\

Pelajari Keuntungan Bisnis Gym yang Harus Kamu Ketahui

Pelajari Keuntungan Bisnis Gym yang Harus Kamu Ketahui
Desember 11, 2023 fitnessindonesia
bisnis gym

Pelajari Keuntungan Bisnis Gym yang Harus Kamu Ketahui

Banyak orang bertanya darimana asal keuntungan bisnis gym. Jika dilihat sekilas, membangun bisnis gym bukanlah hal yang mudah. Selain dibutuhkan modal yang cukup besar juga dibutuhkan keahlian dalam bidang tersebut. Sebenarnya sama seperti peluang bisnis lainnya, bisnis gym bukanlah bisnis yang menyasar keuntungan jangka pendek namun lebih berorientasi pada keuntungan jangka panjang. Namun tentu semua harus punya cara untuk mewujudkannya bukan? 

Tentu saja benar. Siapapun yang membangun bisnis gym dipastikan bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang jika dirinya memiliki kreativitas bisnis dan membership management yang terus beradaptasi dengan kondisi kekinian. Dua hal inilah strategi utama bagi para pelaku bisnis gym agar mampu meraih keuntungan jangka panjang. Lantas bagaimana dengan keuntungan jangka pendek? Apakah itu? Dan darimana saja asal keuntungan bisnis gym tersebut? Jawabannya cek langsung pada artikel di bawah ini:

Keuntungan Bisnis Gym

Ada banyak sumber keuntungan bisnis gym dan berikut beberapa diantaranya. Ini penting bagi anda yang sedang ingin membuka bisnis gym. Membuka bisnis gym jika hanya berfokus pada satu sumber utama saja tentu akan kesulitan. Apalagi bagi anda yang menginginkan keuntungan jangka pendek. Oleh karena itu beberapa hal dibawah ini mungkin akan membantumu: 

