\

Mengenali Alat Fitness dan Fungsinya untuk Pemula

Mengenali Alat Fitness dan Fungsinya untuk Pemula
November 17, 2023 fitnessindonesia
Alat fitness

Mengenali Alat Fitness dan Fungsinya untuk Pemula

Apakah kamu pernah ke gym? Di tempat ini kamu akan bertemu dengan banyak peralatan alat fitness yang digunakan untuk melatih dan meningkatkan kekuatan anggota tubuh tertentu. Penasaran apa saja alat fitness dan fungsinya untuk pemula? Simak ulasannya dibawah ini!

Kurang Gerak jadi Penyebab Munculnya Penyakit Kronis

Kurang gerak menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit kronis khususnya jantung dan diabetes. Sebagaimana kita ketahui, kedua jenis penyakit tersebut bahkan menjadi pembunuh utama di era kekinian. Dan yang meningkatkan risiko kemunculan kedua jenis penyakit tersebut adalah kurangnya aktivitas fisik. 

Tak hanya itu, kurang gerak juga menjadi penyebab utama kecacatan bahkan kematian. Oleh karena itu, agar bisa terhindar dari berbagai macam ancaman penyakit, sebaiknya mulailah untuk rutin bergerak atau berolahraga dari sekarang! 

Kamu bisa melakukan olahraga secara mandiri dirumah, atau bisa juga berolahraga di luar ruangan seperti tempat gym. Namun jika memiliki waktu yang memungkinkan, baiknya rutinlah datang ke gym. Berbagai macam alat fitness di gym akan membantumu meningkatkan aktivitas fisik. Tak hanya itu, bagi seorang pemula juga lebih disarankan ke gym karena kamu akan bertemu dengan instruktur yang akan membantumu cara untuk berolahraga dengan benar. 

Jenis alat fitness dan fungsinya

Dibawah ini beberapa alat fitness yang sering ditemukan di gym. Jika kamu adalah seorang pemula, kira-kira peralatan mana dulu yang hendak dipilih? Agar kamu tidak kebingungan dalam menggunakan peralatan gym, yuk ketahui jenis alat fitness beserta fungsinya dibawah ini:  

