\

Istilah physical fitness Tujuan, Contoh dan Fungsinya

Istilah physical fitness Tujuan, Contoh dan Fungsinya
Mei 2, 2023 fitnessindonesia
physical fitness

Istilah physical fitness Tujuan, Contoh dan Fungsinya

Kebugaran jasmani atau dikenal juga dengan physical fitness merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan berbagai aktivitas tanpa kelelahan yang berarti. Physical fitness memiliki cukup banyak manfaat seperti meningkatkan kekuatan otot tubuh, meningkatkan elastisitas paru, memadatkan massa tulang serta mampu mengefisiensi kinerja jantung. 

Kebugaran jasmani dari setiap orang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan profesi atau jenis kegiatannya yang berbeda satu sama lain. Terlepas dari hal tersebut, kebugaran jasmani disusun dari dua komponen yakni skill related physical fitness atau yang berkaitan dengan keterampilan, serta health related physical fitness atau yang berkaitan dengan kesehatan. 

Dalam uraian lain disebutkan jika kebugaran jasmani juga dimaknai sebagai daya tahan atau kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas dan pekerjaan tertentu secara efisien tanpa menyebabkan kelelahan. Intinya setelah selesai beraktivitas mereka masih memiliki cadangan energi untuk kegiatan selanjutnya. 

Masih kurang jelas? Lebih jelasnya tentang physical fitness atau kebugaran jasmani baik itu dari tujuan, fungsi atau contohnya bisa simak selengkapnya pada artikel dibawah ini: 

Tujuan dan Tujuan dari Physical Fitness

Tujuan utama dari physical fitness tentu saja menjaga kesehatan fisik. Namun beberapa orang mungkin memiliki capaian atau tujuan yang berbeda. Berikut beberapa tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani: 

  1. Membantu tidur nyenyak
    Melakukan aktivitas fisik secara rutin mampu membuat seseorang tidur lebih nyenyak dan cepat dibanding mereka yang jarang melakukan aktivitas fisik. Meski membantu meningkatkan kualitas tidur, namun tidak disarankan melakukan olahraga berat sebelum tidur karena justru memberi efek sebaliknya.  
  2. Perbaikan suasana hati
    Melakukan aktivitas fisik mampu merangsang produksi hormon endorphin yang berkaitan dengan suasana hati. Seseorang akan merasa lebih rileks, lebih bahagia dan rasa cemas pun akan lebih berkurang. 
  3. Mengontrol stress
    Ketika tubuh melakukan aktivitas fisik, maka neurotransmitters akan diproduksi di otak. Neurotransmitter ini mampu mengontrol emosi dan suasana hati seseorang sehingga dipercaya mampu mengurangi stress. 
  4. Meningkatkan kehidupan seks
    Salah satu tujuan dari physical fitness adalah meningkatkan kehidupan seks. Sebuah studi di Universitas Texas mengungkapkan jika olahraga yang teratur tak hanya mampu memperkuat sistem kardiovaskular namun juga meningkatkan sirkulasi untuk fungsi seksual. 
  5. Mencegah obesitas
    Salah satu alasan menjaga kebugaran jasmani adalah menjaga tubuh tetap berada di angka ideal. Seseorang yang melakukan aktivitas fisik tentu tubuhnya secara otomatis akan membakar kalori. Nah semakin serius dan semakin sering aktivitas yang dilakukan maka semakin besar pula jumlah kalori yang terbakar hilang. Dengan begini Kamu akan terhindar dari obesitas. 
  6. Meningkatkan energi
    Aktivitas yang rutin dan dilakukan dengan benar akan membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh serta membantu meningkatkan kekuatan yang dimiliki otot tubuh. Selain itu aktivitas olahraga ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan paru. 
  7. Merangsang pertumbuhan pada balita serta anak-anak
    Salah satu manfaat dan tujuan dari physical fitness adalah untuk merangsang pertumbuhan khususnya bagi balita dan anak-anak. Seperti yang kita ketahui, olahraga yang dilakukan dengan rutin mampu meningkatkan massa tulang serta meningkatkan kemampuan otot. Nah, dua hal ini sangat berarti bagi balita dan anak-anak yang notabene masih dalam masa pertumbuhan. 
  8. Terhindar dari penyakit jantung
    Manfaat utama dari physical fitness adalah melancarkan sirkulasi darah serta memperbaiki fungsi jantung. Jadi dengan melakukannya secara rutin Kamu akan terhindar dari penyakit jantung. 
  9. Menjaga imunitas
    Ketika berolahraga, sel kekebalan dalam tubuh akan beredar lebih cepat sehingga mampu membunuh virus serta bakteri dalam tubuh lebih cepat. Selain itu olahraga juga membuat tubuh lebih lentur, dan terasa lebih bugar.
    Karena itu, jika Kamu ingin meningkatkan imun, cara yang mudah dilakukan adalah berolahraga. 
  10. Mempercepat pemulihan fungsi organ tubuh setelah berlatih, khususnya bagi orang tua, ibu hamil serta orang yang sakit
  11. Meningkatkan sistem sirkulasi darah, fungsi jantung serta sistem saraf
  12. Bagi para olahragawan, kebugaran jasmani sangat penting dalam upayanya untuk meningkatkan prestasi. 
Baca Juga  15 Jenis Cedera Olahraga yang Mungkin Terjadi dan Cara Penanganannya

Diatas adalah beberapa tujuan dan fungsi dari kebugaran jasmani. Pada intinya kebugaran jasmani adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi yang prima. Sayangnya kesadaran akan hal ini masih kurang. Banyak orang yang masih abai sehingga pada akhirnya berdampak pada kesehatannya. 

