpikir kalau mungkin Smith Machine diciptakan oleh seorang terapis yang menginginkan lebih banyak klien untuk dirinya sendiri”

Smith Machine Untuk Bench Press dan Shoulder Press Menurut Charles Poliquin

“Apa yang anda kira sebuah keuntungan dari Smith Machine, pada kenyataannya adalah sebuah kerugian yang sangat besar. ‘Keuntungan’ ini pada kenyataannya hanyalah berjangka pendek, karena pada Smith Machine, beban akan distabilkan untuk anda, sehingga gerakan anda menjadi 1 dimensi. Namun, bahu anda beroperasi secara 3 dimensi. Jadi, jika anda menggunakan Smith Machine, tak ada stabilisator bahu yang akan digunakan secara maksimal.”

Alat Fitness Murah

Letak Otot Rotator Cuff

“Contohnya, otot rotator cuff tidak perlu diaktifkan sebanyak seharusnya karena arah gerakan beban sudah ditentukan sesuai dengan relnya. Hal ini menyebabkan masalah apabila seseorang kembali menggunakan beban biasa seperti dumbbell atau barbell. Ketika hal itu terjadi, orang ini akan berada di lingkungan 3 dimensi, sebagaimana kehidupan nyata seharusnya (Hidup kita adalah lingkungan 3 dimensi dan tidak akan pernah, dalam situasi apapun, kecuali jika anda menggunakan Smith Machine, menjadi 1 dimensi). Karena Smith Machine hanya melatih orang ini untuk berkembang secara 1 dimensi, berlatih dengan beban biasa dalam lingkungan 3 dimensi akan menghadapkan dia dengan resiko cedera pada 2 dimensi sisanya.”

“Singkatnya, Smith Machine adalah alat gym untuk dork. Jika anda mencari latihan aman dan efektif dalam jangka panjang, anda akan sangat lebih diuntungkan dengan bertahan pada dumbbell dan barbell standar”

Di forum yang sama, Charles Poliquin juga sangat berbaik hati untuk berbagi pengetahuannya soal Smith Machine yang dia dapatkan dari seorang fitness coach elit tingkat dunia lainnya, seorang Exercise Prescription Specialist dari San Diego bernama Paul Chek. Tak ketinggalan, dia juga membahas bagaimana Squat dengan Smith Machine dan dengan barbell biasa akan memberikan efek yang jauh berbeda.

Pastikan anda tidak ketinggalan kelanjutan dari info berharga dari 2 fitness coach elit tingkat dunia ini dengan subscribe ke newsletter mingguan Fitness Indonesia. Sampai bagian keduanya di post, jauhkan diri anda dari kebodohan, dengan menghindari Smith Machine!

PS: Agar anda tidak kelewatan bagian kedua, serta tips dan info-info latihan yang aman dan efektif lainnya, pastikan anda subscribe ke newsletter Fitness Indonesia dengan mengisi nama dan email anda di kotak yang tersedia di sisi kanan layar komputer anda. Tak ketinggalan, dengan subscribe diri anda, anda mendapatkan kesempatan untuk menggunakan promosi-promosi eksklusif dari Fitness Indonesia khusus untuk para subscriber.

Untuk program latihan yang aman, efektif, dan pasti berhasil dalam membantu anda mencapai bentuk badan ideal anda, segera daftarkan diri anda ke salah satu program gym atau program online kami.

PPS: Artikel ini berguna untuk anda? Anda mempelajari info baru dari artikel ini? Jika iya, saya mohon agar anda share artikel ini di akun twitter atau facebook anda! Pastikan teman dan keluarga anda juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan info baru dari artikel ini.

Salam,

Coach Tobias (@CoachTobiasIndo)

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*