\

Cara Memperbaiki Postur Tubuh dengan Sit Up dan Back Up

Cara Memperbaiki Postur Tubuh dengan Sit Up dan Back Up
Mei 25, 2023 fitnessindonesia
situp

Cara Memperbaiki Postur Tubuh dengan Sit Up dan Back Up

Siapa yang tidak ingin memiliki penampilan yang tegap dan ramping. Ya, semua orang tentu ingin memilikinya. Bahkan banyak yang mencari cara memperbaiki postur tubuh di internet. Sebenarnya postur tubuh yang baik bisa dimiliki sedari kecil. Namun karena beberapa hal atau kebiasaan postur tubuh pun berubah. Tentunya ini disebabkan karena banyaknya orang yang abai. 

Tak heran, gaya hidup kekinian seperti duduk menghabiskan waktu didepan gadget atau layar komputer serta pola asupan makanan yang tidak sehat menjadi salah satu faktor utama yang berpengaruh terhadap postur tubuh. 

Kebiasaan tersebut nyatanya mampu membuat postur tubuh memburuk. Bahkan jika dibiarkan saja mampu menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, nyeri punggung, nyeri leher, serta sakit panggul. 

Lantas dapatkan postur tubuh kembali ramping dan tegap meskipun sudah dewasa? Ya, hal ini bisa dilakukan. Ada beberapa cara memperbaiki postur tubuh dan yang akan kita bahas disini adalah salah satunya. Lebih lengkapnya simak ulasan cara memperbaiki postur tubuh dengan latihan sit up dan back up dibawah ini. 

Cara Memperbaiki Postur Tubuh dengan Sit Up dan Back Up

Cara terbaik dalam memperbaiki postur tubuh yakni fokus pada latihan inti atau latihan untuk memperkuat otot punggung bawah dan otot perut yang terhubung ke panggul dan tulang belakang. 

Otot-otot di area tersebut akan perlahan melenturkan, menggerakkan tubuh, memperluas dan memutar tulang belakang. Tak hanya itu, otot lainnya juga akan ikut dalam menstabilkan panggul dan juga tulang belakang agar tetap dalam posisi netral dan alami. Hal ini mampu dilakukan dengan merutinkan latihan sit up dan back up. 

Sit up merupakan latihan yang dilakukan dengan cara mengangkat tubuh bagian atas dari yang awalnya posisi terlentang ke posisi duduk. Sit up memiliki banyak manfaat, dan manfaat utamanya adalah mengencangkan otot perut. Selain itu sit up juga mampu melatih otot pinggang bawah, leher, perut dan dada. Semua hal ini mampu membuat postur tubuh lebih baik.

Sedangkan back up merupakan kebalikan dari sit up yakni mengangkat tubuh ke atas dalam posisi tengkurap. Kedua latihan ini akan mengasah kemampuan otot perut serta punggung bawah yang berperan penting dalam perbaikan postur tubuh. 

Kedua olahraga tersebut memang nampak gampang karena memang tidak masuk kategori olahraga yang sulit dilakukan. Namun, untuk mendapatkan manfaat dari sit up dan back up secara utuh tentu saja Kamu harus melakukannya dengan benar. 

Ingin tahu manfaat lain dan cara melakukan kedua jenis olahraga tersebut dengan benar? Simak ulasannya dibawah ini!

Baca Juga  Manfaat Sit UP

Manfaat Lain Sit Up dan Back Up Untuk Kesehatan Tubuh

Selain memiliki fungsi untuk memperbaiki postur tubuh, kedua jenis olahraga ini juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan jika dilakukan dengan rutin. Berikut beberapa diantaranya: 

  1.  Mencegah sakit punggung
    Ini adalah salah satu manfaat dari olahraga back up. Melakukan gerakan back up dengan rutin mampu mengurangi dan mencegah kram punggung yang diakibatkan karena posisi duduk yang terlalu lama. Melakukan back up mampu menyeimbangkan otot punggung sehingga Kamu bisa terhindar dari sakit punggung. 
  2. Meningkatkan kemampuan tulang belakang
    Jika Kamu adalah seorang yang suka dengan aktivitas fisik, maka pastikan melakukan gerakan back up dengan rutin. Gerakan ini mampu menjadikan punggung lebih kuat dan fleksibel dalam berbagai gerakan. Selain itu punggung yang kuat juga bisa membuatmu lebih mudah dalam melakukan berbagai macam kegiatan. 
  3. Meningkatkan massa otot
    Manfaat utama dari sit up adalah mengencangkan serta meningkatkan massa otot utamanya otot pinggul dan perut. Bahkan jika merutinkannya, Kamu bisa menurunkan risiko sarcopenia ketika menginjak usia lanjut. 
  4. Memperbaiki keseimbangan tubuh
    Karena sit up sangat berperan terhadap otot bagian pinggul, panggul dan punggung bawah, maka olahraga ini akan sangat baik untuk memperbaiki keseimbangan tubuh. 
  5. Memperindah perut
    Salah satu manfaat dari sit up adalah membentuk otot perut sehingga perut bisa nampak lebih rata dan kencang. Namun sebaiknya Kamu juga harus menyeimbangkan gerakan ini dengan senam aerobic untuk membakar lemak perut. 
  6. Membakar kalori lebih banyak
    Sit up yang rutin dilakukan mampu membentuk sel otot yang nantinya akan berperan lebih dalam pembakaran kalori. 

