\

Manfaat Omega 3 untuk Program Diet Sehat

Manfaat Omega 3 untuk Program Diet Sehat
Agustus 1, 2023 fitnessindonesia
Manfaat omega 3 untuk program diet

Manfaat Omega 3 untuk Program Diet Sehat

Omega 3 atau yang juga disebut asam lemak tak jenuh memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat Omega 3 yang santer antara lain menjaga kesehatan mata, tulang, otak, sendi, kulit hingga memperlancar program menurunkan berat badan. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, cobalah diet dengan Omega 3. Namun sebelumnya simak dulu apa itu Omega 3 dan apa saja manfaatnya untuk program diet. 

Apa itu Omega 3?

Dalam kelompok asam lemak tak jenuh, kita akan menemukan Omega 3 didalamnya. Zat gizi esensial ini tidak diproduksi oleh tubuh. Omega 3 menjadi zat gizi yang cukup penting karena masuk dalam dua kategori utama yakni asam lemak omega 3 esensial serta asam lemak omega 3 rantai panjang.

  1. Asam lemak omega 3 essential
    Kategori pertama adalah ALA (Asam Linolenat). ALA dapat ditemukan dalam beragam sumber makanan nabati seperti biji rami, biji chia, kacang kenari dan sebagainya. Nah, minyak dari berbagai sumber makanan tersebut termasuk kategori sumber lemak sehat paling tinggi. 
  2. Asam lemak omega 3 rantai panjang
    Dalam kategori kedua ada EPA (Asam eicosapentaenoic) dan DHA (Asam docosahexaenoic). Keduanya bisa ditemukan pada sumber makanan yang berasal dari laut seperti ikan, minyak ganggang. Ikan berlemak, serta beragam makanan laut lainnya. 

Saking pentingnya Omega 3, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi zat gizi ini rutin setiap hari demi menjaga kesehatan otak dan mata. Mengonsumsi Omega 3 dalam jumlah yang cukup untuk tubuh nyatanya mampu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti kanker, depresi, ADHD, dan sebagainya. Untuk konsumsi hariannya, disarankan sekitar 200 hingga 300 mg EPA dan DHA.

Manfaat Omega 3 untuk Program Diet

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, omega 3 juga baik untuk program diet. Nah, berikut beberapa manfaatnya: 

    1. Meningkatkan metabolisme tubuh
      Tentu kita mengetahui, semakin tinggi metabolisme dalam tubuh, kian tinggi pula kalori yang akan terbakar. Nah, kian banyak kalori yang terbakar tentu bermanfaat dalam program penurunan berat badan bukan?
      Inilah salah satu manfaat omega 3. Omega 3 memiliki kemampuan yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal tersebut diketahui dari sebuah penelitian yang melibatkan orang-orang dewasa yang rutin mengkonsumsi minyak ikan. Dalam penelitian tersebut, mereka diharuskan mengonsumsi minyak ikan sebesar 6 gram setiap harinya selama 12 minggu. Hasilnya, dalam rentang tersebut terdapat peningkatan metabolisme sebesar 3,8 persen.
      Sedangkan dalam penelitian lain yang melibatkan orang dewasa yang lebih tua, disebut jika metabolisme mereka mampu naik hingga 14 persen dengan rutin mengkonsumsi 3 gram minyak ikan omega 3 selama 12 minggu. 
    2. Mengurangi nafsu makan
      Bagi anda yang memiliki nafsu makan yang tinggi, cobalah menambah asupan omega 3 setiap harinya. Disebutkan jika minyak ikan omega 3 memiliki kemampuan untuk mengendalikan rasa lapar sehingga nafsu makan pun bisa terkontrol.
      Pernyataan tersebut berdasarkan sebuah studi yang melibatkan beberapa orang sehat yang mengkonsumsi minyak ikan omega 3 secara rutin dengan dosis 0,3 gram setiap hari atau lebih dari 1,3 gram. Hasil penelitian menyebutkan jika seseorang yang mengonsumsi omega 3 mampu merasa lebih kenyang hingga 2 jam setelah makan.
      Nah yang lebih menarik, omega 3 mampu menaikkan kadar hormon kenyang. Namun ada laporan yang menyebutkan jika hal ini kurang efektif untuk mereka yang telah menderita obesitas. 
    3. Menurunkan kadar lemak
      Salah satu manfaat omega 3 dalam program diet adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Perlu diketahui, seseorang yang dietnya berhasil tak hanya dilihat dari turunnya berat badan. Karena ketika berat badan turun, kadang yang hilang hanya cairan, sedangkan lemak masih ada. Jika ini terjadi, maka besar kemungkinan dalam waktu dekat berat badan akan kembali naik.
      Dalam sebuah penelitian disebutkan jika seseorang yang diet dan selama dietnya rutin mengkonsumsi omega 3 serta berolahraga, mereka mampu membangun massa otot serta mampu menghilangkan 0,5 kg massa tubuhnya. 
    4. Meningkatkan pembakaran kalori ketika berolahraga
      Olahraga menjadi salah satu cara mendukung program diet sehat karena kemampuannya meningkatkan metabolisme tubuh. Namun tahukah anda bahwa mengkonsumsi minyak ikan nyatanya mampu meningkatkan metabolisme tubuh ketika berolahraga.
      Ya, mengonsumsi minyak ikan omega 3 sebanyak 3 gram per hari disebut mampu meningkatkan pembakaran kalori sebesar 10 persen ketika berolahraga. Menakjubkan bukan?
    5. Menjaga kesehatan jantung
      Seseorang yang rutin mengonsumsi omega 3 akan terhindar dari risiko penyakit stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya. Hal ini dikarenakan omega 3 mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mencegah terbentuknya plak kolesterol dalam pembuluh darah. Selain itu disebutkan jika suplemen atau makanan yang mengandung omega 3 mampu menurunkan trigliserida dalam darah sekitar 15 hingga 30 persen. 
Baca Juga  DIET RENDAH KARBOHIDRAT - APAKAH BENAR EFEKTIF? (BAGIAN III)

