\

Tips Konsisten Nge-Gym Tiap Hari, Simak Tipsnya Berikut ini!

Tips Konsisten Nge-Gym Tiap Hari, Simak Tipsnya Berikut ini!
Januari 24, 2024 fitnessindonesia
Tips Konsisten Nge-Gym Tiap Hari

Tips Konsisten Nge-Gym Tiap Hari, Simak Tipsnya Berikut ini!

Dalam segala hal, tantangan yang paling berat adalah menjaga disiplin dan konsistensi. Ini juga berlaku bagi kamu yang berkeinginan nge-gym. Tak bisa dipungkiri jika menjaga semangat untuk rutin ketika fitness itu cukup berat. Berbagai hal bisa dijadikan sebagai alasan mulai dari badan yang terasa sakit, kelelahan, pusing hingga merasa bosan dengan latihan yang itu-itu saja. Lantas adakah cara atau tips konsisten nge-gym?

Tentu saja ada. Dibawah ini adalah beberapa diantaranya:

Manfaat fitness atau nge-gym

Manfaat Ngegym

Tips konsisten nge-gym yang paling penting adalah mengetahui manfaat dari nge-gym itu sendiri. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, berikut diantaranya:

  1. Menjaga kesehatan tulang dan otot
    Berbagai gerakan fitness mampu menjaga kesehatan tulang dan otot bahkan merangsang pembentukan otot jika dibarengi dengan konsumsi protein yang cukup. Hal ini disebabkan karena ketika kita berolahraga, tubuh meningkatkan kemampuannya untuk menyerap asam amino yang berperan dalam proses pembentukan otot.
  2. Meningkatkan energi
    Banyak orang beranggapan fitness atau nge-gym itu melelahkan. Memang awalnya membuat tubuh jadi lelah, tapi setelah itu tubuh akan jadi lebih berenergi dari sebelumnya. Tubuh yang bergerak lebih banyak akan memompa darah lebih banyak ke jantung yang juga memberikan oksigen lebih banyak ke otot. Inilah yang membuat tubuh jadi lebih berenergi.
  3. Mencapai berat badan ideal
    Manfaat yang seringkali dicari orang adalah bagaimana nge-gym bisa membuat kita mencapai berat badan ideal. Seorang yang rajin berolahraga sistem metabolisme akan kian lancar dan pembakaran kalori yang nantinya berdampak pada berat badan.
  4. Mencegah depresi
    Ketika berolahraga, hormon serotonin akan meningkat. Hormon ini berperan dalam mengatur suasana hati dan mencegah depresi. Konsisten fitness juga mampu merangsang peningkatan produksi hormon endorfin yang membuatmu lebih bahagia.
  5. Meningkatkan kualitas tidur
    Berolahraga selama 30 menit dalam sehari disebut mampu membuat tidur jauh lebih nyenyak. Peningkatan suhu tubuh yang disebabkan olahraga akan memicu senyawa kimia untuk meningkatkan dorongan tidur di malam hari.

Tips Konsisten Nge-Gym Tanpa Banyak Alasan

Bagi kamu yang saat ini mulai merasa malas untuk nge-gym, yuk simak tips konsisten nge-gym dibawah ini. Semoga adanya tips ini bisa membuatmu makin semangat!

