\

Cara Pintar Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Mudah

Cara Pintar Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Mudah
Mei 25, 2023 fitnessindonesia
kolesterol

10 Cara Pintar Mengatasi Kolesterol Tinggi dengan Mudah

Kolesterol tinggi merupakan salah satu sumber dari permasalahan banyak penyakit utamanya yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler. Karena itu jika Kamu sadar dan tahu bahwa kadar kolesterol dalam tubuhmu tinggi, segera cari cara pintar mengatasi kolesterol tersebut. 

Jika Kamu saat ini adalah salah satunya dan tengah mencari berbagai cara untuk mengatasi kolesterol tinggi, maka ulasan dibawah ini tentu akan sangat membantu. 

Gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai

Sebelum kita tahu bagaimana cara pintar mengatasi kolesterol, baiknya kita tahu terlebih dulu apa saja gejala kolesterol tinggi yang perlu diantisipasi. Ini penting mengingat kadar kolesterol yang tinggi sangat berpengaruh terhadap peningkatan risiko penyakit kardiovaskuler. 

  1. Muncul xanthoma atau benjolan di area mata
    Ini merupakan salah satu gejala yang cukup jarang terjadi namun tidak boleh diabaikan. Xanthoma adalah kondisi dimana lemak berkembang dan tumbuh dalam kulit. Biasanya memiliki warna kekuningan dan ditemukan pada area kelopak mata. Namun xanthoma nyatanya juga mampu tumbuh di organ dalam.
    Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya namun ini menjadi salah satu tanda jika Kamu memiliki gangguan kesehatan seperti penyakit diabetes atau kolesterol tinggi. 
  2. Sering mengantuk
    Kadar kolesterol yang tinggi mampu menghambat aliran oksigen dalam tubuh sehingga Kamu akan lebih mudah mengantuk. Selain itu Kamu juga akan cepat merasa lelah ketika beraktivitas. 
  3. Nafsu makan yang menurun
    Seorang yang sakit tentu saja mengalami penurunan nafsu makan. Begitupula dengan penderita kolesterol tinggi. Jadi baiknya jika Kamu memiliki riwayat kolesterol tinggi dan nafsu makan mulai menurun drastis, segera lakukan pemeriksaan. Jika diketahui semakin awal, maka semakin cepat pula dilakukan penanganan hingga kondisi tidak kian memburuk. 
  4. Stress
    Seorang yang stress juga disebabkan karena kadar LDL yang tinggi. Ketika LDL dalam tubuh terlalu tinggi, maka kemampuan seseorang untuk mengatur emosi akan berkurang. Dan parahnya hal ini bisa menyebabkan Alzheimer dan depresi. 
  5. Berat badan yang terus naik
    Seorang dengan kadar kolesterol yang tinggi akan lebih cepat mengalami kenaikan berat badan. Untuk itu perketat asupan makanan sehat serta rajin berolahraga untuk menjaga berat badan tetap ideal.
  6. Sering kram khususnya di malam hari
    Jika Kamu pernah kram di area jari, tumit dan kaki maka ada indikasi jika kadar kolesterolmu tinggi. Khususnya jika hal ini berlangsung ketika malam. 
  7. Nyeri dada
    Gejala satu ini merupakan indikasi adanya penyakit kardiovaskuler seperti jantung. Nyeri dada terjadi karena tingginya kadar LDL dalam tubuh yang menimbulkan endapan pada dinding arteri. Sumbatan inilah yang membuat aliran darah pada arteri berkurang sehingga muncul keluhan nyeri dada. 
  8. Nyeri pada tungkai
    Gejala satu ini juga perlu diwaspadai bagi para pemilik riwayat kolesterol tinggi. Rasa nyeri pada tungkai yangd sioertai dengan sensasi terbakar dan kaku ini biasanya juga diikuti dengan nyeri pada bagian pantat dan paha.
    Tak hanya merasakan nyeri, biasanya pemilik kolesterol tinggi juga merasakan kaki yang dingin dan terpusat pada area tungkai. Hal ini disebabkan karena aliran darah yang tersumbat. 
  9. Hilangnya keseimbangan
    Kadar kolesterol tinggi yang parah mampu menyebabkan stroke dan kehilangan keseimbangan. Seorang yang hilang keseimbangan biasanya disertai dengan kesulitan untuk menggerakkan kaki, tangan dan mulut. Hal ini seringkali muncul dengan tiba-tiba dan tanpa diketahui. Hilangnya keseimbangan inipula yang membuat penderita mudah jatuh hingga kondisi tubuhnya kian parah.

