Latihan Angkat Beban

Latihan Angkat Beban
December 13, 2019 fitnessindonesia

Melakukan latihan angkat beban merupakan cara menurunkan berat badan dengan cepat. Dengan melatih otot akan membantu proses pembakaran lemak dan kalori pada tubuh, sehingga efektif untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan. Melakukan latihan angkat beban juga bermanfaat membentuk postur tubuh lebih baik. 

Untuk merasakan manfaat tersebut, kalian perlu memperhatikan bagaimana melakukan latihan angkat beban. Karena jika salah, akan mengakibatkan risiko cedera. Untuk itu, simak cara melakukan latihan angkat beban yang aman; ikut juga program Personal Trainer Kebayoran

  1. Pemanasan

Sebelum melakukan latihan angkat berat, alangkah baiknya untuk memanasakan tubuh dan otot terlebih dahulu. Lakukan pemanasan dengan benar dan secara perlahan.

Pemanasan yang dapat kalian lakukan sebelum latihan angkat beban adalah Jogging atau treadmil. Dengan begitu, kalian melatih jantung untuk memompa lebih cepat. Sehingga, tubuh kalian tidak akan kaget saat melakuakn latihan angkat beban.

Setelah tubuh kalian panas, lakukan streching kecil agar otot – otot tubuh kalian meregang. Hal ini berguna untuk menghindari risiko cedera pada jaringan otot.

2. Mengatur Napas

Atur napas setelah melakukan pemanasan. Hal ini berguna untuk mengatur energi yang ada di dalam tubuh, sehingga saat melakukan latihan angkat beban, kalian tidak mudah lelah.

Atur napas hingga stabil bermanfaat untuk meningkatkan stamina saat berolahraga ataupun latihan angkat beban. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap untuk melanjutkan latihan selanjutnya.

3. Mulailah dari alat yang lebih mudah

Walaupun kalian sudah melakukan pemanasan, bukan berarti kalian dapat langsung mencoba alat yang lebih sulit. Kalian perlu melakukan sesuai step yang sesuai. Hal ini untuk menghindari risiko cedera. Selain itu, latihan angkat beban kalian akan lebih optimal.

Memulai latihan angkat dari yang lebih mudah bermanfaat untuk memanaskan otot – otot sebelum mengangkat beban yang lebih berat. Sehingga otot – otot tidak akan kaget atau mengalami trauma jaringan otot.

4. Tentukan berapa banyak repitisi

Repitisi berguna untuk menguatkan otot – otot yang di latih. Walaupun begitu, kalian tetap harus menentukan berapa banyak repitisi untuk setiap gerakan, dan berikan porsi yang tepat. Dengan begitu, latihan angkat beban kalian akan bermanfaat.

5. Lakukan setiap gerakan sampai tuntas

Setiap gerakan yang kalian lakukan dianjurkan lakukan sampai tuntas. Hal tersebut akan lebih optimal dan aman untuk melatih otot. Jika, kalian hanya melakukan setengah – setengah otot hanya berasa pegang atau kalian dapat mengalami cidera.

6. Istirahat

Walaupun kalian tidak merasa lelah, tapi dianjurkan untuk tetap istirahat selama 30 – 90 detik setelah melakuakn 1 set atau gerakana. Hal ini berguna untuk mengedapkan proses latihan otot, dan memberikan rehat sebentar untuk otot agar dapat melakukan gerakan selanjutnya.

 

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*