  1. Niat
    Kegiatan apapun itu harus dilandasi dengan niat. Tak terkecuali fitness atau nge-gym. Tanpa niat kamu akan malas melakukannya. Selain niat, luruskan pula dengan apa tujuanmu nge-gym. Kombinasi keduanya saling menguatkan untuk mengalahkan rasa malas.
    Setiap kali kamu merasa malas, ingatlah tujuan atau target yang hendak kamu dapatkan. Yakinlah dengan motivasi dan disiplin yang kuat kamu akan segera merasakan hasilnya. Tak hanya mendapati badan yang bugar dan segar, kamu akan banyak mendapatkan manfaat lainnya seperti peningkatan kualitas tidur dan tidak gampang sakit.
  2. Buat tujuan yang realistis
    Kita memang bebas menentukan tujuan. Namun pastikan tujuan tersebut realistis. Misalnya tujuanmu nge-gym adalah mengurangi berat badan sebesar 10 kg dalam waktu 1 bulan. Hal ini memang mungkin dilakukan jika kamu mampu berolahraga selama 1 jam perhari. Namun bagi kamu yang baru mulai konsisten olahraga, hal ini tentu agak sulit untuk diwujudkan. Memaksakan diri tentu tak baik bagi tubuh bukan?
    Untuk itu sebaiknya buatlah tujuan atau target yang lebih masuk akal sesuai dengan kemampuan. Misalnya menurunkan berat badan selama 1 bulan dengan olahraga 2 hingga 3 kali seminggu minimal 30 menit. Di minggu pertama kamu bisa memulai olahraga misalnya dengan treadmill selama 30 menit. Lantas minggu selanjutnya kamu bisa meningkatkan durasinya dan menambahkan rangkaian latihan intensitas tinggi lainnya seperti crunch dan plank.
  3. Buatlah jadwal
    Jika kamu ingin konsisten, maka buatlah jadwal. Sesuaikan dengan aktivitas sehari-hari sehingga jadwal gym tidak bertabrakan dengan jadwal lainnya. idealnya waktu olahraga di gym dilakukan 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Nah, jika kamu saat ini belum menentukan jadwal, maka segera tentukan untuk mempermudah kedepannya.
  4. Membuat plan workout yang berbeda
    Ketika kita mulai nge-gym, fokuslah pada tujuan jangka panjang. Ingat, tujuan dari olahraga tak hanya menjadikan tubuh sehat saat ini namun juga beberapa tahun kedepannya. Jadi jangan hanya fokus pada tujuan jangka pendek.
    Untuk tujuan jangka pendek, kamu bisa membuat plan workout yang berbeda tiap bulannya. Misal dalam bulan ini kamu memiliki menu leg day yakni leg extension, barbell split squat, leg press dan barbell squat, lantas bulan selanjutnya berganti dengan bulgarian split squat, single leg press, leg extention, dan superseat barbell squat + calf raises.
  5. Carilah tempat gym yang terjangkau
    Ada banyak alasan untuk tidak konsisten nge-gym, salah satunya karena lokasi atau harga. Lokasi yang terlalu jauh dari rumah atau tempat kerja seringkali membuat kita malas berangkat. Apalagi jika tempat gym mu berada di kawasan padat yang sering macet.
    Selain lokasi, harga juga berpengaruh. Sebaiknya pilihlah tempat nge-gym yang harganya terjangkau sesuai dengan kantongmu mengingat latihan ini tak hanya dilakukan sekali dua kali namun rutin hingga waktu yang tak ditentukan.
  6. Carilah teman
    Sendirian pasti membuat canggung. Apalagi jika ini baru pertama kalinya. Oleh sebab itu, cobalah ajak teman. Memiliki teman dengan motivasi yang sama akan membuatmu semangat untuk latihan. Misal ketika kamu sedang malas, temanmulah yang akan bertindak sebagai alarm otomatis yang akan mengingatkan dan memotivasimu untuk berangkat latihan. Begitupun sebaliknya.
  7. Melakukan latihan bertahap
    Seseorang yang baru mulai latihan fitness umumnya lebih bersemangat bahkan memaksa untuk berolahraga melebihi batas kemampuannya. Sebagai catatan, jangan pernah lakukan hal ini. Berolahragalah sewajarnya dan lakukan secara bertahap agar tubuh tidak kaget. Misalnya di minggu pertama latihan dilakukan selama 15 menit. Minggu selanjutnya tingkatkan menjadi 20 menit. Lakukan hal yang sama untuk minggu selanjutnya. Jangan lupa untuk konsultasikan latihanmu dengan instruktur.
  8. Menentukan pola latihan
    Salah satu alasan seseorang mulai malas ke gym adalah bosan. Misalnya setiap kali nge-gym kamu hanya berlari diatas treadmill selama berjam-jam selama berminggu-minggu. Awalnya mungkin ini nampak menyenangkan, namun lambat laun pasti bosan. Untuk mengantisipasi kebosanan, cobalah untuk membuat jadwalmu lebih berwarna. Cobalah latihan yang lain atau konsultasikan dengan instruktur untuk variasi latihan yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  9. Ketahui perkembanganmu
    Tips konsisten nge-gym selanjutnya adalah mencatat perkembangan. Jadi tandailah hari setiap kali kamu berangkat ke gym. Catat apa saja olahraga yang kamu lakukan dan apa saja perkembangan yang sudah kamu dapatkan.
    Saat ini di Play Store sudah banyak aplikasi kebugaran yang akan membantumu dalam pencatatan. Rutin mencatat akan membuatmu kian termotivasi menuju target impianmu.
  10. Fokus pada diri sendiri
    Setiap orang tentu memiliki perkembangannya sendiri-sendiri. Jadi jika kamu mendapati seseorang yang perkembangannya lebih cepat, lebih bugar dan lebih fleksibel dibandingkan dengan dirimu, janganlah pesimis. Fokuslah pada dirimu sendiri dan tujuanmu. Olahraga ini bukan tentang orang lain namun tentang kamu dan untuk dirimu pula.
  11. Membeli suplemen dan susu diawal
    Seorang yang baru mengawali nge-gym biasanya tak hanya semangat menjalani latihan namun juga semangat membeli suplemen atau susu. Nah, hal ini bisa kamu jadikan pemantik ketika kamu mulai malas latihan. Ingat, untuk mencapai tujuanmu kamu telah mengeluarkan banyak uang dan waktu jadi manfaatkanlah sebaik mungkin kesempatan ini.
  12. Siapkan musik favoritmu
    Berolahraga sambil mendengarkan musik adalah salah satu hal yang paling digemari. Musik mampu menghantarkan gelombang motivasi ke otak yang membuatmu jadi lebih percaya diri.
  13. Berikan reward pada diri sendiri
    Ketika kamu telah mencapai target, berilah reward kepada dirimu sendiri. Misalnya lagu baru, baju baru, pijatan atau apapun itu yang membuatmu bahagia.
Baca Juga  Pola diet yang benar

Itulah beberapa manfaat dan tips konsisten nge-gym yang bisa kamu lakukan. Kesimpulannya, nge-gym memiliki banyak manfaat sehingga sangat sayang jika kamu hanya melakukannya sekali atau dua kali. Konsistenlah dan raih targetmu. Bila masih pemula, konsultasikanlah semua latihan dengan instruktur untuk mencegah cedera atau hal yang tak diinginkan lainnya.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*