Tips Berolahraga Saat Pandemi

Tips Berolahraga Saat Pandemi
Maret 10, 2021 fitnessindonesia

Bagaimana Tips Berolahraga Saat Pandemi

Menjaga kesehatan tubuh merupakan prioritas utama yang wajib untuk diperhatikan bagi setiap masyarakat terutama di tengah pandemi virus covid-19 seperti sekarang ini. Melakukan olahraga secara rutin menjadi suatu upaya yang efektif untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Dengan imunitas tubuh yang kuat maka kita akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari resiko terkena virus, bakteri maupun penyakit. Lalu, apa saja tips berolahraga selama pandemi? 

Tips Berolahraga Selama Pandemi 

Kegiatan berolahraga di tengah virus corona tentunya masih bisa dilakukan secara mandiri di rumah, terlebih masih diberlakukan kebijakan pembatasan sosial di masyarakat. Dalam hal ini, Dr. H. Zaenal Muttaqin Sofro,. AIFM. , Pakar Kedokteran Olahraga UGM, sebagaimana dilansir dari laman resmi ugm.ac.id, mengungkapkan sejumlah tips berolahraga selama pandemi. 

Berikut penjelasan lengkapnya!

  1. Olahraga persarafan

Selama pandemi virus covid-19, masyarakat dapat melakukan aktifitas olahraga untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Dr. H. Zaenal Muttaqin Sofro,. AIFM., mengungkapkan bahwa terdapat dua macam olahraga yang dapat diterapkan, yakni olahraga fisik dan olahraga persarafan.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa olahraga persarafan bisa dilakukan dengan tiga tahapan, yakni pernafasan, vokalisasi serta postur. Olahraga pernafasan umumnya dilakukan dengan yoga maupun senam tera.

Selanjutnya, olahraga vokalisasi dapat diperoleh dari kegiatan bersenandung dalam membaca ayat suci Al-Qur’an atau yang lainnya. Adapun postur bisa didapatkan dengan melakukan gerakan shalat maupun senam taichi.

Menurut Zaenal, kegiatan olahraga persarafan yang dilaksanakan secara teratur akan menjadikan tubuh semakin sehat serta mampu menurunkan resiko stress selama pandemi. Tidak hanya itu, beliau juga mengungkapkan bahwa kegiatan olahraga ini sangat cocok untuk dilakukan secara mandiri di rumah, demi mengikuti kebijakan physical distancing.

2. Olahraga fisik

Selain melakukan olahraga persarafan, kegiatan olahraga fisik juga dianjurkan untuk dilakukan secara mandiri di rumah khususnya selama pandemi covid-19 masih berlangsung. Dengan aktifitas olahraga fisik ini dapat membantu tubuh kita agar tetap sehat dan bugar dalam melakukan segala aktifitas keseharian.

Bukan tanpa suatu alasan, Dr. Zaenal mengungkapkan bahwa kegiatan olahraga fisik mampu mendorong otot besar untuk bekerja secara aktif. Alhasil, kebugaran tubuh akan meningkat. 

Selain melibatkan sistem otot besar, kegiatan olahraga fisik bersifat ritmis serta berkelanjuran. Tentunya hal ini sangat mendukung kita dalam mewujudkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Olahraga fisik dapat dilakukan dengan beragam cara. Baik dengan memanfaatkan peralatan fitness yang tersedia di rumah, atau dengan menerapkan gerakan olahraga secara mandiri misalnya jogging, jalan cepat, berenang atau senam.

Namun dalam melakukan olahraga fisik, tidak dianjurkan untuk berlebihan. Sebab, olahraga yang berlebihan justru akan mengganggu kondisi kesehatan tubuh yang mengalami kelelahan.

3. Perhatikan durasi dan intensitas

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwasanya dalam melakukan kegiatan olahraga terutama olahraga fisik dianjurkan untuk tidak berlebihan. Dalam kasus ini, Dr. Zaenal mengungkapkan bahwa olahraga fisik yang berlebihan bisa mengakibatkan over training yang nantinya dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Sebaiknya, kegiatan olahraga fisik diterapkan dalam 3-5 kali dalam seminggu. Adapun untuk durasi olahraga pun juga harus diperhatikan, yakni antara 30-35 menit.

Dengan memperhatikan durasi dan intensitas yang tidak berlebihan dapat menghidari resiko over training yang mampu menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan tubuh.

4. Mencukupi hidrasi tubuh

Selama melakukan aktifitas olahraga, kebutuhan hidrasi dalam tubuh juga wajib diperhatikan. Melakukan olahraga pastinya akan membakar kalori serta mengurangi cairan yang ada di dalam tubuh.

Terlebih jika melakukan kegiatan olahraga fisik yang banyak melibatkan gerakan aktif dari seluruh bagian tubuh. Maka tidak heran apabila setelah melakukan aktifitas olahraga, tenggorokan terasa haus dan ingin segera minum.

Dalam hal ini, Dr. Zaenal menyarankan untuk meminum air putih setidaknya 30 menit sebelum Anda melakukan kegiatan olahraga dan setelahnya. Upaya ini dilakukan untuk mengganti asupan cairan yang dikeluarkan dari tubuh saat berolahraga melalui keringat. Dengan demikian, asupan cairan dalam tubuh bisa terpenuhi kembali.

5. Jaga jarak

Jika olahraga dilakukan di luar rumah atau luar ruangan, terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan sebagai tips berolahraga selama pandemi. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tubuh yang harus dalam kondisi sehat atau fit untuk beraktifitas di luar rumah/

Selain itu, Anda wajib mematuhi aturan untuk menjaga jarak fisik antara orang sekitar. Dan yang terakhir tentunya adalah tetap memakai masker saat berolahraga.

Ketiga hal penting tersebut harus selalu diperhatikan supaya aktifitas olahraga yang Anda lakukan di luar ruangan bisa berjalan dengan baik, sehat dan aman. Bukan hanya itu saja, beberapa tips berolahraga selama pandemi tersebut juga bisa menurunkan resiko penularan virus covid-19 dari orang lain.

6. Tidak lupa melakukan pemanasan dan pendinginan

Hal penting lainnya yang bisa dilakukan sebagai tips berolahraga selama pandemi adalah melakukan pemanasan dan juga pendinginan. Sebelum Anda melakukan olahraga, sebaiknya Anda melakukan pemanasan untuk meregangkan otot tubuh. Sehingga, tubuh menjadi lebih siap dalam melakukan berbagai gerakan yang lebih aktif berikutnya.

Peregangan otot sebaiknya juga dilakukan saat pendinginan. Tidak jauh berbeda, kegiatan peregangan otot ketika pendinginan dapat menjadikan tubuh kembali rileks. Dengan demikian, otot dapat kembali tenang sedikit demi sedikit sebelum akhirnya berhenti.

7. Perhatikan hal yang harus dihindari

Selain beberapa tips berolahraga selama pandemi diatas, dalam melakukan aktifitas olahraga sebaiknya menghindari hal-hal berikut.

  • Hindari melakukan latihan yang berlebih dan intensitas tinggi
  • Hindari minum air panas usai berolahraga
  • Lansung duduk maupun berbaring setelah olahraga
  • Tidak melakukan olahraga diatas jam 9 malam

Demikian beberapa tips berolahraga selama pandemi yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat. Dengan demikian, kesehatan tubuh akan selalu terjaga serta terhindar dari paparan bakteri, virus maupun penyakit lainnya. 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*