APAPUN TUJUAN ANDA, JANGAN LEWATKAN YANG SATU INI

APAPUN TUJUAN ANDA, JANGAN LEWATKAN YANG SATU INI
July 20, 2018 fitnessindonesia

Di Fitness Indonesia, tidak pernah kami mengabaikan bagian tubuh mana pun. Setiap bagian tubuh mendapatkan perhatian dari setiap program training kami. Dengan filosofi seperti ini, melatih kaki secara otomatis akan selalu menjadi bagian dari program training setiap klien kami.

Akan tetapi, filosofi ini sering mendapatkan “penolakan” atau minimal “tentangan” dari orang-orang pada umumnya, termasuk klien-klien kami. Pada umumnya, mereka tidak keberatan melatih tubuh bagian atas mereka seperti tangan, bahu, dada, perut, atau punggung. Bahkan mereka tidak sabar untuk melatih tubuh bagian atas mereka lagi. Namun, hal seperti ini tidak terjadi kalau sudah menyangkut soal melatih tubuh bagian bawah, alias kaki.

Melatih kaki merupakan sesuatu yang tidak mereka tunggu-tunggu. Ini mudah dimengerti karena melatih kaki akan jauh lebih melelahkan dibandingkan dengan ketika anda melatih tubuh bagian atas anda. Namun, program training hanya akan menjadi efektif jika latihan kaki menjadi bagiannya (penjelasan lebih lanjut di bawah). Dan karena komitmen kami di Fitness Indonesia adalah untuk selalu menyediakan program training yang efektif untuk klien-klien kami, termasuk anda, filosofi kami untuk selalu memasukkan latihan kaki ke setiap program training kami tidak bisa dikompromikan. Filosofi ini begitu melekat di Fitness Indonesia sampai-sampai Coach Tobias sendiri melatih kakinya 3 kali dalam seminggu!

“Melelahkan” merupakan salah satu alasan kenapa banyak orang menghindari atau tidak menyukai latihan kaki. Namun, alasan lain yang cukup mengkhawatirkan adalah sebagai berikut, “Coach, saya hanya ingin membentuk otot atau tone-up tubuh bagian atas saja” atau “Coach, saya hanya ingin membakar lemak di perut saya saja. Saya tidak punya masalah dengan lemak di paha atau pantat.” Dan berlanjut dengan, “Karena itu saya tidak melakukan latihan kaki.”

Alasan ini mengkhawatirkan karena untuk membentuk otot atau tone up badan bagian atas secara efektif atau membakar lemak di perut dan bagian tubuh lain, melatih kaki adalah suatu keharusan. Singkatnya, apapun tujuan anda, latihan kaki adalah salah satu kriterianya untuk mendapatkan hasil yang efektif dan maksimal.

Berikut adalah alasannya

  • Di paha kita, terdapat 2 grup otot terbesar, yaitu hamstring di bagian belakang dan quadriceps di bagian depan. Karena ukurannya, kita akan membakar kalori lebih banyak ketika kita mengkontraksi kedua grup otot ini dibandingkan dengan ketika kita mengkontraksi grup otot lainnya. Dengan membakar kalori lebih banyak, pembakaran lemak juga akan semakin banyak.Tidak hanya itu.Karena ukurannya, kita mampu mengangkat beban lebih berat ketika kita melatih kaki dibandingkan dengan ketika kita melatih tubuh bagian atas (Tidak pernah kami menemukan orang yang menggunakan beban 50kg untuk bench press tapi hanya mampu menggunakan beban 20kg untuk back squat). Karena kita menggunakan beban yang lebih berat, kita juga akan membakar kalori yang lebih banyak ketika kita melatih kaki. Hasilnya, pembakaran lemak dan penurunan berat badan yang lebih cepat.

 

  • Efek dari melatih kaki terhadap profil hormon kita juga jauh melebih efek dari melatih bagian tubuh lain. Produksi growth hormone (hormon pertumbuhan) dan hormon testosteron (dan IYA! Wanita juga memproduksi hormon testosteron dalam jumlah kecil, maksimal 3% dari produksi dalam tubuh pria) mengalami peningkatan paling besar ketika kita melatih kaki kita.Semakin banyak growth hormone di tubuh kita, semakin cepat kita akan membakar lemak dan membentuk otot karena hormon ini memiliki efek yang positif terhadap keduanya. Di sisi lain, peningkatan hormon testosterone akan mempercepat pembentukan otot.

 

Jadi, memang melatih kaki itu melelahkan tapi bukankah lebih melelahkan untuk memberikan banyak waktu dan tenaga untuk mencapai badan ideal anda tanpa mendapatkan hasil yang sebanding? Bukankah hal itu sangat mengecewakan, melelahkan, dan mem-frustasi-kan? Karena itu, hindari kekecewaan dan kefrustasian tersebut sebelum terlambat. Apapun tujuan anda, latihlah kaki anda dan dapatkan hasil yang maksimal dari setiap waktu dan tenaga yang anda berikan dalam training dan diet anda.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*