Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Pandemi

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Pandemi
Maret 10, 2021 fitnessindonesia

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Pandemi Berlangsung

Di masa pandemi virus corona, menjaga kebugaran merupakan salah satu kebutuhan yang harus diperhatikan. Terlebih dalam masa seperti sekarang ini masyarakat cenderung lebih banyak berdiam diri di rumah. Oleh sebab itu, sudah selayaknya bagi kita untuk menjaga kebugaran agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk virus corona. Sudah tahukah Anda apa saja tips menjaga kebugaran tubuh saat pandemi?

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Pandemi 

Dokter spesialis fisik dan rehabilitasi, Stephanie Theodora Sp.KFR, Siloam Hospitals Balikpapan, menungungkapkan bahwa menjaga kebugaran tubuh di masa pandemi covid-19 sangatlah penting untuk diperhatikan. Dikutip dari laman Beaumont.org, berikut ini 6 tips menjaga kebugaran tubuh saat pandemi:

  1. Hindari stress dan berpikir positif

Tips menjaga kebugaran tubuh saat pandemi yang pertama adalah menghindari stress dan selalu berpikir positif. Menurut spesialis penyakit dalam asal Amerika Serikat, dr Mateo Valenti, mengurangi stess merupakan salah satu hal penting untuk menjaga kondisi kesehatan. Melakukan aktifitas seperti olahraga, ibadah atau meditasi bisa membantu menjernihkan pikiran agar tubuh bisa beristirahat.

Di samping itu, pola pikir bisa mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Dengan berpikir positif akan menjadi kunci utama dalam pengelolaan stess yang nantinya akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya usia harapan hidup yang lebih panjang, tidak mudah sakit, dapat berpikir secara kreatif, tingkat depresi yang rendah, daya konsentrasi dan kemampuan memori yang lebih tinggi.

2. Tidur yang cukup

Kebanyakan dari kita mungkin masih menyepelekan kebutuhan untuk tidur. Padahal sebenarnya memenuhi kebutuhan untuk tidur merupakan salah satu tips menjaga kebugaran tubuh saat pandemi. Tidur yang cukup memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan daya ingat, meningkatkan sistem imun dalam tubuh serta pengendalian nafsu makan.

Bagi orang dewasa, intensitas tidur yang dibutuhkan yaitu 7-8 jam sehari. Adapun untuk anak-anak membutuhkan durasi tidur yang lebih panjang.

Namun demikian,. Usahakan untuk selalu memperhatikan kualitas tidur agar tidur menjadi lebih berkualitas dan nyaman. Misalnya dengan menyetel pendingin ruangan yang tidak berlebihan ataupun mematikan lampu saat tidur. 

Menurut dr. Valenti, tidur yang berkualitas memungkinkan tubuh dapat meremajakan sel-sel serta melawan infeksi virus disertai dengan pola makan yang seimbang.

3. Konsumsi vitamin dan makan sehat

Banyak yang beranggapan bahwa berdiam diri di rumah selama masa pandemi virus corona merupakan moment yang baik bagi tubuh agar mendapatkan gizi yang seimbang. Pastikan untuk mengatur menu makanan agar tetap mencukupi unsure zat gizi lengkap dengan jumlah yang sesuai. Anda bisa menerapkan prinsip “piring makanku” untuk memenuhi kaidah gizi yang seimbang, yakni sebagai berikut:

  • Porsi setengah piring makan berisi buah dan sayur aneka warna dan jenis
  • Porsi seperempat piring makan berisi protein nabati (kacang-kacangan) dan protein hewani (ayam/ telur/ daging/ikan).
  • Porsi seperempat piring makan berisi karbohidrat kompleks seperti beras atau biji-bijian
  • Lengkapi dengan asupan minyak sehat (kedelai, zaitun, kanola, jagung). Hindari konsumsi minyak yang banyak mengandung kolesterol tinggi dan lemak jenuh.
  • Konsumsi cukup asupan air putih. Batasi dalam konsumsi susu, minum jus satu gelas/ hari serta menghindari minuman yang mengandung gula tinggi.

4. Menjaga berat badan

Dr. Wendy Miller asal Beaumont Weight Control Center, menganjurkan untuk menjaga berat badan bisa dilakukan dengan menjauhi makanan olahan misalnya keripik, kerupuk, permen, roti maupun makanan yang digoreng. Konsumsi makanan yang rendah lemak, buah dan sayur bisa membantu menjaga berat badan.

Menurut dr. Miller, mengkonsumsi makanan olahan tidak menjadikan Anda merasa kenyang, malah dapat menjadikan anada merasa ingin makan lebih banyak. Hal tersebut tentunya akan memicu naiknya berat badan. Tips menjaga kebugaran tubuh saat pandemi ini bisa menjadikan tubuh tetap sehat dan tidak malas untuk melakukan berbagai aktifitas menyehatkan seperti olahraga.

5. Berolahraga

Di situasi pandemi seperti sekarang ini, kesehatan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Salah satu cara efektif sebagai tips menjaga kebugaran tubuh saat pandemi tentunya harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan sekaligus membiasakan diri untuk melakukan olahraga supaya tubuh selalu fit.

Berolahraga di luar ruangan sekarang ini menjadi alternative yang banyak digemari, asalkan tidak dalam kerumunan. Terlebih banyak sekali ahli yang mengungkapkan bahwa sinar matahari sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan atau sistem imun dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat memberikan asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh, serta bagus untuk meningkatkan sistem imun supaya lebih efektif dalam menangkal infeksi.

Melakukan aktifitas fisik dalam durasi 30-60 menit secara teratur bisa membantu tubuh agar berfungsi dengan baik. Usahakan untuk tidak berolahraga secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan.

6. Minum air putih yang cukup

Mencukupi kebutuhan air putih juga menjadi salah satu tips menjaga kebugaran tubuh saat pandemi. Dengan tubuh yang bugar maka aliran oksigen dan darah menjadi lancar. Jika aliran oksigen dan darah dalam tubuh tidak lancar, maka tubuh akan lebih mudah lesu, lemah, lunglai dan sebagainya.

Pada umumnya, tubuh kita memerlukan 2-3 liter air. Atau dianjurkan untuk meminum minimal 8 gelas air setiap hari untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Demikian beberapa tips menjaga kebugaran tubuh saat pandemi yang bisa Anda terapkan agar badan selalu sehat dan bugar. Dengan badan yang sehat maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit maupun virus corona yang mewabah di Indonesia saat ini.

 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*