\

Tips Menjaga Berat Badan yang Berlebihan

Tips Menjaga Berat Badan yang Berlebihan
Agustus 24, 2023 fitnessindonesia
Tips Menjaga Berat Badan yang Berlebihan

Tips untuk Menjaga Berat Badan yang Berlebihan

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu hal yang sangat dihindari. Bukan hanya karena pengaruhnya terhadap penampilan seseorang, namun karena obesitas memiliki dampak negatif pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Misalnya meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu diharapkan semua orang bisa lebih waspada dengan penyakit satu ini. Lantas adakah cara atau tips menjaga dari berat badan yang berlebihan? 

Tentu saja ada. Dibawah ini akan kita ulas beberapa tips agar terhindar dari berat badan yang berlebih. 

Tips Menjaga dari Berat Badan yang Berlebihan

Bagi kamu yang memiliki angka timbangan diatas angka ideal, kamu harus berhati-hati dengan ancaman obesitas. Obesitas adalah suatu kondisi dimana lemak mengalami penumpukan dalam tubuh karena jumlah kalori yang masuk lebih banyak daripada jumlah kalori yang dibakar. Lantas bagaimana cara agar terhindar dari obesitas? Caranya adalah dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. 

Lebih lengkapnya simak beberapa tips dibawah ini! 

