\

Jenis Olahraga Pembakar Lemak

Jenis Olahraga Pembakar Lemak
Desember 3, 2023 fitnessindonesia

Ketahui,  13 Jenis Olahraga Membakar Lemak Perut Terbukti Efektif.

Memiliki perut buncit serasa mampu menurunkan rasa percaya diri, khususnya untuk wanita. Tak hanya itu, perut yang buncit juga sangat identik dengan banyak permasalahan kesehatan. Namun tak perlu khawatir karena ada banyak cara mengecilkan perut buncit, salah satunya rutin melakukan olahraga membakar lemak perut. 

Apa yang Menjadi Penyebab Perut Buncit?

Perut buncit terjadi karena ada penumpukan lemak di kisaran organ dalam perut baik itu di rongga ataupun di bawah kulit perut. Penumpukan ini terjadi karena kita mengonsumsi kalori yang melebihi jumlah yang bisa dibakar tubuh menjadi energi.

Namun tak hanya itu. Faktanya perut buncit juga disebabkan oleh beberapa hal lain seperti stress atau depresi yang terus menerus, kebiasaan hidup yang kurang sehat (jarang olahraga kurang tidur, mengonsumsi minuman beralkohol), menopause, serta seorang dengan kondisi medis tertentu (sindrom cushing, sindrom metabolik, asites, obesitas dan hipotiroidismo). 

Masalah perut buncit banyak dialami pria atau wanita. Khususnya pria yang telah menikah dan wanita yang baru melahirkan. Namun membiarkan hal ini berkepanjangan tanpa penanganan atau perubahan gaya hidup ternyata mampu meningkatkan banyak risiko masalah kesehatan. 

Berbagai penyakit mengancam seorang dengan perut buncit seperti diabetes, stroke, jantung, serta hipertensi. 

Oleh karena itu masalah perut buncit harus segera diatasi. Banyak cara mengecilkan perut buncit, namun yang paling aman dan mudah adalah olahraga membakar lemak perut. Dengan merutinkan olahraga membakar lemak perut serta diimbangi asupan makanan bergizi dan gaya hidup sehat, bisa dipastikan jika perut buncit akan lekas menghilang. Selain itu tubuh pun juga kian sehat dan bugar. 

Latihan Fisik dan Olahraga membakar lemak perut

Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Nah, karena itu sebelum perut menjadi buncit sebaiknya mulai di awal segera memperhatikan asupan makanan dan kebiasaan. Namun jika telah terlanjur, lakukan olahraga membakar lemak perut agar perut buncit bisa segera kembali rata. Banyak masalah kesehatan yang bersembunyi dalam perut sehingga menjaga kesehatan perut sudah pasti menjaga kesehatan tubuh pula. 

Salah satu ciri mengetahui adanya penumpukan lemak di perut yakni dengan mengukur lingkar pinggang atau perut. Seharusnya lingkar perut atau pinggang tidak lebih dari 80 cm untuk wanita dan 90 cm untuk pria. Jika ukuran lebih dari angka tersebut disarankan segera melakukan latihan fisik atau olahraga membakar lemak perut seperti dibawah ini. 

