Makanan Pembentuk Otot Tubuh

Makanan Pembentuk Otot Tubuh
Maret 31, 2021 fitnessindonesia

Makanan Pembentuk Otot Tubuh

Pria berotot seperti Zac Efron  atau Channing Tatum memang banyak diidolakan para wanita. Apakah Anda tertarik untuk mempunyai bentuk tubuh yang berotot? Jika ya, Anda harus berolahraga serta mengkonsumsi makanan pembentuk otot tubuh yang tepat.

Sel otot memerlukan zat gizi sebagai sumber energy untuk beraktivitas. Bukan hanya protein saja yang dibutuhkan oleh otot, namun lemak dan karbohidrat juga sangat diperlukan sebagai makanan pembentuk otot. Tiga zat gizi ini sangat dibutuhkan otot untuk pertumbuhannya.

 

Makanan Pembentuk Otot Lengan

Otot lengan merupakan salah satu bagian tubuh yang ototnya ingin terbentuk. Biasanya hal ini banyak dilakukan oleh kaum pria. Bagi Anda yang ingin membentuk otot lengan, maka Anda harus mencukupi asupan makanan pembentuk otot tubuh untuk mempercepat proses pembentukan otot. 

Berikut beberapa daftar makanan untuk membentuk otot lengan:

1. Telur

Sudah tahukah Anda bahwa telur ayam merupakan makanan yang dianggap sebagai bahan paling sehat di dunia? Selain bisa dijadikan sebagai salah satu makanan pembentuk otot tubuh, telur juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Dilansir dari laman Healtline.com, bahwa telur ayam memiliki kandungan kolin yang mampu menjaga kesehatan hati, sistem saraf, dan jantung.
Selain itu, telur ayam juga mengandung lutein yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Protein paling tinggi pada telur ayam terdapat di putih telurnya, namun mineral dan vitamin lain justru lebih banyak terkandung dalam kuningnya. 

2. Kacang almond

Selain merupakan salah satu makanan untuk pembentuk otot tubuh, kacang almond juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang bagus untuk membuat kita menjadi awet muda. Disamping itu, kacang almond juga mengandung vitamin E yang bagus untuk menurunkan resiko terkena kanker dan serangan jantung.

Kacang almond dapat dikonsumsi dalam bentuk susu maupun ditambahkan dalam smoothie bowl atau oatmeal. Selain itu, kacang almond panggang tanpa garam juga bagus untuk dikonsumsi.

3. Dada ayam

Bagi Anda yang sedang menjalani diet sehat serta ingin mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi maka dada ayam merupakan alternative yang tepat. Selain bagus untuk program diet, dada ayam mengandung protein cukup tinggi sebagai makanan pembentuk otot. Selain itu, dada ayam juga memiliki kadar garam yang cukup rendah sehingga cocok untuk menurunkan resiko hipertensi.

Dada ayam bisa dikonsumsi bersama dengan salad agar kita juga mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh. Selain itu, Anda bisa menumisnya bersama dengan sayuran atau dijadikan olahan steak panggang yang enak dan tetap sehat.

Makanan Pembentuk Otot Perut

Bagi Anda yang mengharpakan untuk memiliki perut six pack maupun otot bisep dengan bentuk ideal, maka kini saatnya bagi Anda untuk memperbaiki susunan menu makanan pembentuk otot tubuh terutama otot perut. Dengan demikian, Anda akan lebih ringan dan bertenaga dalam melakukan olahraga. Selain itu, jaringan otot akan menjadi lebih efektif serta pembentukan fisik pun akan menjadi lebi maksimal. 

Berikut ini daftar makanan pembentuk otot perut yang baik untuk dikonsumsi:

4. Hati sapi

Selain ayam, sapi ternyata juga bisa dikonsumsi sebagai makanan pembentuk otot tubuh yang baik. Hati sapi mengandung lemak rendah apabila dikonsumsi sesuai dengan porsinya yakni 50 gr atau satu potong sedang. Protein tinggi yang terkandung dalam hati sapi dapat menjaga kestabilan pembentukan otot tubuh sehingga menjadikan tubuh semakin kuat dan selalu sehat.

5. Produk olahan susu

Yogurt, keju dan susu merupakan sumber makanan pembentuk otot tubuh yang baik. Produk olahan tersebut memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Anda bisa memilih susu dengan kandungan lemak rendah ataupun susu skim yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat.

6. Pisang

Buah pisang ternyata juga menjadi salah satu makanan pembentuk otot tubuh. Pisang memiliki kandungan zat bromelain yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kadar kolesterol. Zat ini secara tidak langsung akan mempengaruhi pembentukan otot.  Jadi Anda bisa mengkonsumsinya secara teratur untuk mendapatkan bentuk otot seperti yang diinginkan.

Makanan Pembentuk Otot Dada

Selain melakukan fitness dengan teratur, otot dada bisa terbentuk dengan baik jika kita mau mengkonsumsi makanan pembentuk otot tubuh yang tepat. Berikut rekomendasi makanan yang tepat untuk membentuk otot dada.

7. Tempe

Sudah tidak diragukan lagi bahwa makanan olahan fermentasi dari kedelai ini menjadi salah satu makanan yang bagus untuk membentuk otot. Dalam 100 gr tempe mengandung 201 kkal energy, 8,8 g lemak, 1,4 g serat pangan, 20,8 g protein, 13,5 g karbohidrat, vitamin B, kalsium dan zat besi.

Selain harganya yang terjangkau, Anda juga bisa mengkreasikannya menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dan mengenyangkan.

8. Tahu

Satu lagi olahan hasil fermentasi kedelai yang bisa menjadi salah satu sumber makanan pembentuk otot tubuh yakni tahu. Di dalam tahu terdapat kandungan selenium, zat besi, sodium, fosfor, kalsium, tembaga dan juga mangan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Anda juga bisa mengolah tahu sebagai menu masakan yang lezat dan menggoda selera.

Nah itulah 8 makanan pembentuk otot tubuh yang bisa Anda coba untuk mendapatkan bentuk otot tubuh yang sempurna. Tetap ingat untuk selalu membatasi porsi makan yang cukup ketika mengkonsumsi makanan diatas supaya tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk mengkombinasikan asupan makanan untuk membentuk otot tubuh dengan aktifitas olahraga yang rutin dan teratur. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*