Cara melakukan sit up dan back up

Jika dilihat dari ulasan diatas, tentu saja cara melakukan sit up dan back up adalah perkara mudah. Namun baiknya jika Kamu ingin mendapatkan manfaatnya secara utuh dan menghindari resiko cedera pada otot tubuh, perhatikan ulasan dibawah ini tentang detail melakukan sit up dan back up. 

  1. Cara melakukan sit up dengan benar
    Sit up memang nampak mudah. Namun siapa yang menyangka jika dilakukan dengan tidak tepat mampu meningkatkan risiko cedera otot dan mengakibatkan ketegangan pada otot leher. Untuk itu perhatikan cara dibawah ini dengan baik.
    Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah posisi tubuh. Ketika Kamu hendak sit up, posisikan tubuh dalam keadaan terlentang dengan lutut tertekuk dan telapak kaki menempel ke lantai. Pastikan posisi telah benar karena posisi ini akan membantu tubuhmu lebih stabil. Selanjutnya pastikan posisi tangan dalam keadaan silang diatas dada atau bisa juga dengan meletakkan tangan dekat telinga, atau bisa dengan meletakkan tangan dibelakang kepala dengan posisi siku terbuka.
    Setelah posisi tubuh sesuai, lakukan sit up dengan cara mengangkat tubuh (kepala dan bahu) keatas mengarah ke lutut. Setelah tubuh mendekati lutut, kembalikan ke posisi semula dengan perlahan. Ulangi gerakan tersebut sekitar 10 kali untuk pemula atau sesuaikan dengan kemampuan tubuh.  Jika sudah mulai terbiasa, Kamu bisa menaikkan jumlahnya secara bertahap.
    Catatan tambahan, pastikan untuk mengatur pernafasan dengan baik ketika menaik turunkan badan. Ketika badan diangkat, tariklah nafas perlahan dan hembuskan nafas dengan rileks ketika badan hendak turun.
    Selain melakukan sit up di rumah, Kamu juga bisa melakukan sit up di gym dengan alat khusus sit up. Alat ini akan membantumu untuk melakukan sit up dalam posisi duduk yang baik untuk menghindari ketegangan otot leher.
    Jika masih was was dalam melakukan sit up, Kamu bisa meminta bantuan instruktur atau menonton tayangan video untuk mengetahui bagaimana cara sit up yang benar. 
  2. Cara melakukan back up dengan benar
    Sama halnya dengan sit up, back up juga nampak mudah namun jika tidak dilakukan dengan benar mampu menyebabkan cedera otot. Untuk itu perhatikan dengan teliti mulai dari posisi awal hingga akhir.
    Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah posisi awal tubuh. Posisikan tubuh dalam keadaan tengkurap dan pastikan badan hingga kaki dalam posisi lurus. Setelah itu tekuk kedua siku dan posisikan ujung tangan memegang pelipis. Atau Kamu juga bisa memposisikan tangan di belakang kepala.
    Setelah itu mulailah gerakan back up dengan mengangkat tubuh bagian depan hingga tidak menyentuh lantai atau permukaan matras. Untuk membantu mendorong dada dan kepala keatas gunakanlah tangan. Ingat pastikan ketika badan diangkat, posisi kedua kaki lurus menyentuh matras. Jika diperlukan, mintalah bantuan seseorang untuk menahan kakimu. Setelah itu turunkan badan perlahan dan atur nafas dengan baik selama melakukan gerakan ini.
    Ulangi gerakan back up sesuai kemampuan. Dan tambahkan jumlahnya secara bertahap setelah Kamu mulai terbiasa. 
Baca Juga  5 Cara Memperbesar Otot Lengan

Tips Sit Up dan Back Up yang Aman

Sit up dan juga back up nyatanya mampu memberikan banyak manfaat. Tak hanya sebagai cara memperbaiki postur tubuh, namun juga memiliki  banyak manfaat untuk kesehatan lainnya asal dilakukan dengan benar. Nah, agar Kamu mendapatkan semua manfaatnya Kami berikan beberapa cara memperbaiki postur tubuh dengan sit up dan back up yang aman serta efektif. 

  1. Pastikan melakukan pemanasan untuk mengurangi risiko cedera otot. Pemanasan disini ditujukan untuk menyiapkan otot sebelum melakukan sit up ataupun back up sehingga otot tidak kaget sehingga risiko cedera bisa dihindari. 
  2. Hindari melakukan gerakan cepat dan terburu-buru. Cukup lakukan dengan perlahan dengan ritme yang terkendali. Melakukannya terlalu cepat hanya akan meningkatkan risiko cedera. 
  3. Hindari overtraining atau melakukan sit up dan back up yang terlalu sering. Cukup maksimalkan 3 kali dalam seminggu agar risiko cedera dapat dihindari.
  4. Pastikan untuk melakukannya dengan benar. Jika Kamu tidak tahu, baiknya segera minta bantuan dari instruktur kebugaran. 

Jadi, jika Kamu ingin tahu cara memperbaiki postur tubuh, maka sit up dan back up dapat membantumu. Namun pastikan melakukannya dengan baik agar terhindar dari cedera, dan lakukan dengan teratur untuk meningkatkan kekuatan otot inti dan menjaga postur tubuh. 

 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*