  1. Jogging
    Lari santai atau dikenal dengan sebutan jogging merupakan aktivitas fisik yang paling mudah dilakukan. Jogging menjadi olahraga membakar lemak perut yang sangat efektif ketika dilakukan dengan rutin. Bila tujuannya untuk mengecilkan perut, disarankan melakukan olahraga ini 3 sampai 5 kali dalam seminggu selama 20-30 menit.
    Selain itu melakukan ini setiap pagi juga membantu tubuh untuk lebih rileks dan memperbaiki mood untuk seharian. 
  2. Berenang
    Sudah bukan rahasia jika berenang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk membakar lemak perut bertahap. Berenang juga mampu memelihara kekuatan otot tulang, meredakan stress, menjaga kesehatan jantung, serta memperbaiki kualitas tidur.
    Jika tujuan untuk berenang adalah membakar lemak perut, disarankan rutin melakukan olahraga ini 3 kali seminggu dengan durasi kisaran 20-30 menit setiap sesi latihan. Sebelum berenang dilakukan pemanasan selama 10 menit agar tidak terjadi kram ketika berenang. 
  3. Senam aerobik dan zumba
    Sekarang ini sudah banyak ditemui kelas senam aerobik dan zumba. Dua jenis olahraga ini mampu membakar kalori tubuh dengan baik, khususnya kalori pada bagian perut. Selain menjadi olahraga membakar lemak perut, dua olahraga ini juga mampu memperbaiki mood, menguatkan sendi dan tulang serta meredakan stress. 
  4. Yoga pilates
    Baik yoga atau pilates memiliki banyak gerakan yang mampu membakar lemak perut. Dengan melakukan olahraga ini, tak hanya mampu mengecilkan perut namun Kamu akan mendapat banyak manfaat lain seperti tubuh kian berenergi, mengurangi stress, tubuh lebih sehat, kualitas tidur lebih baik.
    Lakukan yoga dan pilates dengan rutin untuk manfaat yang terbaik. 
  5. Sit up
    Latihan fisik atau olahraga membakar lemak perut selanjutnya adalah sit up. Kamu bisa melakukan sit up dalam posisi terlentang dengan lutut yang ditekuk. Kemudian angkat badan ke arah lutut dan hembuskan nafas perlahan. Setelah itu turunkan kembali sambil menghembuskan nafas perlahan.
    Lakukan gerakan ini sebanyak 1 set (10 kali) dan ulangi hingga 2 atau 3 set per hari. 
  6. Crunches
    Gerakan ini mirip dengan sit up dan bertujuan untuk membakar lemak perut juga. Posisikan tubuh terlentang dan letakkan tangan diatas paha. Angkat kepala dan bahu hingga naik kisaran 8cm lalu tahan hingga beberapa detik. Lakukan gerakan ini berulang 10 sampai 20 kali.
  7.  Plank
    Tak hanya berfungsi untuk membentuk dan mengencangkan otot perut, gerakan ini juga membantu melatih kekuatan otot lengan, paha dan bahu.
    Posisikan tubuh lurus menghadap lantai dengan lengan disamping badan dan siku yang tertekuk. Angkat badan dengan lengan bawah dan jari kaki sebagai tumpuannya. Pastikan punggung, kepala, hingga tumit satu garis lurus dan tahan posisi ini kisaran 20 sampai 30 detik. 
  8. Burpee
    Salah satu olahraga membakar lemak perut yang bisa dilakukan yakni burpee. Caranya dengan memposisikan kaki terbuka lebar selebar bahu. Lantas turunkan tubuh seperti posisi squat. Lantas ubah lagi posisi tubuh ke push up dan kembali ke posisi squat lagi dengan cepat. Terakhir lompat dengan lengan berada diatas kepala.
    Lakukan gerakan ini berulang untuk hasil terbaik. 
  9. Mountain climber
    Olahraga membakar lemak satu ini masuk kategori moving plank atau latihan papan bergerak. Caranya yakni dengan memposisikan tubuh dalam keadaan push up lalu tempatkan pergelangan tangan di bawah bahu. Pastikan posisinya lurus.
    Dorong lutut kanan ke arah dada lalu kembali ke posisi awal. Lakukan hal yang sama dengan lutut kiri. Lakukan kedua gerakan tersebut berulang. 
  10. Sumo Squat
    Latihan atau gerakan ini dimulai dengan merentangkan kaki yang lebih lebar dari posisi bahu dan posisikan kaki 45 derajat. Kemudian squat dengan sudut 90 derajat dengan mengepalkan tangan di dada atau diangkat dibawah dagu. Lakukan gerakan ini berulang. 
  11. Bicycle crunch
    Gerakan ini bisa menjadi salah satu gerakan yang ampuh meluruhkan lemak di perut. Caranya cukup mudah yakni dengan berbaring terlentang dengan tangan berada di belakang kepala. Setelah itu posisikan satu lutut ditekuk ke depan dada dan satu kaki lainnya lurus kedepan seperti hendak mengayuh sepeda.
    Lakukan gerakan ini berulang minimal 15 set untuk kaki kanan dan kiri.  
  12. Forearm plank
    Banyak variasi plank salah satunya forearm plank. Tujuannya tak hanya membakar lemak perut namun juga menguatkan bahu. Posisi yang dilakukan untuk forearm plank ini yakni diawali dengan push up.
    Pada posisi push up jari kaki menahan beban tubuh dan siku berada dibawah bahu lurus. Angkat tubuh perlahan dan tahan pada posisi ini kisaran 30 detik untuk pemula. Jika sudah terbiasa, lakukan gerakan ini dengan durasi yang kian meningkat. 
  13. Sprawl
    Olahraga membakar lemak perut selanjutnya yakni sprawl. Gerakan ini membantu tubuh mengencangkan otot bagian atas dan bawah.
    Cara melakukan gerakan sprawl diawali posisi squat dengan menurunkan tubuh ke posisi push up. Ulangi gerakan ini dengan cepat. Lakukan gerakan ini minimal 3 sampai 4 set dalam satu kali sesi latihan dengan 1 setnya terdiri dari 15 kali gerakan. 
Baca Juga  Ingin Berhasil Latihan dan Diet Kejar Hasil Konsisten Bukan Extreme

Selain melakukan latihan fisik dan olahraga membakar lemak perut diatas, untuk mempercepat Kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi dan mengendalikan stress. Selain itu hindari makan makanan berkalori tinggi, berlemak, minum minuman beralkohol dan merokok. Kebiasaan buruk tersebut akan membuat perutmu kian buncit. 

Jika setelah melakukan olahraga membakar lemak perut diatas secara rutin namun masih belum ada perkembangan, atau bahkan berat badan malah kian naik, disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi. Dokter akan memberikan solusi terbaik untuk olahraga, pengaturan diet dan juga obat-obatan atau vitamin yang dibutuhkan. 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*