  • Biaya Keanggotaan
    Pendapatan yang sudah pasti dari bisnis gym adalah biaya keanggotaan. Kenapa bisa? Bisnis gym merupakan bisnis dalam bidang jasa yang mana pengelola biasanya menunggu seseorang untuk menjadi member. Ketika seseorang membayar, dia berhak menggunakan berbagai alat fitness yang telah disediakan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Adapun biaya keanggotaannya bervariasi dan bisa dibayarkan harian, mingguan, bulanan, triwulan atau per 6 bulan bergantung dari kebijakan pengelola.
    Intinya, sumber keuntungan bisnis ini bergantung dari kemampuan pengelola dalam mengelola semua member baik itu yang lama, yang baru bergabung ataupun yang belum bergabung.
    Namun jika membuka bisnis gym dan hanya fokus pada satu sumber keuangan ini saja, dipastikan anda akan kesulitan bertahan. Bisnis gym memiliki banyak saingan sehingga member berpotensi besar berpindah ke gym lain karena tergiur dengan promo. Atau bisa saja member membeli alat fitness sendiri sehingga tidak perlu lagi datang ke gym. Tentu ini akan jadi sangat riskan bagi keberlanjutan bisnis anda bukan? Untuk itu anda memerlukan upaya kreatif lainnya untuk mempertahankan bisnis gym yang anda miliki. 
    1. Walk in Personal
      Karena tidak semua orang tertarik dengan keanggotaan atau membership, anda bisa mendapatkan sumber keuntungan lain dengan cara walk in personal. Apakah itu?
      Ini adalah alternatif untuk mengundang seseorang untuk datang ke gym anda. Ingat, tidak semua orang berkenan membayar biaya keanggotaan penuh di muka, atau konsisten untuk datang pada waktu tertentu. Oleh karena itulah strategi walk in personal bisa jadi alternatif. Jadi jangan juga mematok harga yang tinggi untuk ini. Selama strategi ini berhasil dan memiliki sedikit keuntungan maka tidak ada hal yang perlu dipermasalahkan.
      Selain itu, meskipun yang datang ini bukanlah member, jangan lupa memberikan pelayanan terbaik dari gym anda. Meskipun mereka non member, mereka adalah ‘pengiklan gratis’ bagi orang-orang disekitarnya. 
    2. Pelatihan pribadi
      Bagi anda yang ingin mencoba membuka kanal sumber keuntungan bisnis gym lainnya, ini cukup direkomendasikan. Pelatihan ini bisa dilakukan di gym ataupun dirumah peserta. Sifatnya opsional dan biasanya dipegang oleh seorang personal trainer dalam periode waktu tertentu.
      Bagaimana dengan keuntungannya? Jika berbicara keuntungan, pelatihan ini memiliki keuntungan yang cukup menjanjikan. Hal ini diketahui dari data yang dilaporkan oleh sejumlah gym di Amerika tahun 2022 lalu yang menyebutkan jika angka keuntungan yang diperoleh dari pelatihan ini mencapai 30% dari keseluruhan pendapatan tahunan. 
    3. Pelatihan hybrid
      Yang dimaksud pelatihan hybrid sebagai salah satu sumber keuntungan dalam bisnis gym disini adalah pelatihan menggunakan video yang berkaitan dengan aktivitas gym. Misalnya cara latihan kettlebell, cara menurunkan berat badan dengan bodyweight training, dan sebagainya.
      Intinya, anda sebagai pengelola akan membuat berbagai jenis video tutorial yang mana jika ingin mendapatkan akses eksklusifnya, mereka harus membayar dengan jumlah tertentu. Memang tidak bisa dipungkiri jika video tutorial ini sangat banyak bertebaran di media sosial, namun inilah tantangannya. Kreativitas akan sangat menentukan seberapa berhasilnya metode ini.
      Terlepas dari hal tersebut, anda juga bisa memanfaatkan berbagai jenis video yang sudah dibuat untuk isian konten Youtube yang kemudian dimonetisasi. Menarik bukan?
    4. Pelatihan institusional
      Pelatihan ini ditujukan untuk organisasi, lembaga, perkumpulan atau bentuk pelatihan lain misalnya body combat dan zumba. Berbeda dari sumber income sebelumnya, pelatihan ini melibatkan sekelompok peserta. Karena ditujukan untuk kelompok, anda bisa memasarkannya sama dengan walk in personal, hanya saja langsung masuk ke institusi yang ditargetkan.
      Namun ingat, karena peralatan gym yang tidak bisa dengan mudah dipindahkan ke berbagai institusi, maka andalah yang harus menawarkan agar mereka datang ke gym. Strategi ini diyakini bisa berjalan dengan baik jika didukung dengan kampanye di berbagai media. Selain itu agar pelatihan berjalan dengan baik, anda membutuhkan personal trainer.
      Lantas bagaimana dengan jenis latihan yang tidak menggunakan peralatan gym? Untuk jenis latihan seperti muay thai, body combat atau zumba karena tidak menggunakan peralatan bisa langsung dilakukan di institusi yang berminat.
      Intinya, pelatihan ini membutuhkan management waktu yang baik serta kreativitas yang tinggi agar bisa berjalan dengan sukses dan terus berkelanjutan. 
    5. Event tahunan
      Keuntungan bisnis gym lainnya bisa didapatkan dari event tahunan. Untuk mewujudkanya anda butuh event yang rutin diadakan setiap tahun atau setiap beberapa bulan sekali. Dalam kegiatan ini anda bisa mendapatkan keuntungan dari sponsor atau biaya registrasi.
      Selain itu ketika para peserta mengikuti cara dan bentuk latihan yang diselenggarakan dalam event tersebut, maka sadar atau tidak mereka telah mencoba gym di tempat anda. Artinya peluang untuk membuka income sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya juga ikut terbuka lebar. Apalagi jika event yang diadakan sukses besar. 
    6. Jual produk dan aksesoris
      Saat ini gaya hidup sehat menjadi salah satu hal yang terus dikampanyekan. Selain itu bisnis juga tidak akan bisa berkembang sendiri-sendiri. Butuh kolaborasi. Artinya, anda sebagai pengelola gym juga bisa bekerjasama dengan beragam brand dan perusahaan yang memiliki tujuan sejalan.
      Misalnya berkolaborasi dengan perusahaan alat fitness. Anda bisa memasarkan berbagai alat fitness kepada para member. Resikonya member mungkin saja beralih untuk latihan dirumah. Namun jangan khawatir. Karena suasana fitness dirumah dan di gym berbeda, besar kemungkinan mereka tetap akan kembali ke gym. Terlepas dari itu, hasil keuntungan dari penjualan alat fitness juga cukup lumayan lho.
      Selain menjual berbagai macam alat gym, anda juga bisa menjual berbagai aksesoris gym seperti dumbbell, weight plates, yoga, kettlebell, botol minum hingga suplemen pembentuk massa otot.
      Anda juga bisa bersiap dengan menyediakan beragam aksesoris tambahan lain seperti wrist band, dan berbagai rupa-rupa produk fitness yang bisa diproduksi sendiri atau pun bekerjasama dengan pihak ketiga lainnya. 
  • Perkenalkan e-commerce
    Selain menggalakkan penjualan secara in house, baiknya anda juga mulai merambah dunia e-commerce. Tawarkan berbagai jenis peralatan gym beserta aksesorisnya lewat platform e-commerce semisal Tokopedia, Shopee, dan sebagainya. Adanya e-commerce akan memudahkan calon pembeli untuk memiliki barang yang mereka idamkan tanpa harus keluar dari rumah.   
Baca Juga  Mengenali Alat Fitness dan Fungsinya untuk Pemula

Itulah beberapa sumber keuntungan bisnis gym. Selain beberapa sumber diatas tentunya ada banyak sumber keuntungan lain yang tergantung dari seberapa kreatifnya pengelola. Namun pastikan untuk tidak menggarap semua sumber income diatas bersamaan. Menggarap bersamaan hanya akan membuat anda tidak fokus sehingga hasilnya tidak maksimal. Semua butuh proses dan pemikiran yang matang untuk bisa berkembang bukan? 

Nah, sekian ulasan tentang 8 sumber keuntungan bisnis gym. Semoga adanya ulasan sumber keuntungan bisnis gym diatas bisa memberikan inspirasi. Pada intinya, apapun usahanya, tak terkecuali bisnis gym, kehandalan dari tim marketing, management dan tim kreatif adalah kunci suksesnya. Jadi selain mempertimbangkan perencanaan dengan matang, pertimbangkan pula memilih orang-orang yang tepat untuk mendampingimu mewujudkan kesuksesan. 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Jasa kecepatan website