Cara Pintar Mengatasi Kolesterol Tinggi

Menurunkan kolesterol tak hanya melalui obat-obatan saja. Ada beberapa cara lain yang juga cepat untuk bisa menurunkan kolesterol secara alami yakni dengan mengubah pola makan serta memperbaiki gaya hidup. Bagaimana caranya? Dibawah ini adalah beberapa diantaranya: 

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
    Cara pintar mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan memperbanyak asupan buah dan sayur. Serat yang terkandung dalam buah dan sayur disebut mampu menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Nah, jika ingin menggunakan cara ini, maka Kamu harus mengonsumsi minimal 500 gram sayur setiap harinya. 
  2. Hindari makanan yang berlemak
    Salah satu pantangan terbesar bagi seorang dengan kadar kolesterol yang tinggi adalah makanan berlemak, utamanya gorengan. Gantinya pilihlah makanan yang rendah lemak seperti tempe, tahu, daging sapi, ikan, ayam, kacang-kacangan, putih telur dan sebagainya. Namun hindari mengolahnya dengan cara menggoreng karena kadar LDL dalam makanan tersebut akan naik.
  3. Batasi asupan gula
    Asupan gula berlebih juga mampu meningkatkan LDL dalam tubuh. Jadi pastikan untuk mulai mengaturnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengecek kadar gula pada label minuman dan makanan yang hendak dikonsumsi.  
  4. Perbanyak makanan omega-3
    Makanan lezat yang disarankan untuk menurunkan kolesterol yakni makanan yang kaya omega-3. Beberapa jenis makanan ini antara lain biji chia, kacang kenari, sarden, tuna, makarel dan salmon. 
  5. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat larut
    Banyak pilihan makanan yang mengandung serat larut antaranya ubi jalar, lobak, pir, alpukat, wortel, apel, biji rami, kacang merah, brokoli, serta gandum. Atau Kamu juga bisa mengonsumsi produk suplemen yang mengandung inulin dan beta glucan.
    Inulin disini bermanfaat untuk menurunkan trigliserida dan kolesterol total dalam darah, sedangkan beta glucan untuk menurunkan kadar LDL dalam tubuh. 
  6. Kontrol berat badan
    Obesitas merupaka faktor utama yang membuat seorang rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol dengan cepat. Untuk itu pastikan menjaga berat badan tetap ideal agar kadar kolesterolpun normal. 
  7. Lakukan olahraga dengan teratur
    Selain mengatur konsumsi makanan, cara pintar mengatasi kolesterol tinggi lainnya yakni dengan melakukan olahraga dengan teratur. Melakukan olahraga dengan teratur tak hanya membantu menurunkan kolesterol namun juga membantu tubuh menjadi lebih bugar.
    Untuk menurunkan LDL bisa dilakukan dengan berolahraga minimal 30 menit sehari dan 5 kali dalam seminggu. Olahraga yang dilakukan bisa bervariasi seperti jalan kaki, bersepeda atau berenang.
    Jika Kamu memiliki riwayat sakit tertentu, konsultasikan dengan dokter untuk jenis olahraga seperti apa yang sesuai dengan kemampuanmu. Ingat, tidak semua jenis olahraga dibolehkan untuk semua orang. Ada beberapa jenis olahraga yang tidak disarankan untuk seorang dengan kondisi kesehatan tertentu. 
  8. Hindari rokok dan minum minuman beralkohol
    Dua kebiasaan buruk yang sangat tidak direkomendasikan untuk kesehatan adalah merokok dan minum minuman keras. Untuk itu sebaiknya dua hal ini juga dihindari khususnya jika Kamu ingin menurunkan kolesterol. Tak hanya itu, bahkan Kamu juga harus menghindari asap rokok.
    Dua kebiasaan ini mampu menurunkan kadar kolesterol baik serta membuat pembuluh darah jadi kaku. Misalnya kadar nikotin dalam rokok yang mampu menghambat aliran kolesterol ke hati. Kolesterol yang tidak lekas masuk ke hati untuk disaring kemudian bertumpuk di pembuluh darah hingga terjadilah penyumbatan.
    Nah, ketika ini maka risiko penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan jantung akan meningkat. 
  9. Kelola stress dengan baik
    Salah satu hal yang membuat kadar kolesterol tinggi dan tidak lekas turun adalah stress. Ketika stress, tubuh akan meningkatkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida dalam tubuh.
    Seorang yang stress akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang berakibat pada peningkatan energi yang lebih besar, namun di lain sisi produksi trigliserida pun juga akan kian tinggi sehingga berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh yang kian meningkat.
    Untuk itu ketika hal ini terjadi disarankan segera melakukan beberapa hal yang mampu mengubah suasana hati. Jika stress tak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter untuk langkah selanjutnya. 
  10. Rutin melakukan pemeriksaan kolesterol
    Jika Kamu memiliki kecenderungan kadar kolesterol tinggi, baiknya lakukan pemeriksaan rutin. Cara ini akan membantumu untuk memantau dan mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh tanpa disadari. Selain itu rutin melakukan pemeriksaan kolesterol juga mampu menurunkan risiko penyakit stroke dan jantung. 

Diatas adalah 7 cara pintar mengatasi kolesterol tinggi yang bisa dicoba. Cara diatas tergolong mudah, namun yang sulit adalah cara untuk konsisten menerapkan hal-hal diatas. Jika Kamu telah melakukan beberapa cara diatas dengan rutin namun belum ada perkembangan yang signifikan, disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Baca Juga  (RESEARCH REVIEW) - GLUTAMINE TIDAK BERGUNA SAMPAI SAAT INI

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*