Suplemen Omega 3 – Apakah Penting?

Suplemen Omega 3 – Apakah Penting?
July 12, 2018 fitnessindonesia
manfaat omega 3 untuk tubuh

Kemungkinan besar, suplemen omega 3, seperti fish oil (minyak ikan), salmon oil (minyak salmon), atau krill oil (minyak krill) bukanlah sesuatu yang asing bagi anda. Dan, ketenaran atau popularitas suplemen ini memang sangat berdasar. Mengapa? Karena manfaat dari omega  3 bagi tubuh sangatlah banyak dan penting. Namun, apakah kita harus mengkonsumsi suplemen ini secara rutin? Jawaban kami sama seperti jawaban kami untuk suplemen jenis lain.

Seberapapun banyaknya atau pentingnya manfaat omega 3 bagi tubuh kita, tetap yang namanya suplemen adalah sebatas suplemen, yang artinya pelengkap. Jadi bila ditanya harus atau tidak? Jawabannya tentu tidak, artinya opsional. Namun, apabila ditanya baiknya konsumsi atau tidak? Kami akan jawab dengan cepat yes! Suplemen Omega 3 adalah salah satu suplemen yang sangat kami rekomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin, bahkan merupakan suplemen yang paling kami rekomendasikan.

 

Mengapa begitu? Alasan mendasarnya ada 2

Omega 3 Sangatlah Banyak dan Penting Manfaatnya bagi Tubuh

Alasan mendasar yang pertama dalah karena omega 3 memiliki banyak fungsi yang crucial bagi tubuh, terlepas apakah anda termasuk kalangan muda atau tua, pria atau wanita, “orang fitness” atau populasi umum, kalangan ibu hamil atau tidak. Intinya, omega 3 sangatlah bermanfaat bagi setiap orang, apapun latar belakangnya. Bisa berpuluh-puluh halaman apabila kita mencoba membahasnya secara detail satu per satu. Namun, secara singkat, berikut adalah fungsi dan manfaat omega 3 bagi tubuh:

  • Omega 3 membantu anda menurunkan kadar lemak tubuh dan menurunkan berat badan anda
  • Omega 3 meningkatkan sintesis protein dan menjaga massa otot
  • Omega 3 mengurangi dan mengontrol kadar peradangan internal tubuh
  • Omega 3 melawan stress dalam tubuh dengan mengurangi kadar hormon stress (kortisol) dan membantu anda mengatasi stress psikis
  • Omega 3 mendukung kesehatan sistem kardiovaskular anda dengan mengurangi kadar trigliserit dalam darah dan melindungi jantung anda
  • Omega 3 meningkatkan kinerja sistem daya tahan tubuh
  • Omega 3 membantu mengatasi nyeri sendi, meningkatkan kinerja sistem pencernaan, serta mendukung kesehatan tulang
  • Omega 3 melindungi kulit anda dari radiasi UV, membantu kulit mengatasi masalah jerawat, dan menjaga kesehatan sel-sel kulit dan rambut sehingga keduanya terlihat lebih mulus
  • Omega 3 meningkatkan stamina dan performa atletik anda
  • Omega 3 meningkatkan kesensitifan sel terhadap insulin (insulin sensitivity) dan metabolisme tubuh
  • Omega 3 membantu pencegahan munculnya penyakit psikis seperti depresi dan schizophrenia
  • Omega 3 meningkatkan dan menjaga kestabilan mood anda di tingkat positif dengan meningkatkan kadar serotonin pada tubuh
  • Omega 3 membantu mencegah kanker seperti kanker prostat dan berbagai penyakit organ dalam seperti penyakit jantung dan ginjal
  • Omega 3 membantu proses menyusui bagi para ibu menyusui dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI
  • Omega 3 membantu proses kehamilan bagi para ibu hamil dengan membantu perkembangan otak dan penglihatan janin
  • Omega 3 meningkatkan kesehatan janin pada ibu hamil dengan menurunkan kemungkinan terbentuknya alergi pada janin
  • (Banyak ‘kan manfaat omega 3? Itulah kenapa saya tidak membahasnya secara detail 1 per 1)

 

Jadi, jelas sudah bahwa kenapa kami sangat merekomendasikan anda untuk mensuplementasi tubuh anda dengan Omega 3 (terlebih lagi bagi ibu hamil. Kami sangat merekomendasikan suplemen Omega 3 bagi ibu hamil dan ibu menyusui!). Hal ini akan semakin jelas setelah anda mengetahui alasan mendasar yang kedua, yaitu pola Makan Orang Modern pada Umumnya Berkekurangan di Omega 3.

