13 Tips Membakar Lemak – Tanpanya Anda Pasti Gagal

13 Tips Membakar Lemak – Tanpanya Anda Pasti Gagal
June 29, 2018 fitnessindonesia
tips membakar lemak

Saya tidak akan banyak basa-basi disini. Di blog post ini, saya akan memberikan anda 13 tips membakar lemak yang saya gunakan secara pribadi untuk menahan kadar lemak tubuh saya di bawah 8% sepanjang tahun dan untuk klien-klien saya yang memiliki tujuan membakar lemak. Jadi, tanpa menunda lebih lanjut, berikut adalah 13 tips tersebut (6 tips pertama adalah tips olahraga yang tepat untuk membakar lemak, sementara 7 tips berikutnya adalah tips cara makan yang tepat untuk membakar lemak).

Tips #1: Gunakan Exercise Multi-Joint Ketika Latihan Beban

Beberapa contohnya adalah berbagai macam squats (bukan half squats tapi full squats), deadlift, barbell/dumbbell press, chin-up/pull-up, dan dips. Bingung bagaimana cara melakukannya? Simak peragaan dan penjelasannya langsung oleh saya sendiri.

Hindari gerakan atau exercise isolasi seperti exercise yang menggunakan mesin atau memiliki kata curl di namanya seperti bicep curl atau leg curl.

Tips #2: Gunakan Protokol Hypertrophy Untuk Latihan Beban

Maksudnya, gunakan beban 70-85% beban maksimal anda dengan 8-12 repetisi setiap setnya. Ulangi hal ini untuk setiap exercise atau gerakan sebanyak minimal 4 set

Tips #3: Batasi Waktu Istirahat di Antara Set

Batasi waktu istirahat di antara set anda selama 10-60 detik untuk memicu produksi growth hormone maksimal dari tubuh anda. Memaksimalkan produksi growth hormone merupakan cara membakar lemak yang sangat ampuh.

Tips #4: Fokuskan Diri Pada Latihan Beban Ketimbang Latihan Kardio

Latihan beban akan menjaga metabolisme anda untuk tetap tinggi, sehingga pembakaran lemak bisa terjadi secara jangka panjang dan berkesinambungan.

Tips #5: Lakukan Kardio, tapi Jangan Berlebihan

Walaupun kardio penting dalam pembakaran lemak, jangan sampai anda melakukannya secara berlebihan. Batasi sesi latihan kardio anda di bawah 1 jam, serta pastikan latihan kardio tidak mengganggu performa anda ketika latihan beban. Ingat tips #4 di atas

Tips #6: Ikuti Program Latihan Bakar Lemak yang Tepat

Kadang, masalahnya bukan pada tingkat usaha dan komitmen anda yang tidak cukup, melainkan pada program latihan anda yang kurang tepat. Tidak heran jika fitness model elit tingkat dunia selalu memiliki coach atau mentor yang memastikan program latihan mereka tepat. Pastikan anda memberikan usaha anda di program latihan yang tepat.

Tips #7: Batasi Makanan-Makanan Terproses dan Ber-Trans-Fat

Seperti makanan kaleng, margarine, atau goreng-gorengan. Semuanya adalah makanan yang bisa Tidak bisa hidup tanpa mereka semua? Hanya dilebih-lebihkan, nenek moyang kita bertahan ribuan tahun tanpa semuanya. Minimal, kita pasti bisa membatasinya.

Tips #8: Makan Makanan Berlemak Sehat

Penelitian mengatakan orang-orang dengan 20% kalori harian berasal dari lemak memiliki kadar hormon dan kadar lemak yang lebih sehat dibandingkan dengan orang-orang dengan kalori harian dari lemak kurang dari 20%.

Tips #9: Konsumsi Makanan Dengan Antioksidan Tinggi

Antioksidan merupakan zat dalam makanan yang membantu anda membakar lemak dengan alami. Beberapa di antaranya adalah buah beri, brokoli, kembang kol, dan ceri.

Tips #10: Hindari Alkohol, Jus, Soda, dan Minuman Energi

Semuanya justru meningkatkan kebutuhan anda akan air. Di samping itu, semuanya mengandung kalori yang tinggi tanpa gizi dan nutrisi yang tinggi. Ditambah lagi, tidak membuat anda kenyang. Sama sekali tidak membantu anda membakar lemak, jika anda tanya saya.

Tips #11: Perhatikan Kadar Hidrasi Tubuh

Minum cukup air putih 3-4 liter/hari. Diet meningkatkan kebutuhan anda akan cairan. Satu-satunya jenis air yang ampuh menggantikan cairan tubuh, karena tidak meningkatkan kebutuhan anda akan cairan, adalah air putih.

Tips #12: Tingkatkan Konsumsi Protein

Penelitian menunjukkan peningkatkan konsumsi protein dari 15% ke 25% total kalori harian meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi kadar lemak tubuh. Di samping itu, protein juga membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Tips #13: Makan Sarapan Pagi dengan Protein Cukup

Sarapan pagi dengan protein cukup akan mengurangi rasa lapar dan menjaga rasa kenyang sepanjang hari, serta meningkatkan tingkat energi dan kinerja otak anda. Semua hal ini berkaitan erat dengan ketaatan dalam mengikuti program diet yang lebih tinggi.

Mungkin 13 tips membakar lemak ini masih belum lengkap atau belum cukup bagi anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tapi sekali lagi, setiap tips ini mutlak harus anda miliki jika anda ingin menghindari kegagalan dalam membakar lemak. Semoga membantu!

PS: Agar anda tidak kelewatan tips dan info-info latihan dan diet lainnya yang juga ampuh untuk membakar lemak, pastikan anda subscribe ke newsletter Fitness Indonesia dengan mengisi nama dan email anda di kotak yang tersedia di sisi kanan layar komputer anda. Tak ketinggalan, dengan subscribe diri anda, anda mendapatkan kesempatan untuk menggunakan promosi-promosi eksklusif dari Fitness Indonesia khusus untuk para subscriber.

Untuk program latihan yang efektif dan dijamin berhasil untuk membakar lemak, segera daftarkan diri anda ke salah satu program gym atau program online kami.

PPS: Artikel ini berguna untuk anda? Anda mempelajari info baru dari artikel ini? Jika iya, saya mohon agar anda share artikel ini di akun twitter atau facebook anda! Pastikan teman dan keluarga anda juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan info baru dari artikel ini.

Salam,

Coach Tobias (@CoachTobiasIndo)

Main Picture: © Idrutu | Stock Free Images &Dreamstime Stock Photos

1st Picture: © Tadija | Stock Free Images &Dreamstime Stock Photos

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*