  1. Menyusun meal plan
    Bagi kamu yang hobi makan, kamu tidak perlu melakukan diet ekstrem untuk menjaga berat badanmu. Diet yang tidak realistis bahkan mampu membuatmu kian lapar hingga akhirnya kamu akan makan lebih dari porsi yang dianjurkan. 
    Lantas bagaimana solusinya? Kamu bisa mencoba menyusun meal plan. Dengan menulis meal plan, kamu akan tahu hingga lebih berhati-hati ketika memilih makanan tertentu. Hal ini dibuktikan dari sebuah studi pada tahun 2017 yang mengemukakan bahwa menyusun meal plan mampu mendukung seseorang untuk mengkonsumsi makanan lebih bervariasi dan lebih bergizi.
    Dalam arti yang lebih sederhana, meal plan mampu membuatmu menerapkan pola makanan sehat yang mana ini adalah kunci keberhasilan dalam menjaga berat badan yang ideal. 
  2. Olahraga
    Seseorang biasanya akan mulai termotivasi rutin berolahraga ketika mengetahui bahwa berat badannya sudah diatas normal. Padahal meskipun kamu memiliki berat badan yang normal sekalipun kamu tetap wajib berolahraga.
    Olahraga mampu menjaga kinerja massa otot yang berperan dalam pembakaran kalori. Nah, jika kinerja massa otot menurun maka pembakaran kalori tidak akan berjalan maksimal sehingga lambat laun memicu penumpukan kalori.
    Setidaknya kamu harus berolahraga 75 hingga 150 menit dalam seminggu. Jumlah tersebut bisa dibagi menjadi beberapa kali. Lantas olahraga apa yang direkomendasikan?
    Kamu bebas melakukan olahraga apapun mulai dari jalan sehat, jogging, aerobic, yoga, berenang ataupun bersepeda. 
  3. Makan dengan menu yang berbeda
    Untuk menjaga dari berat badan yang berlebihan kamu tidak perlu makan makanan yang sama setiap hari. Kamu juga tidak harus sengaja untuk jarang makan. Apalagi jika kamu adalah seorang yang hobi makan. Kenapa?
    Ingat, tubuhmu perlu energi sehingga kamu harus tetap makan. Tubuhmu juga perlu asupan gizi yang cukup agar organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap mengkonsumsi porsi sepiring penuh dengan menggantinya dengan beberapa tipe makanan. Untuk pengaturannya, kamu bisa coba menu yang dianjurkan oleh Kemenkes RI dalam Isi Piringku. Yakni 50% diisi dengan sayur dan buah, 15% diisi oleh kacang-kacangan atau biji-bijian, 25% diisi oleh protein baik nabati atau hewani, dan sisa 10% diisi oleh karbohidrat.
    Setelah kamu mengetahui peraturan dalam Isi Piringku, agar kamu tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja, kamu bisa membuat meal plan. Kombinasi dua tips ini dijamin mampu membuat hari-hari dietmu menyenangkan. Apalagi jika kamu adalah tipe yang doyan makan.
  4. Jangan pernah lewatkan sarapan
    Banyak orang merasa jika sarapan bukanlah hal yang penting. Padahal kebiasaan sarapan memiliki peran yang cukup penting dalam mencegah pertambahan berat badan. Bagaimana bisa? Coba kembali ingat dan pikirkan. Ketika kamu melewatkan sarapan, apakah keinginan mengkonsumsi camilan menjadi sulit terkendali ataukah tidak.
    Biasanya seorang yang menahan lapar karena tidak sarapan akan makan lebih banyak ketika jam makan siang. Akhirnya jumlah kalori yang masuk jadi tak terkendali hingga meningkatkan risiko bertambahnya berat badan. 
  5. Penuhi kebutuhan cairan
    Tubuh manusia membutuhkan asupan cairan yang cukup banyak agar organnya bisa berfungsi dengan baik. Karena itu pastikan kamu mengonsumsi air yang cukup. Selain itu mengkonsumsi air satu hingga dua gelas sebelum makan juga mengenyangkan perut sehingga nafsu makan menurun.
    Memenuhi asupan cairan harian juga membantu meningkatkan fokus, mencegah dehidrasi dan mencegah kerusakan ginjal. Selain air, kebutuhan cairan bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung air seperti semangka, air kelapa, dan sebagainya. 
  6. Istirahat yang cukup
    Bagi mereka yang memiliki aktivitas padat seringkali mengabaikan tidur. Padahal tidur adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas. Tak hanya itu, tidur yang cukup juga mampu menjaga berat badan tetap ideal.
    Seorang yang memiliki kualitas tidur yang buruk cenderung memiliki hasrat untuk makan lebih banyak. Bahkan tak jarang yang tiba-tiba seperti ngidam ingin memakan sesuatu yang tak sehat.
    Hubungan terkait tidur dengan peningkatan berat badan juga pernah disebutkan di situs Harvard School of Public Health. Dalam situs tersebut disebutkan jika anak-anak dan orang dewasa yang memiliki waktu tidur yang kurang berisiko mengalami peningkatan kenaikan berat badan dibandingkan dengan mereka yang waktu tidurnya cukup.
    Jadi apapun kesibukannya, pastikan menyempatkan waktu untuk beristirahat. Selain itu jangan lupa konsisten tidur dalam waktu yang sama setiap harinya, dan dalam porsi yang sama yakni 6 hingga 8 jam setiap hari. 
  7. Hindari begadang
    Waktu tidur juga berperan penting dalam peningkatan kualitas tidur seseorang. Seseorang yang sering begadang meskipun memiliki porsi jam tidur yang sama dengan mereka yang tidur awal nyatanya keduanya cukup berbeda. Ya banyak penelitian yang mengemukakan bahwa mereka yang tidur malam meskipun jam bangunnya siang memiliki risiko tinggi mengalami penyakit serius dan meningkatkan risiko obesitas.
    Ketika seseorang tertidur, leptin akan diproduksi. Nah, ketika seseorang begadang maka leptin akan berkurang dan ghrelin meningkat. Inilah yang menyebabkan kenapa seseorang yang begadang cenderung suka merasa lapar. Gangguan yang terjadi pada jam perifer atau sirkadian pusat inilah yang membuat risiko obesitas meningkat.
    Selain konsisten dengan porsi tidur, baiknya tidurlah lebih awal dan bangun lebih awal. Khususnya jika kamu dalam masa ingin menjaga berat badan ideal. 
  8. Jangan hindari makanan
    Salah satu tips menjaga berat badan berlebihan adalah tidak menghindari makanan yang kamu suka. Jadi meskipun makanan itu memiliki terlalu manis, memiliki kadar garam yang tinggi atau apapun itu, kamu tetap bisa mengkonsumsinya. Yang kamu perlukan bukanlah berhenti, namun membatasi.
    Batasi makanan kesukaanmu tersebut. Atur jumlah dan frekuensinya. Jika timbul keinginan untuk mengkonsumsinya, cobalah untuk membuat alternative dengan makanan atau camilan yang lebih sehat.
    Misal ketika kamu ingin es krim, cobalah membuat es krim sendiri dari buah yang dibekukan.
  9. Hindari stress
    Cara terbaik agar terhindar dari berat badan berlebihan adalah mengelola stress. Stress disebut mampu mempengaruhi perubahan berat badan secara signifikan. Bahkan dalam jurnal yang berjudul Current Obesity Report tahun 2018, diketahui jika stress memiliki kontribusi yang tinggi dalam pertambahan berat badan. Kenapa?
    Stress memicu produksi hormon kortisol yang erat kaitannya dengan peningkatan nafsu makan dan penumpukan lemak. Selain itu stress juga memicu emotional eating yang membuatmu ingin makan meskipun kamu tidak merasa lapar.
    Meskipun pada beberapa orang stress berdampak menghilangkan nafsu makan, namun sebaiknya kelola stress dengan baik jika kamu ingin menjaga berat badan tetap dalam angka yang ideal. 
Baca Juga  Istilah physical fitness Tujuan, Contoh dan Fungsinya

Diatas adalah beberapa cara atau tips menjaga dari berat badan yang berlebihan. Pada intinya, kesehatan bisa didapat dengan mudah jika kamu perhatian dengan gaya hidupmu. Gaya hidup yang sehat akan membuatmu terhindar dari banyak masalah kesehatan, utamanya obesitas atau kelebihan berat badan. Sayangnya kesadaran akan hal ini masih kurang. 

Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang abai akan kesehatannya. Tak hanya abai dari makanan sehat, namun juga olahraga. Konsumsi fastfood sudah menjadi hal biasa dan olahraga pun hanya dilakukan ketika ingat. Padahal dengan berolahraga rutin kamu bisa membuat tubuhmu lebih kuat, sehat dan terhindar dari banyak penyakit lho.

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Jasa kecepatan website