Sayangnya, terlepas dari seberapa banyak dan pentingnya manfaat omega 3 bagi kesehatan tubuh, konsumsi omega 3 kebanyakan orang di zaman sekarang justru semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat dan kualitas sumber omega 3 (seperti seafood) yang menurun (sehinggai kandungan omega 3 pada sumber makanan kita menurun).

Itulah kenapa suplementasi Omega 3 menjadi semakin penting, karena kita tidak cukup mengkonsumsinya.

 

Merk Suplemen Omega 3 Yang Bagus

Nah, sekarang kita sudah tahu manfaat dan fungsi Omega 3. Kita pun sudah tahu mensuplementasi tubuh kita dengan Omega 3 menjadi semakin penting mengingat Omega 3 dari makanan kita semakin minim. Akan tetapi, apa merk suplemen Omega 3 yang bagus ? Ada 3 kriteria yang perlu anda pertimbangkan dalam memilihnya.

 

Komposisi

Yang pertama adalah komposisinya. Ada 3 jenis omega 3, yaitu ALA, DHA, dan EPA. Dari ketiganya, yang penting adalah DHA dan EPA. Jadi, apabila anda menentukan merk mana yang pas bagi anda, perhatikan kandungan EPA dan DHA-nya. Pilih yang berkonsentrasi tinggi.

 

Kualitas

Yang kedua adalah kualitasnya. Dari mana anda bisa mengetahui kualitas sebuah suplemen? Dari sertifikasi yang disandangnya. Apabila sebuah suplemen memiliki sertifikat pharmaceutical grade, anda bisa dengan cukup yakin dan tenang untuk memilihnya karena sertifikat ini adalah sertifikat tertinggi dan terketat di bidang suplemen, yang hanya diberikan pada suplemen berkualitas terbaik.

 

Dampak Lingkungan

Yang terakhir adalah dampak lingkungannya. Apakah dalam proses produksinya, mulai dari harvesting (panen) sampai manufacturing (pengolahan), muncul dampak lingkungan yang negatif seperti limbah kimiawi residual atau pengrusakan rantai makanan ekosistem laut?

Atas dasar 3 kriteria inilah kami di Fitness Indonesia hanya merekomendasikan dan menyediakan merk suplemen omega 3 Poliquin karena:

Kandungan EPA dan DHA yang lebih tinggi dibandingkan yang lain pada umumnya

 

Bersertifikat Pharmaceutical Grade

Menggunakan double filtration method (bukan chemical solvent) yang tidak menimbulkan limbah kimia di akhir proses produksi serta menggunakan ikan sebagai sumber omega 3-nya (bukan krill yang akan merusak rantai makanan ekosistem di laut – krill merupakan mata rantai pertama pada rantai makanan ekosistem laut)

 

Suplemen Omega 3 Untuk Dewasa

Jawabannya tergantung pada ukuran serta kondisi tubuh anda. Namun, secara umum, untuk suplemen merk Poliquin, saya merekomendasikan 2-6 kapsul sehari dimana setiap kapsul mengandung 300mg EPA dan 200mg DHA

Jadi, jangan salah pilih merk. Pilih yang terjamin dan mulai mensuplementasikan tubuh anda dengan suplemen omega 3 dari Poliquin (Pharmaceutical Grade).

 

Untuk pemesanan, hubungi kami sekarang.

 

Salam,

 

Coach Tobias (@CoachTobiasIndo) – 0878-8410-3904/2A9F0CF0

Fitness Indonesia – “The Indonesia’s Only Fitness Service Provider with 30-Day Money Back Guarantee”

“Fitness Indonesia – We Deliver Excellent Results with Commitment”

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*