  1. Treadmill
    Jika kamu ingin membakar kalori dengan cepat dan mudah, gunakan treadmill. Sekitar 100 kalori yang dapat dibakar per 1,5 km dengan berjalan cepat. Nah, yang membuat alat ini cukup menarik adalah fitur untuk meningkatkan kecepatan. Jadi kamu bisa menyelesaikannya sesuai kebutuhanmu. Kamu bisa lari di tempat, jalan biasa, lari dengan kecepatan tinggi, jalan cepat atau jalan jogging. Bahkan kamu bisa mengaturnya untuk berjalan dengan sensasi menanjak.
    Tujuan utama dari latihan menggunakan treadmill adalah melatih jantung atau kardio. Oleh karena itu, alat fitness ini cocok pemula atau bagi kamu yang baru saja memulai olahraga setelah lama beristirahat. Kenapa? Karena kamu butuh keseimbangan untuk mengatur pola tubuh agar siap atau tidak kaget ketika mulai rutin berolahraga. 
  2. Elliptical Machine
    Jika kamu ingin mencoba alat lain yang memiliki fungsi yang sama dengan treadmill, maka alat ini adalah solusinya. Fungsi utama dari mesin ini adalah melatih kardio dan membakar kalori. Alat ini bisa digunakan untuk melatih bagian paha (depan dan belakang), bisep, trisep, punggung, dada, dan bokong. 
  3. Smith Machine
    Alat fitness satu ini berbentuk barbel dengan tiang. Fungsinya membentuk otot bagian tangan utamanya traps, triseps dan bahu.  Bagaimana cara menggunakannya? Kamu hanya perlu mengatur berat lalu angkat perlahan dan turunkan pada titik aman pada rel.
    Mesin ini dilengkapi dengan rel atau pengait di bagian tiang yang akan menjadi lokasi barbel diletakkan agar barbel tidak jatuh ke lantai.
    Alat ini juga memungkinkan untuk mengangkat barbell dengan berbaring diatas bench.
    Jika kamu adalah pemula, sebaiknya mulai dari beban yang ringan terlebih dulu. Jika sudah terbiasa barulah tambah beban sedikit demi sedikit. 
  4. Gym ball
    Ini adalah alat fitness yang berbentuk bola berisikan udara. Meskipun berbentuk bulat, namun bola ini tidak stabil mampu bergerak dan menggelinding sehingga membantu meningkatkan keseimbangan dan memperkuat otot keseimbangan penggunanya.
    Cara penggunaannya sama dengan bench untuk menopang tubuh. Oleh karena itu semua latihan fitness yang menggunakan bench juga bisa dilakukan dengan gym ball seperti bench press. Meski begitu gym ball juga bisa digunakan untuk latihan crunches, lateral raise, shoulder press, dumbbell flyes, dan sebagainya
  5. Recumbent bike
    Sesuai namanya, bentuk alat fitness ini mirip sepeda. Recumbent bike merupakan jenis alat fitness cardio dengan posisi duduk horizontal. Jadi jika biasanya  kita berlatih sepeda dengan posisi pedal vertikal, maka alat fitness ini berbeda. Posisi pedal berada di depan tempat duduk (horizontal).
  6. Upright bike
    Ini adalah alat fitness berbentuk sepeda didalam ruangan. Tak hanya digunakan untuk melatih otot kaki, upright bike juga digunakan untuk melatih kardio dan membakar lemak. Alat ini juga memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan tekanan dan kecepatan sesuai dengan kemampuan dan keinginan penggunanya. 
  7. Rowing Machine
    Jenis alat fitness ini digunakan untuk meningkatkan fungsi kardiovaskular. Mesin ini memadukan berbagai macam gerakan seperti mendayung seperti mendorong dengan kaki dan menarik dengan lengan. Dengan gerakan tersebut membuat fungsi dari alat ini menjadi kian luas yakni meningkatkan massa otot pada bagian paha, lengan, kaki hingga betis. Alat ini juga melibatkan otot perut yang diperlukan untuk melindungi dan mendukung punggung. Semua gerakan yang dilakukan menggunakan rowing machine dipercaya mampu melatih jantung, keseimbangan dan berbagai otot tubuh lainnya.
    Sayangnya untuk pemula alat fitness ini kurang direkomendasikan. 
  8. Pec Deck Machine
    Alat fitness ini ditujukan untuk melatih otot bahu dan dada. Untuk bebannya sendiri bisa diatur sesuai dengan kemampuan. Untuk menggunakan alat ini kamu hanya perlu duduk menghadap belakang dengan posisi siku menekuk 90 derajat. Setelah itu dorong gagang hingga posisinya berada di depan wajah. Setelah itu buka lengan sembari menarik nafas. 
  9. Leg Press Machine
    Alat fitness ini berfungsi membentuk otot betis dan paha. Sama seperti beberapa alat fitness lainnya, alat fitness ini memiliki beban yang bisa diatur sesuai kemampuan. Untuk menggunakan alat ini kamu perlu meletakkan kaki di bawah beban dengan posisi tubuh sedikit rebahan. Setelah itu buka tuas pada bagian bawah mesin secara perlahan dan mulailah latihan angkat beban dengan kaki.
    Untuk pemula disarankan mulai dari beban yang paling ringan. 
  10. Static bicycle
    Bagi seorang pemula ini adalah alat fitness yang sangat direkomendasikan. Kamu bisa melatih jantung, membakar lemak sembari melatih otot kaki. Kamu juga bisa menyesuaikan tekanan dan kecepatan sesuai dengan yang diinginkan. 
  11. Dumbbell
    Ini adalah alat fitnes yang paling fleksibel di tempat gym karena mampu melatih hampir semua otot besar maupun kecil. Dumbbell sendiri merupakan barbell pendek dengan ukuran 10 sampai 15 inchi ini ditujukan untuk melatih serta mengembangkan otot tangan.
    Beberapa latihan menggunakan dumbbell antara lain dumbbell chest press, goblet squat, shoulder press dumbbell, dan bent-over one arm dumbbell rows.
  12. Dip bar
    Alat ini terdiri dari dua batang paralel yang digunakan sebagai pegangan untuk menopang tubuh ketika melakukan gerakan dip. Alat ini akan membantu melatih otot lengan, dada dan bahu.
  13. Chest Press Machine
    Alat ini mempresentasikan gerakan mendorong sehingga mengakibatkan tekanan pada bagian dada. Beban dan tingkat kesulitan pada alat ini bisa disesuaikan dengan kemampuan. 
  14. EZ Curl Bar
    Alat fitness ini didesain untuk melatih otot bisep dan trisep. Jika dibandingkan dengan barbel, alat fitness ini lebih pendek dan memiliki sudut yang digunakan untuk menempatkan tangan. 
  15. Abdominal Bench
    Ini adalah salah satu alat fitness yang akan membantu kita untuk sit up. Dengan bantuan alat ini kita bisa melakukan berbagai gerakan crunch dan sit up lebih banyak. Tak hanya itu, alat ini juga mampu meningkatkan intensitas serta efektifitas gerakan sit up dan juga crunch
Baca Juga  Apakah Program Latihan Anda Efektif Cek Disini Bagian 2

Diatas adalah beberapa alat fitness dan fungsinya untuk pemula. Untuk mengetahui manfaatnya secara langsung, rutinlah datang ke gym. Tapi bagaimana jika tidak sempat ke gym? Kamu bisa menyewa atau membeli peralatan gym dan membawanya ke rumah. Namun ingat, olahraga yang baik harus dilakukan dengan benar. Jadi jika kamu memutuskan untuk fitness dirumah, artinya kamu memerlukan tutorial fitness. Tutorial ini banyak tersebar di laman internet sehingga kamu akan lebih mudah mengaksesnya. 

Ingat, untuk mendapatkan hasil terbaik dari olahraga kamu harus melakukannya dengan benar. Hindari berolahraga dengan konsep ‘asal gerak’ karena bisa membuatmu cedera fatal. Khususnya untuk para pemula. Selain itu jika kamu memiliki riwayat sakit semisal jantung atau cedera pada bagian tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter dan instruktur di Fitness Indonesia terkait jenis latihan olahraga apa saja yang aman dan diperbolehkan. 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Jasa kecepatan website