Minyak Ikan, Sangat Berbahaya Untuk Anda

Minyak Ikan, Sangat Berbahaya Untuk Anda
June 6, 2018 fitnessindonesia
bahaya minyak ikan

Minyak ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan anda? Tunggu dulu. Jangan langsung menjawab iya. Karena ternyata, sumber makanan ini, yang biasa kita dapatkan dari suplemen kesehatan, membawa beberapa bahaya bagi kesehatan kita. Berikut adalah beberapa bahaya dari suplemen tersebut:

Bahaya Kontaminan Air seperti logam berat (Logam Raksa/Mercury) dan PCB (Polychlorinated Biphenyls)

Kedua kontaminan air ini terakumulasi pada tubuh ikan. Di dalam tubuh manusia, kedua kontaminan ini bisa menyebabkan kerusakan sel-sel saraf, kerusakan liver, dan tak ketinggalan, memicu terjadinya kanker (Mau yang terjamin bebas dari kontaminan ini, klik disini).

Namun, para produsen dan supplier memberikan tanggapan yang cukup baik dalam mengatasi hal ini dengan memastikan produk yang mereka jual mengandung minyak ikan yang bebas dari kedua kontaminan tersebut. Jadi bahaya kontaminan air bukanlah merupakan bahaya yang perlu kita khawatirkan lagi.

Bahaya Pelarut Kimia

Sayangnya, dikarenakan kompetisi di dunia suplemen kesehatan, banyak produsen berusaha meningkatkan konsentrasi Omega-3 (EPA dan DHA), yang merupakan titik jual (selling point) suplemen minyak ikan mereka, dengan menggunakan pelarut kimia. Hasilnya, suplemen yang diproduksi mengandung residu dari pelarut kimia ini. Jadi, ketika kita mengkonsumsinya, kita juga memasukkan sedikit pelarut kimia ke dalam tubuh kita.

Di dalam tubuh, pelarut kimia bisa menyebabkan kerusakan pada sistem saraf, sistem pernafasan, dan sistem reproduksi. Tak hanya itu, liver dan ginjal juga bisa terganggu apabila paparan kita terhadap pelarut kimia terjadi dalam jumlah yang terlalu besar. Dan lagi-lagi, resiko terjadinya kanker juga akan bertambah seiring dengan jumlah paparan kita terhadap pelarut kimia.

Singkatnya, pelarut kimia sama bahayanya dengan kontaminan air. Jadi, kita tidak bisa memilih di antara keduanya. Kita harus menghindari keduanya. Sayangnya, dalam memilih suplemen minyak ikan, sering kali kita terpaksa memilih pelarut kimia (Mau yang mengandung EPA DHA tinggi tapi terjamin bebas dari kontaminan ini, klik disini).

Manfaat dan Bahaya, Mana yang Lebih Besar?

Namun, seperti yang telah kita ketahui bersama, manfaat minyak ikan untuk kesehatan sangatlah besar.Pertanyaannya, apakah manfaatnya sebanding dengan bahayanya, seperti yang dijelaskan di atas? Untuk kemudahan kita dalam mempertimbangkan jawabannya, mari kita bahas secara singkat manfaat minyak ikan untuk kesehatan tubuh kita.

  • Mengurangi peradangan internal tubuh sehingga bahaya penyakit jantung pun akan berkurang
  • Meningkatkan kesensitifan sel-sel tubuh terhadap insulin sehingga bahaya diabetes akan menurun
  • Mengendalikan kadar hormon kortisol dalam tubuh sehingga sistem daya tahan tubuh akan tetap terjaga sementara menurunkan berat badan akan lebih cepat dan mudah
  • Menjaga kesehatan sel-sel otak sehingga mood anda lebih terjaga. Anda pun akan lebih jauh dari bahaya depresi dan penyakit degeneratif psikologis lainnya seperti Alzheimer dan dementia (pikun)

Sekarang balik lagi ke pertanyaan awalnya, manfaat dan bahayanya, bagaimana kita harus memilih? Kita memilih untuk menggunakan manfaatnya atau menghindari bahayanya?

Kenapa Tidak Keduanya?

Tentu saja pilihan idealnya adalah menggunakan manfaatnya dan menghindari bahanya tapi apakah itu mungkin? Untungnya, zaman semakin maju sehingga apa yang tidak mungkin di masa lalu menjadi mungkin sekarang. Di masa lalu, tidak diketahui satu carapun untuk mendapatkan EPA dan DHA konsentrasi tinggi tanpa menggunakan pelarut kimia. Namun sekarang, ada 1 cara untuk mendapatkan hal tersebut, yaitu dengan metode “penyaringan ganda”. Dengan metode ini, produk akhirnya akan bebas dari kontaminan air, bebas dari pelarut kimia, dan tinggi dalam konsentrasi EPA dan DHA. Jadi, kita mendapatkan keduanya, menghindari bahaya dan mendapatkan manfaat minyak ikan secara bersamaan.

Suplemen Minyak Ikan Kaya Manfaat dan Bebas Bahaya

Masalah terakhirnya sekarang adalah bagaimana cara mengetahui mana merk yang aman dan mana yang tidak? Dengan semakin banyaknya merk yang dijual di toko-toko, memilih akan semakin sulit. Untungnya, ada standar yang bernama Pharamaceutical Grade.

Standar ini hanya diberikan pada suplemen-suplemen kesehatan dengan standar kualitas proses produksi dan hasil akhir yang terbaik. Karena itulah, kami hanya menyediakan suplemen-suplemen kesehatan, termasuk minyak ikan, merk Poliquin yang memiliki label Pharmaceutical Grade.

Beberapa merk lain yang juga memiliki label serupa adalah:

  • Nature’s Bounty
  • Nordic Naturals
  • Nature’s Benefit

Jadi, untuk menghindari bahaya dan memaksimalkan manfaat minyak ikan, selalu pilih produk dengan label Pharmaceutical Grade.

PS: Agar anda tidak kelewatan tips dan info-info diet lainnya, pastikan anda subscribe ke newsletter Fitness Indonesia. Tak ketinggalan, dengan subscribe diri anda, anda mendapatkan kesempatan untuk menggunakan promosi-promosi eksklusif dari Fitness Indonesia khusus untuk para subscriber.

Untuk program diet dan training yang mendetail dan terjamin berhasil, segera daftarkan diri anda ke salah satu program gym atau program online kami.

PPS: Artikel ini berguna untuk anda? Anda mempelajari info baru dari artikel ini? Jika iya, saya mohon agar anda share artikel ini di akun twitter atau facebook anda! Pastikan teman dan keluarga anda juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan info baru dari artikel ini.

Salam,

Coach Tobias (@CoachTobiasIndo)

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*