Apakah aman mengkonsumsi minyak ikan omega 3 setiap hari?

Manfaat omega 3 ikan memang banyak untuk tubuh, utamanya untuk program diet. Namun banyak yang bertanya apakah mengkonsumsinya setiap hari aman untuk tubuh? Tentu saja aman. Asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. 

Pada intinya, mengonsumsi apapun itu dalam jumlah berlebih tidak disarankan. Hal ini pun juga berlaku ketika anda mengonsumsi omega 3. Ada takaran atau dosis harian yang harus ditaati untuk bisa mengambil manfaat maksimal dari zat gizi esensial ini. 

Berapa dosis yang dianjurkan? 

Jika anda dewasa pastikan tidak mengkonsumsinya lebih dari 3 gram, sedangkan untuk anak-anak maksimal 2 gram perhari. 

Apa yang terjadi jika mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebih? 

Seperti yang diulas diatas, mengonsumsi minyak ikan omega 3 dalam dosis yang berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut beberapa bahaya yang bisa terjadi: 

  1. Meningkatkan kadar gula darah
  2. Meningkatkan risiko penyakit stroke
  3. Terjadi peradangan organ tubuh
  4. Mampu mempengaruhi kinerja obat pengencer darah
  5. Mengalami gangguan pencernaan seperti mual, diare, mimisan, feses cair, dan ruam.

Karena beberapa bahaya diatas, maka pastikan mengetahui dosis minyak ikan yang anda konsumsi. Untuk memastikan dosis tersebut, anda bisa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan ahli seperti dokter. Selain itu jika anda membeli minyak ikan omega 3 kemasan, pastikan memilih merek yang terdaftar dalam BPOM sehingga terjamin dari segi keamanan dan mutu.

Bagaimana cara memilih suplemen minyak ikan yang baik?

Saat ini sudah banyak suplemen minyak ikan yang dijual di apotek atau bahkan marketplace. Namun apakah semua suplemen tersebut memiliki manfaat omega 3 untuk menurunkan badan? Tentu saja tidak. Dalam memilih suplemen minyak ikan terbaik, anda harus teliti. Agar lebih memudahkan, berikut beberapa cara dalam memilih suplemen minyak ikan omega 3. 

  1. Perhatikan keterangan yang tertera pada label
    Pilih produk yang memiliki keterangan jelas terkait kandungan, spesifik serta informasi nilai gizi. Namun tak hanya itu, dalam memilih suplemen minyak ikan kamu juga harus tahu apa tipe ikan yang digunakan. Biasanya informasi ini tertera pada label. Contoh ikan yang sering digunakan karena memiliki kandungan omega 3 yang tinggi adalah ikan sarden, mackerel, tuna dan salmon. 
  2. Proses serta lokasi pabrik
    Pada tahapan ini anda hanya perlu mencari tulisan ‘distilasi molekuler’ atau “molecular distillation” untuk mengetahui prosesnya. Sedangkan untuk mengetahui spesifikasi dari fasilitas manufakturnya anda bisa cari kata GMP. Arti dari GMP adalah fasilitas yang digunakan untuk dengan resep yang memerlukan kualitas kontrol yang ketat.
    Nah, jika diperlukan anda bisa mencari lokasi pabrik. Jika lokasinya dekat dengan laut, besar kemungkinan suplemen minyak ikan yang dihasilkan lebih baik karena semakin segar ikan, semakin baik pula suplemen yang didapat. 
  3. Merek yang terpercaya
    Ketika membeli suplemen, jangan asal memilih harga yang termurah. Namun lihat terlebih dulu dari merek dan kepercayaan pelanggan terhadap merek tersebut. Anda bisa melakukan riset kecil dengan melihat review dari mereka yang pernah mengonsumsinya. Sebagaimana kita ketahui, menemukan review terhadap sebuah produk di era teknolog seperti sekarang bukanlah hal yang sulit.
    Selain itu sebuah merek yang terpercaya juga bisa dilihat dari penghargaan yang diraihnya. Jika merek tersebut telah mendapatkan penghargaan internasional, sudah pasti merek tersebut memiliki kredibilitas yang baik.
Baca Juga  4 Tips Gaya Hidup Sehat Sederhana dan Mudah

Itulah ulasan tentang manfaat omega 3 beserta dosis dan cara memilih suplemen omega 3 yang terbaik. Dengan ulasan diatas, semoga bisa membantu anda yang saat ini tengah menjalani proses diet. 

 

 

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Jasa kecepatan website