Unsur-unsur dari Physical Fitness

Dari ulasan diatas kita bisa tahu jika kebugaran jasmani sangatlah penting untuk mendukung kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Nah, untuk menjaganya tentu kita harus rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur. 

Namun perlu diketahui jika dalam aplikasinya ada 4 hal atau faktor yang sangat berpengaruh terhadap kebugaran jasmani seseorang antara lain faktor jenis kelamin, asupan makanan, umur serta pola istirahat. Faktor tersebut akan mempengaruhi berbagai unsur dalam kebugaran jasmani. Adapun unsur-unsur tersebut antara lain: 

  1. Kekuatan, yakni kondisi menggunakan otot dengan maksimal ketika melakukan aktivitas fisik
  2. Daya tahan, yakni kemampuan melakukan gerak tubuh dalam berbagai tempo mulai dari yang frekuensi sedang hingga cepat tanpa mengalami kelelahan berat atau rasa sakit
  3. Daya otot, yakni kemampuan dari otot tubuh dalam mendukung aktivitas hariannya
  4. Kecepatan, yakni kemampuan berpindah dari posisi satu ke posisi yang lain dalam tempo yang cepat dan singkat
  5. Kelenturan atau fleksibilitas ini merupakan keleluasaan gerak pada bagian persendian
  6. Kelincahan, yakni kemampuan mengubah posisi tubuh dengan ketepatan dan kecepatan yang tinggi
  7. Koordinasi adalah kemampuan mengintegrasikan gerakan berbeda pada semua bagian tubuh dengan baik
  8. Keseimbangan yakni kemampuan untuk mengendalikan tubuh untuk sesuai dengan gerakan yang dicontohkan dengan benar 
  9. Ketepatan merupakan kemampuan tubuh untuk mengendalikan gerakan terhadap target atau sasaran
  10. Reaksi adalah kemampuan untuk menanggapi atau bertindak terhadap suatu gerakan
Baca Juga  Tips Menjaga Berat Badan yang Berlebihan

Contoh atau Bentuk Latihan Physical Fitness

Ada beberapa aktivitas latihan yang digunakan untuk menguji kebugaran jasmani. Berikut diantaranya: 

  1. Push up
    Latihan satu ini mampu menguatkan otot lengan dengan sangat baik. Selain itu push up juga sangat baik untuk melatih kekuatan otot pada bagian dada dan tangan. 
  2. Knee up
    Lebih ringan dari push up, knee up berporos pada lutut kaki. Meski begitu fungsinya sama yakni untuk melatih kekuatan otot lengan dan juga perut. 
  3. Sit up
    Tak melatih kekuatan otot perut, sit up juga mampu meningkatkan massa otot. Selain itu beberapa manfaat lain dari sit up adalah mengencangkan otot, membentuk tubuh yang ideal, memperbaiki postur tubuh, serta membantu memperbaiki keseimbangan tubuh. 
  4. Back up
    Sama dengan push up atau sit up, back up, olahraga ini cukup sederhana untuk dilakukan. Back up mampu membantu meningkatkan kesehatan jantung, mengembangkan otot perut serta mengencangkan otot lengan. 
  5. Squat jump
    Jenis aktivitas ini mampu melatih kelincahan. Selain itu juga mampu menguatkan otot kaki dan mampu membakar lemak tubuh dengan baik. 
  6. Leg squat
    Olahraga satu ini biasanya menggunakan barbell sebagai salah satu alat bantunya. Caranya dengan mengangkat kedua barbell dengan kedua tangan lalu letakkan di bawah leher. Fungsinya untuk menguatkan otot lengan. Setelah itu barengi dengan gerakan menekuk lutut dan turun setengah jongkok untuk melatih otot kaki. Olahraga fisik ini juga bisa dilakukan tanpa barbell.
  7. Lari di tempat
    Ini juga masuk olahraga yang sederhana. Meskipun sederhana namun lari ditempat memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan kekuatan tubuh dan meningkatkan kelenturan otot. Tak hanya itu, lari ditempat juga mampu meningkatkan kemampuan inti tubuh baik bagian atas atau bagian bawah. 
  8. Sikap cobra
    Gerakan ini mampu melenturkan otot pinggang. Caranya tidur tengkurap dan letakkan tangan tepat didepan dada. Setelahnya angkat tubuh bagian atas dengan tangan. Tahan posisi ini setidaknya 30 detik lalu kembali ke posisi semula. 
  9. Mencium lutut
    Ini adalah salah satu contoh gerakan untuk melenturkan tubuh. Latihan ini dilakukan dalam kondisi tubuh tegap. Lalu bungkukan badan dan tangan memeluk kaki. Perlahan turunkan tubuh hingga berada pada posisi maksimal. Setelah berhasil, tahan posisi ini sekitar 45 menit dan kembali ke posisi awal. 

Demikianlah ulasan tentang physical fitness atau kebugaran jasmani. Pada intinya kebugaran jasmani tak hanya berlaku untuk para atlet, namun juga bagi semua orang yang ingin meningkatkan kualitas hidupnya. 

Semoga artikel ini mampu meningkatkan kesadaranmu tentang begitu pentingnya arti dari kesehatan bagi manusia. 

 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*